Berita Wisata

Tembok Pantai Kuta di Legian akan dibongkar

(Ilustrasi), dindingnya diturunkan, sehingga keindahan Pantai Kuta bisa dinikmati pejalan kaki

MANGUPURA – Kawasan Pantai Kuta akan kembali dipercantik. Setelah proyek pembangunan pantai Seminyak, Legian, dan Kuta (Samigita) yang selesai tahun ini, Pemkab Badung akan merenovasi tembok sengker tembok Pantai Kuta di Pantai Legian. Tembok yang kini tinggi menutupi keindahan pantai, direnovasi menjadi lebih rendah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pertanahan (PUPR) Kabupaten Badung, IB Surya Suamba mengungkapkan, rencana renovasi tembok Pantai Kuta di Legian merupakan gagasan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

“Bupati punya pemikiran bagaimana kawasan Pantai Kuta, Legian di Seminyak yang sudah dikembangkan bisa membuat keindahannya lebih dinikmati masyarakat dan wisatawan,” kata Surya Suamba yang dikonfirmasi, Minggu (11/10). 12/2022) .

Pada kondisi saat ini, ketinggian tembok Pantai Kuta di Legian menutupi keindahan pantai, terutama bagi para pejalan kaki. Tembok yang dibangun pada tahun 2010 dengan tinggi sekitar 2 meter ini harus dibongkar dan diganti dengan tembok yang tingginya hanya 60 cm.

“Pondasinya masih menggunakan pondasi lama. Tinggi dinding pinggir pantai 60 cm dan materialnya menggunakan batu bata pres,” tambah Surya Suamba.

Selain Penyengker, candi Bentar besar dan candi Bentar kecil juga akan direnovasi. Pihaknya memastikan dinding penyengker akan mengadopsi gaya Bali dari ornamen khas cakrawaka Kuta untuk memperkuat ornamen lokal.

Ditanya soal anggaran, Surya Suamba mengatakan dibutuhkan anggaran sekitar Rp 28 miliar. Anggaran ini sudah terpasang dalam APBD 2023.

“Anggarannya sudah melekat pada APBD Induk tahun 2023. Sosialisasi rencana renovasi tembok Penyengker juga sudah disosialisasikan kepada tokoh masyarakat setempat,” pungkasnya. (tempat tidur/jon)

Seperti itu:

Saya suka memuat…

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button