Tempat Wisata

√ 8 tempat wisata mistis di banyuwangi yang angker dan penuh misteri

Simak ulasan tentang √ tempat angker banyuwangi, √ wisata mistis banyuwangi dan √ wisata angker banyuwangi dibawah ini.

Wisata mistis di banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten dengan kemajuan tertinggi di Jawa Timur maupun di Indonesia.

Banyuwangi memiliki ragam seni budaya asli, wisata alam, wisata pantai, wisata air terjun bahkan wisata mistis yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Dengan letaknya yang berada di ujung paling timur Pulau Jawa, Banyuwangi dikenal sebagai “Matahari Terbit Jawa” yaitu tempat pertama di jawa untuk melihat indahnya matahari terbit.

Namun dibalik keindahan dan kemajuannya saat ini, Banyuwangi memiliki sejarah mistis yang sangat kental, salah satunya tragedi tahun 1998 yang membunuh banyak orang yang diduga memiliki ilmu gaib.

District pernah dijuluki “Kota Sihir” Memiliki tempat-tempat yang berbau mistis. Tak heran jika Banyuwangi menjadi tujuan orang-orang yang ingin belajar atau bertapa ilmu hitam.

Lalu apa saja tempat wisata mistis di Banyuwangi?

Yuk simak ulasan tempat mistis dan angker di Banyuwangi berikut ini.

Berikut 8 sajian wisata mistis di Banyuwangi

1. Gua Istana

Wisata Mistik Istana Gua Banyuwangi

Gua yang terletak di Alas Purwo ini sering digunakan orang untuk bersemedi. Bahkan bapak penerbit Indonesia yaitu Bung Karno pernah bertapa di gua pertapa itu.

Karena banyak orang yang bermeditasi di tempat ini, tidak heran jika banyak sesaji yang bisa ditemukan di sini. Selain itu, umat Hindu sering mengadakan ritual di tempat ini.

Menurut cerita rakyat setempat, di sinilah Bung Karno bertemu dengan penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul.

Pada zaman dahulu, para raja bertemu di sini, bertukar pikiran dan menenangkan diri di sekitar gua istana.

Goa ini paling sering dikunjungi untuk bertapa atau mencari ilmu gaib. Menurut seorang paranormal, gua ini dijaga oleh dua pendekar hebat dan banyak makhluk jin yang tinggal di sini.

Di goa keraton ini juga merupakan pusat pangkalan Purwo. Seperti kerajaan, inilah istananya. Tidak diragukan lagi kalau Goa Istana merupakan tempat wisata mistis di Banyuwangi.

2. Rowo Bayu

Rawa Bayu Banyuwangi

Tempat wisata mistis di Banyuwangi selanjutnya adalah Rowo Bayu. Rowo Bayu atau Rawa Bayu merupakan tempat yang sunyi namun penuh misteri. Di sinilah Kabupaten Banyuwangi lahir pada 18 Desember 1771.

Di sinilah pertempuran antara Kerajaan Blambangan dan Belanda terjadi. Dengan kesaktian para patih dan tekad rakyat Blambangan, Kerajaan Blambangan memenangkan perang ini. Banyaknya korban yang berjatuhan membuat rawa ini menjadi rumah bagi mahluk halus.

Salah satu tokoh penjaga Rawa Bayu adalah orang bernama nyai resek. Wujud Nyai Resek sendiri memiliki wajah yang cantik dan bijaksana. Dikelilingi oleh tentara dan wanita lain.

Tak heran jika Rawa Bayu pernah memakan korban anak yang mandi di rawa tersebut. Terakhir, kawasan Rowo Bayu dikenal sebagai salah satu tempat wisata angker di Banyuwangi.

Silahkan baca lebih detail tentang Rawa Bayu di artikel tersebut Rawa Bayu Banyuwangi.

3. Pantai Boom

Pantai Mystic Boom Banyuwangi

Pantai Boom yang dulunya merupakan pelabuhan utama Kota Banyuwangi ini pernah mengalami tragedi yang mengerikan yaitu Tragedi INKAI.

Tragedi ini memakan banyak korban, penyebabnya adalah air laut yang tiba-tiba menimbulkan gelombang besar yang menghanyutkan karateka yang sedang berlatih disana ke laut. Dilaporkan 26 karateka tewas, termasuk sang pelatih.

Jika ada makhluk gaib yang menyelidiki kejadian tersebut. Mereka diserang oleh ribuan jin yang keluar dari laut hingga salah satu awak kapal mereka kesurupan namun masih dikuasai kekuatan gaib.

Menurutnya, tempat ini merupakan dapur kerajaan jin yang besar dan pusat kerajaannya berada di Alas Purwo. Jadi tidak salah kalau Boom Beach adalah salah satunya wisata mistis di banyuwangi.

4. Pantai Watu Dodol

Wisata Pantai-Watu-Dodol-Haunted-di-Banyuwangi

Sempat menjadi destinasi favorit Banyuwangi, Pantai Watu Dodol ternyata kaya akan sejarah dunia lain. Hal ini terlihat dari peristiwa yang terjadi di sini, salah satunya dukun yang digantung hidup-hidup di sini.

Selain itu, ada beberapa di sini juga monumen diyakini memiliki hubungan dengan dunia gaib, mereka menyebut patung Gandrung yang telah menjadi ikon kabupaten Banyuwangi.

Patung Gandrung ini terlihat bergerak dan menari dengan sendirinya di malam hari. Bagi warga Banyuwangi, Pantai Watu Dodol tidak hanya menjadi tempat wisata yang indah, tetapi juga dikenal sebagai tempat wisata mistis di Banyuwangi.

Ada juga batu besar di tengah jalur batu Dodol. Pada masa pemerintahan Belanda, batu ini harus dipindahkan agar tidak menghalangi jalan.

Namun usahanya untuk memindahkan batu ini tidak berhasil, berbagai cara dicoba termasuk menariknya dengan kapal besar, namun yang terjadi adalah kapal tersebut tenggelam.

Batu besar ini dipercaya sebagai paku bumi di pulau jawa, jika batu ini dihancurkan pulau jawa akan tenggelam.

Di tepian Batu Dodol terdapat sebuah sumur kecil yang konon merupakan tempat kelahirannya Sunan Giri sebelum tersapu ke Selat Bali. Dan dipercaya bahwa air di dalam sumur tersebut berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Kecuali yang ketiga monumen ada juga yang sampai di Dodol Rock bunker peninggalan Jepang yang pernah bertugas sebagai pengintai kapal musuh.

Di mana bunker itu sangat gelap dan akhir bunker Ini ditutup karena adanya satwa liar seperti harimau. Tapi ada juga cerita yang mengatakan itu pada akhirnya bunker ini bisa tembus sampai ke dasar Purwo.

Inilah potret kemegahan Watu Dodol di balik keindahan wisata pantainya yang terkenal.

Mendengar dan membaca: Suku Banyuwangi-Osing

5. Pabrik Saranit

Pabrik Saranite Banyuwangi Berhantu

Salah satu pabrik kapal yang sudah tidak beroperasi lagi, sering terjadi hal-hal aneh. Itulah salah satu alasan mengapa pabrik ini tidak beroperasi lagi.

Salah satu kejadian yang mengejutkan adalah kapal baru yang tiba-tiba tiba di dermaga, meski belum ada yang memindahkannya. Konon kapal itu bergerak sendiri karena tidak ada di dalamnya “SENANG” alias upacara Thanksgiving tidak diadakan.

Ada juga cerobong asap di pabrik ini, yang konon merupakan kandang naga besar. Selain dijaga oleh seekor naga, tempat ini juga dihuni oleh para wanita Belanda yang tinggal di penginapan tak jauh dari pabrik.

Pabrik ini sudah dikenal masyarakat setempat sebagai salah satu tempat mistis yang bisa dibuat Tempat wisata angker di banyuwangi.

Baca juga: Kawah Ijen Banyuwangi, Jawa Timur

6. Rumah Sakit British Banyuwangi

Rumah Sakit Inggris Mistik dan Berhantu Banyuwangi

Terletak di seberang Gesibu Blambangan, bekas rumah sakit ini memiliki sejarah kelam.

Tempat ini pernah digunakan Belanda sebagai tempat pembantaian. Ada juga pohon bawa besar di titik ini.

Menurut warga setempat, mereka mendengar teriakan minta tolong saat malam tiba dan mengatakan bahwa seorang wanita Belanda sering terlihat berjalan di sekitar area rumah sakit ini.

Rumah sakit asal Inggris ini dikenal sebagai tempat angker bagi masyarakat sekitar. Namun terkadang tempat ini dijadikan tujuan wisata malam atau untuk menguji nyali anak muda Banyuwangi.

7. Istana Macan Putih

Wisata Mistik Keraton Banyuwangi Harimau Putih

Keraton yang didirikan oleh raja Tawang Alun ini merupakan tempat keramat bagi masyarakat setempat. Penduduk setempat percaya bahwa Prabu Tawang Alun Muksa atau disini kehilangan jasadnya dan kembali kepada Tuhan.

Menurut seorang makhluk gaib, tempat ini dijaga oleh seekor harimau putih dan di dalam keraton tersebut terdapat hantu yang mengaku sebagai raja Tawang Alun. Keraton Macan Putih disebut-sebut sebagai salah satu wisata mistis di Banyuwangi yang masih angker.

8. Sayangnya Purwo

Wisata Mistik Alas Purwo Banyuwangi

Kehebatan Alas Purwo masih menjadi misteri bagi masyarakat Banyuwangi. Sayangnya, Purwo memiliki luas 434 km2. adalah salah satu taman nasional terbesar di Indonesia, rumah bagi ribuan flora dan fauna di Pulau Jawa.

Dikenal tidak hanya karena cagar alamnya yang indah, tetapi juga karena hutannya yang angker, Alas Purwo masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Penduduk setempat percaya bahwa tempat ini merupakan tempat berkumpulnya jin di seluruh nusantara. Sehingga, pangkalan Purwo dijadikan oleh warga Banyuwangi sebagai tempat wisata mistis di Banyuwangi.

Konon sejak zaman kolonial, tidak ada satu orang pun yang bisa pulang dengan selamat setelah memasuki Alas Purwo.

Bahkan orang yang meninggal di tempat ini tidak dapat menemukan jenazahnya. Bagi mereka yang dapat meninggalkan tempat ini dengan aman, kemungkinan besar mereka juga tidak akan selamat karena akan mengalami bencana dan kecelakaan.

Simak dan baca juga: Informasi wisata di banyuwangi

Itu review dari tanggal 8 Agustus tempat wisata mistis di banyuwangi. Karena mitos gaib yang melegenda, banyak orang datang ke Banyuwangi untuk ilmu gaib dan meditasi. Ada lebih dari 40 gua di kaki Purwo dan hampir semuanya dikunjungi orang untuk bersemedi. Bahkan ayah dari Presiden RI pertama ini pernah bertapa khusus di Soekarno di pangkalan Purwo ini.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button