Berita Wisata

7 Pantai dengan Spot Mancing Terbaik di Gunungkidul

Saat ini sudah banyak pantai yang menawarkan tempat memancing penggemar memancing batu. Bahkan, beberapa di antaranya juga menyuguhkan pemandangan alam yang memukau, seperti di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Gunungkidul memiliki deretan pantai yang indah dengan tempat memancing keras dan melawan arus. Jika Anda mencari pantai dengan tempat mancing terbaik di gunungkidul, berikut beberapa rekomendasinya. Yuk lihat deretan kursinya!

1. Pantai Peyuyon

7 pantai dengan spot mancing terbaik di Gunungkidul, hidden gems!Pantai Peyuyon (Instagram.com/kotawonosari)

Pantai Peyuyon salah satunya permata tersembunyi di Gunungkidul yang terletak di Desa Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Gunungkidul. Pantainya tidak terlalu luas namun dipenuhi pasir putih yang masih sangat alami. Pantai ini diapit oleh pegunungan khas Gunungkidul yang membuatnya tersembunyi.

Selain ramah perjalanan, pantai Peyuyon juga punya tempat memancing bagi anda yang ingin menyalurkan hobi memancing. Saat berada di sini Anda akan menemukan banyak orang memancing di sekitar tebing.

Umumnya pengunjung yang memancing sudah memilih tugas favorit mereka di Pantai Peyuyon. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang memancing di pantai ini. Jadi kalau mau mancing, siapkan dulu peralatannya dari rumah!

2. Pantai Kayu Arum

7 pantai dengan spot mancing terbaik di Gunungkidul, hidden gems!Pantai Kayu Arum Gunungkidul (Instagram.com/wachidab)

Rekomendasi pantai dengan tempat Mancing lainnya di Gunungkidul adalah pantai Kayu Arum yang berada di Kranon, Kanigoro, Saptosari. Pantai ini adalah pantai baru yang sedikit diketahui. Anda yang memiliki hobi memancing bisa mencoba aktivitas memancing di pantai ini lho. Ada bebatuan yang bisa digunakan sebagai tempat melempar kail.

Menurut warga sekitar, pantai ini memiliki banyak ikan dengan berbagai ukuran. Lokasi ini juga sering dijadikan tempat mancing bagi warga sekitar yang biasa mengincar lobster.

3. Pantai Ngedan

7 pantai dengan spot mancing terbaik di Gunungkidul, hidden gems!Pantai Ngedan, Gunungkidul (Instagram.com/infojogja.co)

Bagi Anda penggemar kegiatan memancing dan ingin menyalurkan hobi, Anda bisa melakukannya di Pantai Ngeden atau Pantai Ngedan yang terletak di Dusun Bedalo, Krambil Sawit, Saptosari. Pantai ini didominasi oleh bebatuan kecil yang tersebar di sepanjang pantai.

Di Pantai Ngeden ada beberapa tempat untuk memancing yang dapat digunakan oleh pengunjung. Biasanya di kawasan terumbu karang banyak terdapat ikan bertelur seperti ikan kerapu dan lobster.

Jika tidak, tugas Mancing di pantai ini juga sudah didukung pengintai dan bangunan tertutup agar pemancing tidak kepanasan atau kehujanan saat melakukan aktivitas seru ini. Pantai Ngeden bisa menjadi salah satu rekomendasi wisata yang memiliki fasilitas cukup lengkap namun tidak ramai.

Baca Juga: Pantai Botoruhuh Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket & Tips

4. Pantai Botoruh

7 pantai dengan spot mancing terbaik di Gunungkidul, hidden gems!Pantai Botoruhuh Gunungkidul (Instagram.com/marimemotret)

Pantai Botoruhuh sudah lama dimanfaatkan warga setempat sebagai tempat memancing untuk konsumsi sendiri. Pantai ini terletak di Jepitu, Girisubo, Gunungkidul. Seperti namanya, Pantai Botoruhuh merupakan pantai yang unik dengan bentuk bebatuan di tepiannya seperti bangunan bata yang roboh.

Pantai ini sering menjadi incaran para nelayan karena memiliki banyak pantai tempat menarik. Namun, bagi yang memancing harus berhati-hati karena ombak dari pantai ini cukup besar.

Ada beberapa jenis ikan yang bisa ditemukan di pantai ini, seperti perjalanan raksasa, kerapu dan ikan simba. Selain menawarkan aktivitas memancing yang menarik dan menantang, Pantai Botoruhuh juga bisa menjadi pilihan sebagai tempat wisata liburan keluarga.

5. Pantai Watu Lumbung

7 pantai dengan spot mancing terbaik di Gunungkidul, hidden gems!Pantai Watu Lumbung Gunungkidul (Instagram.com/pantai.jogja)

Pantai Watu Lumbung merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang juga dikenal sebagai surganya memancing batu di Yogyakarta. Lokasi pantai ini berada di desa Balong, tepatnya Girisubo, sebelah barat pantai Wediombo.

Untuk sampai ke pantai, pengunjung harus melakukan perjalanan berjalan cukup jauh melalui bukit. Pantai ini menawarkan panorama pantai karang yang cukup unik dimana terdapat bebatuan yang menjorok ke tengah laut dan membentuk daratan seperti pulau-pulau kecil.

Bagi Anda yang hobi memancing, pantai dengan bebatuan besar merupakan tempat yang sangat sulit untuk dikunjungi memancing batu. Banyak biota laut di pantai ini seperti ikan kerapu, ikan kampur (kakap karang) dan ikan kakap merah favorit yang menjadi langganan para pemancing di pantai ini.

6. Pantai Timang

7 pantai dengan spot mancing terbaik di Gunungkidul, hidden gems!Pantai Timang Gunungkidul (Instagram.com/folk.jogja)

Pantai Timang terletak di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Pantai ini merupakan pantai yang banyak dikunjungi wisatawan dan dulunya merupakan tempat wisata pembuatan film acara realitas dari Korea Selatan, lho!

Banyak pengunjung yang tertantang untuk mencoba menaiki gondola yang akan membawa mereka ke Pulau Timang. Untuk mengaksesnya bisa menggunakan jembatan dengan membayar 100 ribu rupiah per orang atau naik gondola seharga 150 ribu rupiah per orang. Harga sudah termasuk pemandu yang akan membantu Anda melintasi pulau dan mengarahkan Anda tugas bagus untuk mengambil gambar.

Pulau Timang merupakan pulau karang yang terkenal sebagai tempat memancing. Dengan ketinggian tebing yang relatif pendek, akan lebih memudahkan anda untuk menangkap ikan dan menambah hasil tangkapan anda.

7. Pantai Kesirat

7 pantai dengan spot mancing terbaik di Gunungkidul, hidden gems!Pantai Kesirat, Gunungkidul (Instagram.com/jogjavacation)

Pantai Kesirat merupakan salah satu destinasi wisata tersembunyi di Desa Girikarto, Panggang, Gunungkidul. Pantai ini memiliki garis pantai berupa tebing yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Pantai Kesirat juga dinobatkan sebagai salah satunya memancing batu yang terbaik dari Yogyakarta karena kaya akan berbagai jenis ikan.

Selain menjadi spot favorit para pemancing, pantai ini juga bisa dijadikan tempat memancing berkemah dalam keluarga Anda tahu. Dijamin, Anda akan merasa sangat nyaman saat berada di Pantai Kesirat.

Di Kabupaten Gunungkidul sebenarnya banyak pantai yang bisa dijadikan tempat memancing. Di atas adalah beberapa rekomendasi pantai tempat ikan dengan pemandangan terbaik yang bisa Anda coba. Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu tempat di atas?

Baca Juga: 10 Pesona Pantai Kesirat Gunungkidul Saat Senja Bikin Betah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button