Berita Wisata

Pemkab Nagekeo – BPOLBF Bersinergi Membangun Kampung Adat Kawa – ANTARA News Kupang, Nusa Tenggara Timur – ANTARA News Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo, NTT (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, bersinergi dengan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) untuk mengembangkan pariwisata di desa adat Kawa.

“BPOLBF menyarankan agar Kawa tetap original sehingga kami menekan kementerian dan mendapatkan dana Rp 6 miliar untuk akses jalan di Kawa,” kata Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do saat dihubungi dari Labuan Bajo, NTT, Jumat (12/9/2022). ).

Kampung Adat Kawa merupakan salah satu kampung adat di Kabupaten Nagekeo yang memiliki daya tarik wisata alam dan budaya. Keaslian kampung adat kawa merupakan salah satu keunikan potensi wisata asli daerah tersebut.

Untuk mengembangkan potensi wisata tersebut, Pemkab Nagekeo menggandeng BPOLBF yang merupakan unit kerja di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menurut Bupati yang biasa disapa Bupati Don ini, BPOLBF telah menjadikan Kampung Kawa sebagai tempat wisata apa adanya, tanpa ada perubahan apapun.

“Menurut BPOLBF, Kampung Kawa seumur hidupnya tidak bisa dimanipulasi, dijual apa adanya,” ujarnya lebih lanjut.

Bupati mengucapkan terima kasih atas dukungan BPOLBF dalam pengembangan pariwisata di Nagekeo. Kampung Kawa bisa dijadikan sebagai objek wisatawan untuk melihat kampung halamannya 100 atau 200 tahun yang lalu. Saat ini, desa tersebut menawarkan wisata desa adat asli yang tidak mengganggu etos desa.

“BPOLBF mendukung Kampung Kawa yang memiliki potensi penjualan yang kuat tanpa mengabaikan protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Bupati Don.

Baca Juga: Pemkab Ngada Apresiasi Dukungan Badan Otorita untuk Pengembangan Desa Wisata

Untuk lebih mengembangkan pariwisata sebagai sektor penggerak di Nagekeo, pemerintah daerah telah menyusun masterplan pariwisata bersama mitra strategis terkait potensi yang ada di Nagekeo.

Baca juga: BPOLBF berkomitmen tingkatkan pelayanan kepada masyarakat

Pemerintah Kabupaten Nagekeo juga menguat merek Ini adalah Nagekeo Jantung Flores untuk digunakan dalam semua produk wisata. Merek juga meraih juara II Anugerah Pesona Indonesia (API) beberapa waktu lalu.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button