Berita Wisata

Bayar murah, ayo main kano sepuasnya di pantai Gunung Payung

Badung

Jika ingin mencoba wahana air, mungkin bisa mencoba menyewa kano di Pantai Gunung Payung yang terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali.

Selain pantainya yang bersih dan biru, pengunjung Pantai Gunung Payung kini juga bisa menikmati sensasi bermain kano.

Tarif sewanya juga relatif murah dan terjangkau karena kano bisa dikendarai oleh dua orang.

Untuk sewa, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 50.000 untuk dua orang selama satu jam.

Bagi yang membutuhkan kenyamanan dan keamanan, pemandu juga siap menemani para tamu jika diperlukan. Cukup membayar Rp 80 ribu, traveler tidak akan ragu untuk berkeliling pantai karena ditemani oleh guide lokal.

Salah seorang pemandu, Mangku Kontreg, mengatakan Pantai Gunung Payung biasanya ramai saat liburan dan akhir pekan.

Mereka akan menikmati waktu wisata kano. Kelompok pemandu saat ini hanya menyediakan 8 kano.

Menariknya, pengunjung bebas bermain air di pantai yang jaraknya sekitar 50 meter dari bibir pantai. Meski diberi durasi hingga satu jam, pemandu tidak terlalu ketat soal waktu. Pengunjung bahkan bisa bersenang-senang jika lupa waktu.

Bahkan, pantai ini menjadi favorit wisatawan mancanegara untuk berselancar karena ombaknya yang memadai, berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Namun air laut bisa tenang pada waktu-waktu tertentu, sehingga cocok untuk bermain kano. Jadi jangan takut terkena ombak besar.

“Ya, kalau saya tidak harus seperti itu, atau saya harus mencari tahu jam berapa itu akan berakhir pada saat itu. Tidak seperti itu. Kalau sudah satu jam, tidak apa-apa kalau lebih”, kata Kontreg pada Sabtu (10/12/2022).

Pengunjung tidak begitu ramai pada hari kerja sehingga penyewa kano juga beradaptasi. Paling sibuk tentu saja pada hari Sabtu dan Minggu. Sepanjang sore, Kontreg bisa menyewa kano hingga 20 orang. “Saya yang paling banyak di pantai karena banyak juga yang tertarik,” katanya.

Beberapa renovasi telah dilakukan di Pantai Gunung Payung. Sehingga pantai ini selalu indah dipandang. Hamparan pasir putih dan tebing-tebing yang masih hijau bisa dilihat oleh traveler yang bersampan.

Pantai Gunung Payung dikenal sebagai pantai tersembunyi karena berada di balik bukit desa Kutuh. Lokasinya tidak jauh dari pantai Pandawa yang juga berada di desa yang sama. Nama pantainya sendiri diambil dari nama sebuah pura yang ada di kawasan tersebut.

Untuk memasuki kawasan Gunung Payung, Anda hanya perlu membayar Rp 4.000 untuk wisatawan lokal dewasa dan Rp 8.000 untuk wisatawan mancanegara. Ada juga angkutan berbayar yang siap mengantar Anda dari tempat parkir ke tempat parkir bawah. Bagi traveler yang ingin mencoba bersantai sambil berolahraga, bisa menuruni ratusan anak tangga.

Simak video “Usai KTT G20, Jokowi Blusukan Langsung ke Pasar Badung”
[Gambas:Video 20detik]
(dpra/hsa)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button