Tempat Wisata

10 Tempat Wisata Terpopuler di Cianjur yang Instagramable & Keren Banget!

Tempat wisata populer di Cianjur – Perjalanan memang perlu dilakukan untuk memaksimalkan kinerja otak yang haus akan suasana yang menyegarkan. Dengan mengikuti tur, kekuatan otak menjadi lebih maksimal dan berkualitas.

Bicara soal pariwisata, tempat wisata di Cianjur sepertinya cocok untuk kamu yang butuh refreshing otak. Ada banyak tempat wisata seru yang akan melepaskan segala stres tanpa bekas.

Cianjur sendiri menjadi pusat pemerintahan yang fenomenal di Jawa Barat. Selain sebagai pusat pemerintahan, Cianjur juga menyimpan banyak tempat wisata tersembunyi yang sangat direkomendasikan untuk menghilangkan beban pekerjaan.

Tempat wisata yang sangat keren di cianjur

Penasaran tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi? Inilah tempat-tempat wisata populer di Cianjur yang instagramable dan wajib dikunjungi.

1. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti CianjurPantai Jayanti Cianjur

Menikmati keindahan pantai terdengar sangat menarik. Pemandangan memesona deburan ombak laut, bisikan angin sepoi-sepoi dan suasana di sekitar pantai yang hijau dan mempesona.

Meski secara topografis Cianjur didominasi oleh pegunungan, bukan berarti tidak memiliki keindahan wisata pantai untuk dikunjungi. Seperti Wisata Pantai Jayanti yang merupakan salah satu tempat wisata menarik di Cianjur yang bisa anda kunjungi.

Namun pantai ini belum begitu terkenal dan belum terjamah oleh tangan wisatawan dan polesan industri pariwisata setempat. Lokasinya masih sangat alami dan dekat dengan alam.

Lokasinya sendiri cukup jauh dari pusat kota Cianjur yang berjarak sekitar 139km dan terletak di Ds. Cidamar, Kec. Cidanun, Kab.Cianjur. Tapi tetap saja, namanya yang belum banyak didengar wisatawan, bukan berarti pantai ini tidak direkomendasikan.

Pantai Jayanti merupakan destinasi wisata yang cocok bagi anda yang ingin menikmati pemandangan dan mencari ketenangan. Pantai ini menawarkan pesona alam yang tidak kalah menarik dari pantai-pantai lain di Indonesia. Disini menawarkan pesona pantai berupa hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pantai yang membuat pemandangan pantai tampak lebih eksotis.

Belum lagi merasakan kesegaran semilir angin pantai dan deburan ombak yang lembut menambah suasana romantis liburan Anda di sini. Anda akan sangat merasakan pemandangan indah suasana pantai yang masih sangat asri dan diberkahi dengan kesegaran alam yang hijau di sekitar pantai.

2. Cipanas Little Venice

Little Venice melalui SpesialLittle Venice melalui Spesial

Ciri khas tempat wisata di Cipanas ini adalah adanya danau dan sungai buatan yang didesain unik menyerupai bentuk bangunan dan struktur lingkungan di Venice sendiri, sebuah kawasan di Italia.

Pada tour kali ini The Little Venice Cipanas disuguhkan dengan berbagai bangunan unik yang dibedakan dengan desain bangunan yang sama persis dengan bangunan terkenal di Italia, seperti: B. rumah khas Asia, Australia dan Amerika.

Keren, bukan? Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati suasana momen liburan Anda. Liburan di The Little Venice Cipanas sudah terasa seperti liburan ke luar negeri. Biayanya lebih murah dan dijamin seru setelah berkunjung ke sini.

Buat kamu yang suka selfie, jangan lupa siapkan kamera terbaik untuk berfoto dengan gedung-gedung alien ini. Saat foto diunggah di media sosial, jangan heran jika ada yang mengira Anda sedang berlibur ke luar negeri.

3. Istana Kepresidenan Cipanas

Istana Kepresidenan Cianjur via Instagram.com @mang_agusIstana Kepresidenan Cianjur via Instagram.com @mang_agus

Bangunan istana tentunya merupakan bangunan yang istimewa dan dibangun dengan kualitas dan nilai yang tinggi. Di Indonesia sendiri, ada sekitar enam bangunan keraton yang dibangun di beberapa lokasi.

Salah satu tempat wisata di Cianjur yang dikenal dengan Istana Kepresidenan Cipana ini berdiri kokoh dengan gaya arsitektur yang mewah dan megah disertai dengan seni arsitektur yang terlihat anggun dan indah.

Letak tempat wisata di Cianjur ini cukup jauh dari pusat ibu kota Jakarta yaitu sekitar 103 kilometer atau sekitar 20 km dari pusat kota Cianjur. Terletak persis di Ds. Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur atau lebih baik dikatakan, terletak di lereng Gunung Gede yang berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut.

Akses menuju tempat ini terbilang mudah karena keraton tidak jauh dari tepi jalan raya yang menghubungkan kota Jakarta dan kota Bandung.

Istana Kepresidenan Cipanas berdiri kokoh di atas lahan seluas 36 hektar dan meliputi area seluas 7.760 meter persegi serta memiliki nilai sejarah yang tinggi. Di sekitar keraton terdapat berbagai sayuran, buah-buahan bahkan tanaman hias yang cantik.

Belum lagi desain bangunan yang elegan dan mewah akan membuat kunjungan Anda semakin berkesan. Namun, setiap pelancong yang ingin mengunjungi istana ini harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari Sekretariat Negara.

4. Wisata Alam di Air Terjun Citambur

air terjun citaburair terjun citabur

Wisata Alam Curug Citambur merupakan salah satu tempat wisata yang sangat fenomenal di Cianjur. Sudah dari rute menuju lokasi air terjun, seseorang melintasi pemandangan hamparan perkebunan teh yang luas dengan udara yang sejuk dan segar. Anda masih akan disambut oleh pepohonan rindang yang hijau saat tiba di lokasi air terjun.

Air terjun setinggi 100 meter tampak tersenyum ramah menyambut Anda di sini. Air terjun ini sendiri terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur.

Kondisi airnya bersih dan segar, serta pemandangan air yang jatuh dari ketinggian terlihat sangat indah. Sempurna untuk tujuan petualangan liburan Anda. Bersiaplah untuk menikmati sensasi kesegaran air Curug, bersiaplah untuk merasakan momen liburan yang tak terlupakan.

5. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Jembatan Gantung Situgunung di Taman Nasional Gunung Gede PangrangoJembatan Gantung Situgunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di atas Kompas

Tidak jauh dari tempat wisata Curug Citambur, di Cianjur terdapat tempat wisata lain yang tidak kalah menarik untuk anda. Sebut saja Wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang menampilkan keindahan beberapa pohon dan satwa langka.

Tempat wisata di Cianjur sangat cocok untuk liburan keluarga, apalagi bersama buah hati tercinta. Taman ini memiliki keanekaragaman ekosistem yang terdiri dari ekosistem Montana, submontane, subalpine, rawa, danau dan sabana.

Ekosistem usb-montana dicirikan oleh banyaknya tumbuhan arboreal besar dan tinggi seperti pohon Jamuju dan pohon Puspa. Sedangkan ekosistem subalpin dicirikan dengan adanya dataran yang ditumbuhi rumput Isachne princegensis, cantigi dan bunga eider white.

Primata yang terancam punah seperti siamang, lutun budeng, macan tutul, landak jawa, rusa dan musang tenggorokan kuning yang merupakan hewan langka juga dilindungi dan dilestarikan di Taman Gunung Gede Pangrango.

Selain hewan langka tersebut, taman ini juga terkenal dengan berbagai jenis burung yang lucu dan unik. Ada sekitar 45o jenis burung dan 251 di antaranya ditemukan di pulau Jawa. Beberapa burung langka lainnya seperti elang dan burung hantu dan menggemaskan.

Pada tahun 1977 Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dinyatakan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO dan pada tahun 1995 dinyatakan sebagai Taman Siter dengan Taman Negara di Malaysia.

6. Kebun Raya Ciboda

Keindahan Taman Sakura di Kebun Raya CibodasKeindahan Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas

Alamat: Kompleks Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat

Selain itu, ada juga Kebun Raya Cibodas yang tak kalah menarik untuk kita jadikan tempat bersantai. Kebun raya ini merupakan tempat piknik yang seru karena tempatnya yang asri dan sejuk untuk dijadikan tempat meletakkan tikar untuk piknik keluarga.

7. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara via anandastoon - wisata hits di CianjurTaman bunga Nusantara via anandastoon

Alamat: JL.Mariwati No.KM. 7, Kawangluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254
nomor telepon: (0263) 581617
jam operasional: 09.00 s/d 17.00 WIB

Selain itu, Wisataseru.com juga merekomendasikan Taman Bunga Nusantara untuk tempat liburan yang menyenangkan. Di taman ini Anda akan disuguhkan dengan taman bunga yang sangat canggih.

Jangan lupa untuk mengunjungi labirin yang seru banget untuk dimainkan bersama keluarga tercinta. Ada banyak jenis bunga yang indah.

8. Curug Cibeureum

    - Wisata Hits di Cianjurair terjun cibeureum

Alamat: JL.Cisarua Puncak KM. 10, Desa Cilember, Kec. Cisarua, Puncak, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

Tempat wisata di Cianjur yang direkomendasikan selanjutnya adalah Air Terjun Cibeureum yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Air terjun ini sangat menyenangkan untuk digunakan sebagai tempat istirahat, terutama bagi yang menyukai wisata alam. Untuk sampai ke lokasi air terjun ini, wisatawan harus mendaki sejauh 2,9 km.

9. Kawasan Wisata Pokland

Wana Wisata Pokland Photo abu_sopian89 - Hits Tour di CianjurFoto Wana Wisata Pokland abu_sopian89

Alamat: Perum Perhutani KPH Cianjur Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43283
nomor telepon: 0263 261741

Selanjutnya, Wisataseru.com juga merekomendasikan wisata Pokland yang tak kalah populer di Cianjur. Di kawasan wisata Pokland ini, wisatawan disuguhkan dengan hutan pinus yang rimbun dan asri.

Di kawasan wisata Pokland ini, Anda bisa melihat kawasan pengumpulan kayu di Pongpoklandak dengan latar belakang pegunungan sorgum dengan rerumputan hijau.

Wana Wisata Pokland sangat cocok untuk Anda sebagai tempat berlibur karena terdapat banyak fasilitas penunjang mulai dari camping ground, garden party, trail bike, motocross dan masih banyak fasilitas penunjang lainnya.

Terlihat sangat keren pada foto di atas, sebenarnya ada banyak spot foto instagramable dan wahana seru yang bisa kamu gunakan sebagai tempat bersantai bersama keluarga atau orang tersayang.

10. Gunung Cimirung Hayam

Cimirung Gunung Hayam Photo Andrust Photography - Wisata hits di CianjurCimirung Gunung Hayam Photo Andrust Photography

Alamat: Kp.Cibenteng, RT.05/RW.04, Mekarjaya, Kec. Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43291

Tempat wisata di Cianjur yang terakhir direkomendasikan oleh Wisataseru.com adalah objek wisata Gunung Hayam Cimirung.

Tempat wisata instagramable ini dikenal juga dengan nama CMR GH, tempat ini sangat viral di media sosial karena banyak sekali spot foto keren disini.

Wisatawan bisa menemukan banyak hal menarik di CMR GH, mulai dari pemandangan perbukitan dan luasnya persawahan, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat berfoto. Selain pemandangannya yang sejuk, wisatawan juga disuguhkan dengan banyak fasilitas mulai dari bangku untuk bersantai, kupu-kupu, love spot dan view point.

Menyimpulkan

Menarik bukan untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini? Penasaran bagaimana keseruannya? Manfaatkan momen liburan Anda secara instan dengan mengunjungi Wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Cianjur saat ini.

Kunjungi juga: 28 restoran terbaik di Cianjur

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button