Berita Wisata

Wabup Natuna memimpin pembersihan Pantai Tanjung

Wabup Natuna, Rodhial Huda, saat mengumpulkan sampah di Pantai Tanjung di timur laut kecamatan Bunguran.

Natuna, LintasKepri.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dan masyarakat Desa Tanjung di Kecamatan Bunguran timur laut bergotong royong membersihkan pantai Tanjung pada Jumat (9/12/2022) pagi.

Gotong-Royong ini dipimpin oleh Camat Natuna Rodhial Huda dan mempertemukan para ketua dan staf dari OPD terkait, kecamatan, desa dan warga sekitar.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Rodhial Huda menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang rutin dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna bekerjasama dengan masyarakat.

Kegiatan ini rutin dilakukan pemerintah sejak awal tahun, dimana pemerintah melakukan kunjungan ke desa-desa untuk bekerja sama dengan masyarakat.

“Ini merupakan bakti gotong royong yang merupakan program pemerintah. Setiap Jumat tepatnya kami selalu berkeliling desa untuk bergotong royong. Tapi kalau ada kegiatan yang mendesak, akan ada pejabat lain yang akan mengambil alih,” kata Rodhial Huda selepas acara. acara.

Foto bersama usai gotong royong membersihkan Pantai Tanjung.

Diakuinya, kegiatan ini diintensifkan pada akhir tahun karena saat itu Natuna telah memasuki musim hujan yang rentan terhadap pencemaran lingkungan dan berbagai penyakit.

“Tujuannya untuk menjaga kebersihan lingkungan, namun tujuan utama kita dalam gotong royong ini adalah sampah plastik, jenis sampah ini tidak dapat dihancurkan oleh air dan tanah,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Rodial juga mengaku kegiatan ini juga dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai kesempatan untuk mensosialisasikan kebersihan dan kesehatan lingkungan kepada masyarakat.

“Dan alhamdulillah sampai saat ini program tersebut masih berjalan. Semoga bisa berlanjut selamanya karena ini tradisi baik yang perlu dipertahankan dan semua tujuan tercapai,” kata Camat Rodial.

Wakil Bupati Rodhial Huda saat memimpin pembersihan Pantai Tanjung.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Natuna Ferizaldi mengatakan program Bakti Bumi terdiri dari tiga bagian utama.

Bagian ini meliputi aktivitas biru laut, aktivitas hijau bumi, dan aktivitas biru langit. Kegiatan ini juga telah dilakukan secara berkala selama setahun terakhir.

“Kegiatan laut biru seperti yang kita lakukan sekarang memimpin sektor di Dinas Perikanan, Bumi Hijau di Dinas Pekerjaan Umum dan Langit Biru di DLH. Tapi semua dinas terkait seperti Dinas Pariwisata, DPMPD, Prindag, Ketahanan Pangan , Pendidikan, Kesehatan, Perkim dan lainnya perlu dilibatkan dalam program ini,” jelasnya.

Ferizaldi menambahkan, salah satu tujuan kegiatan adalah fasilitas lingkungan seperti drainase, sungai, dll. untuk kesehatan lingkungan dan juga sebagai antisipasi banjir.

“Kegiatan tetap berjalan dan masyarakat masih antusias mengikutinya. Semoga bisa dipertahankan karena gotong royong adalah tradisi baik kita,” tutupnya.

Gotong royong diakhiri dengan foto bersama di tepi pantai di perairan Teluk Selahang, Desa Tanjung. (Erwin)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button