Berita Wisata

Libur Natal dan Tahun Baru, Pelni mengoptimalkan peluang wisata dengan memberangkatkan kapal

TEMPO.CO, Jakarta – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) memanfaatkan peluang bisnis pariwisata selama libur Natal dan Tahun Baru 2023. Direktur Utama Pelni Tri Andayani mengatakan pihaknya terus menggali potensi wisata dengan kapal yang ditugaskan.

“Caranya? Di setiap rute menuju tujuan atau persinggahan, ada situs-situs yang menarik, pasti akan kami umumkan ke penumpang. Ini sudah mulai kami lakukan,” kata Andayani dalam acara BUMN Kopi di Kementerian BUMN, Senin, 12 Desember 2018. , 2022.

Baca: Libur Natal dan Tahun Baru, Pelni Targetkan Pendapatan Tumbuh 99% Jadi Rp 121 Miliar

Andayani mengatakan, Pelni memiliki dua program wisata, yakni Pelni Lifestyle dan City Tour. Pelni Lifestyle merupakan program yang berbagi kegiatan atau program Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) yang biasa dilaksanakan di gedung-gedung.

Sedangkan program City Tour merupakan program untuk penumpang transit. Program ini bekerja sama dengan perusahaan yang menyelenggarakan wisata transportasi darat, baik Damri sebagai perusahaan publik, biro perjalanan swasta maupun dinas pariwisata setempat.

“Program ini diawali dengan city tour Surabaya. Namun selain di Surabaya, juga dilakukan di beberapa kota di kawasan timur Indonesia,” kata Andayani.

Lebih lanjut, Andayani memproyeksikan pendapatan minimal Rp 121 miliar selama periode Nataru ini. Proyeksi ini dihitung berdasarkan ketersediaan kapal yang disiapkan Pelni untuk melakukan pelayaran selama periode tersebut musim ramai—yang ditetapkan Pelni sejak 11 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Pelni menyiapkan 26 kapal penumpang berkapasitas 32.447 kursi dan 43 kapal perintis berkapasitas 16.706 kursi. Dengan demikian, total ada 49.153 kursi yang disiapkan Pelni untuk melayani perjalanan periode Nataru.

“Tiket dari tanggal 11 sampai 31 Desember terjual 82.000 tempat duduk. Untuk arus balik, dari 1 Januari hingga 1 Januari, 5.400 terjual tempat duduk“kata Andayani.

Baca juga: Semester I 2022, penumpang kapal PT Peni naik 155%

Ikuti berita Tempo terbaru di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button