Berita Wisata

Curug Mantras, wisata alam di Purbalingga yang menyejukkan hati

Konten ini merupakan opini/laporan yang ditulis oleh seorang blogger dan pernah dimuat di Kompasiana.com dengan judul “Menikmati Kesegaran Curug Mantra di Desa Kramat”

Purbalingga memiliki pesona alam yang indah dan mempesona. Ada banyak destinasi wisata alam yang wajib masuk rekomendasi saat ke sana, salah satunya Curug Mantra.

Curug Mantra terletak di desa Kramat, kecamatan Karangmoncol. Untuk mencapai Curug Mantra, pengunjung hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua karena medannya yang cukup sulit. Selain itu, jalanan licin dan tikungan juga harus diwaspadai.

Keindahan Curug Mantra di antara Gunung Tempel dan Gunung Gombong

Setibanya di Lemah Abang, untuk mencapai Curug Mantras, pengunjung harus bersiap dengan berjalan kaki menuju lokasi dengan jarak kurang lebih 1,5 km.

Dalam perjalanan menuju Curug Mantras, pengunjung akan melihat dua buah gunung yang bertengger di kanan kiri jalan yaitu Gunung Tempel dan Gunung Gombong.

Menikmati pemandangan Gunung TempelKompasianer Lilian Kiki Triwulan Menikmati Pemandangan Gunung Tempel

Di kiri jalan pengunjung juga akan melihat saluran irigasi yang airnya berasal dari Curug Mantras.

Di sisi kanan jalan terdapat sawah-sawah yang menghijau dan mulai menguning. Gugusan perbukitan menyambut begitu lembut dan pepohonan hutan yang khas menyapa.

Pohon pinus dan karet berbaris diselingi dengan pohon kopi yang dipanen.

Langkah kaki terus menelusuri menembus hutan yang masih perawan melalui jalan setapak yang dibangun masyarakat setempat untuk memudahkan para petani glagah, kapulaga dan kopi untuk melewatinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button