Berita Wisata

Wisata di Kalsel: savana hijau yang luas di Gunung Birah, areal camping tersebar di beberapa tempat

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI – Wisata di kawasan pegunungan bukanlah hal baru. Namun, pendaki akan merasakan sensasi berbeda saat mengunjungi Gunung Birah.

Tempat wisata di Desa Kandanganlama, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel) ini memiliki daya pikat tersendiri.

Antara lain, kekhasannya adalah adanya sabana yang sangat luas.

Sabana adalah vegetasi padang rumput yang ditumbuhi pepohonan atau kumpulan pepohonan yang tersebar.

Baca Juga: Wisata Kalsel – Ramai Pengunjung di Akhir Pekan, Puncak Gunung Birah Dipenuhi Tenda Camping

Baca Juga: Wisata Kalsel: Serunya Malam Mendaki Gunung Birah, Pendaki Nikmati Lampu Gadget

Di puncak Gunung Birah yang berketinggian 365 meter di atas permukaan laut (mdpl), kawasan savana sangat luas dan menghijau. Berbalut rerumputan tebal yang menjadi “karpet” alami bagi para traveller.

Hamparan padang savana memanjakan pengunjung karena bebas mendirikan tenda camping.

Catatan Banjarmasinpost.co.id, Minggu (11/12/2022) berdasarkan penampakan beberapa waktu lalu, ratusan tenda berhasil didirikan di puncak Gunung Birah.

Selain itu, beberapa area berkemah juga tersedia.

“Ada empat area yang bisa digunakan pengunjung untuk berkemah. Selain di puncak, juga ada beberapa tempat di sekitarnya yang jaraknya cukup dekat satu sama lain,” kata H Rosmani, direktur objek wisata Gunung Birah.

Baca juga: Wisata Kalsel: Meriah Hingga Pagi, Inilah Warna Kawasan Puncak Gunung Birah di Akhir Pekan

Area utamanya berada di puncak gunung, area tersebut paling luas. Di bawahnya juga ada area camping, jaraknya sekitar 100 meter. Ada sebuah bangunan resor serta masala di lokasi ini.

Kemudian di bawahnya juga terdapat area yang bisa dijadikan tempat perkemahan. Jaraknya sekitar 300 meter dari puncak. Dari tempat ini Anda bisa melihat gunung tinggi yang terhubung selanjutnya. (Banjarmasinpost.co.id/Idda Royani)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button