Berita Wisata

Plt Bupati Jepara Panen Udang Vaname Sebagian di Pantai Blebak

TRIBUNMURIA.COM, JEPARA- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Edy Supriyanta mengikuti Panen Udang Vannamei Parsial di Tambak Percontohan, Pantai Blebak, Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kamis (8/12/2022) sore.

Bersama Kapolres Jepara AKBP Warsono dan Plt. Letkol Dandim 0719/ Inf Jepara Mohammad Husnur Rofiq. Bupati Jepara membentangkan jaring dan menarik udang vaname dari tambak. Hasilnya, ratusan udang vaname berukuran raksasa berhasil disingkirkan.

Panen sebagian ini merupakan panen untuk mengurangi kepadatan kapasitas tambak yang ada. Artinya, pemindahan udang dilakukan untuk mengurangi kepadatan atau kapasitas tambak agar tidak terlalu penuh. Udang biasanya diekspor ke luar negeri, seperti China.

Tambak udang milik PT. Ghana Utama di Dhuniara yang terletak di sekitar Pantai Blebak, Desa Sekuro, Distrik Mlonggo, memiliki luas sekitar 13 hektar. Ada sekitar 50 orang yang bekerja di tambak. Tambak udang ini bisa dijadikan percontohan untuk tambak lainnya. Karena selain disetujui juga dilengkapi dengan instalasi pengolahan yang baik (IPAL).

“Budidaya udang harus memiliki konsep berkelanjutan, artinya memperhatikan lingkungan sekitar,” kata Edy.

Instalasi pengolahan di kolam juga dilengkapi dengan kolam atau tempat penampungan ikan. Sehingga dapat dilihat, jika ikan dalam keadaan hidup maka tingkat kecukupan air tambak tersebut baik. Dan sebaliknya.

Panen sebagian ini dilakukan saat udang berumur 100 hari. Udang yang dipanen rata-rata antara 40 sampai 50 ekor per kilogram.

“Hasilnya cukup menggembirakan dan sukses,” ujar Hendro, pengelola tambak udang.

Baca Juga: Kunci Gitar Cinta Pertama Utada Hikaru, Kamu Akan Selalu Menjadi Cintaku

Baca Juga: Peringati Hari Pangan Sedunia, Dispangtan Salatiga Gelar Flashmob

Baca Juga: UPDATE: 4 Siswa SMK 10 Ditangkap Usai Serang Siswa SMK 3

Baca Juga: Pemuda Magelang yang Membunuh Seluruh Keluarganya Ternyata Sudah Lama Merencanakan Aksi, Tak Menyesal

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button