Berita Wisata

PB ABTI mengharapkan bantuan pemerintah untuk pelatihan bola tangan pantai nasional

Jakarta (ANTARA) –

Zainuddin Maliki, Pembina Pengurus Besar Persatuan Bola Tangan Seluruh Indonesia (PB ABTI), berharap pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membantu dalam persiapan tim nasional bola tangan pantai untuk menghadapi turnamen tersebut. Kejuaraan Asia dan Dunia. Tahun depan.

Menurut Zanuddin, PB ABTI tidak bisa bertindak sendiri untuk menyemangati atlet bola tangan Indonesia. Peran pemerintah penting agar Timnas Merah Putih bisa lebih matang dalam menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia yang akan berlangsung di Jakarta pada Maret 2023 dan Piala Dunia di Bali pada Agustus 2023.

Dengan adanya pusat latihan nasional (pelatnas) jangka panjang, diharapkan prestasi atlet bola tangan pantai setidaknya bisa memberikan perlawanan terhadap lawan di Bali nantinya.

“Kami berharap sebagai tuan rumah, penyelenggara timnas bola tangan Indonesia tidak kalah di pertandingan pertama dan lolos ke babak selanjutnya. Jika ini terjadi, akan sangat memalukan, seperti penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2022, Qatar akan kalah di babak penyisihan,” kata Zainuddin dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Untuk itu, yang juga anggota Komisi X DPR RI ini mengatakan, persiapan harus dilakukan secepatnya. Sebelumnya, timnas bola tangan pantai juga telah melakukan uji coba dengan mengikuti ASEAN Handball Championship di Thailand beberapa waktu lalu dengan perolehan medali perunggu baik di sektor putra maupun putri.

“Kami berharap dalam waktu dekat pemerintah dalam hal ini Menpora memberikan bantuan dana sementara para atlet bola tangan pantai mempersiapkan diri menghadapi Kejuaraan Asia dan Dunia,” kata Zanuddin.

Hal senada dikatakan Ketua Umum PB ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar, mengatakan dukungan dana untuk atlet nasional dalam persiapan Kejuaraan Asia dan Dunia di Bali sangat penting.

Selama ini, PB ABTI telah menggunakan dana mandiri untuk kedua kejuaraan nasional tersebut dan mengirimkan atlet bola tangan pantai untuk mencoba di ASEAN Championships di Thailand. “Untuk itu, dalam pelaksanaan pelatnas selanjutnya harus menunggu pencairan dana pemerintah untuk Kejuaraan Asia dan Dunia di Bali,” kata Zulfydar.

Baca juga: PB ABTI Jadikan Kejurnas Handball 2022 Ajang Seleksi Timnas

PB ABTI terus melakukan aksi nyata dalam persiapan berbagai kejuaraan internasional tersebut. Salah satunya dengan menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Bola Tangan Pantai dan Indoor yang berakhir pada hari Minggu di GOR UNJ Kampus B, Jakarta.

Ajang ini merupakan bagian dari pemilihan atlet untuk tim Merah Putih. Sedangkan juara indoor putra dan putri menjadi milik DKI Jakarta.

Pada pertandingan final putra, tim DKI Jakarta mengalahkan tim Jawa Timur dengan skor 29-17. Dengan hasil ini, DKI Jakarta meraih medali emas, sedangkan Jawa Timur meraih perak. Perunggu umum milik Banten dan Kalimantan Utara.

Sementara itu, tim putri DKI Jakarta berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan tim Banten di final dengan skor telak 21-2. Dengan demikian, Banten meraih medali perak, sedangkan medali perunggu diraih tim dari Kalbar dan Sumsel.

Pengkhotbah: Muhammad Ramdan
Penerbit : Junaydi Suswanto
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button