Berita Wisata

Tradisi Wulan Kapitu, Kendaraan Dilarang Memasuki Wisata Gunung Bromo Selama 4 Hari : Okezone News

MISKIN – Direktur Pariwisata Gunung Bromo akan melarang kendaraan bermotor memasuki kawasan kaldera. Pasalnya, ada kegiatan Wulan Kapitu yang diperingati oleh masyarakat adat Tengger yang beragama Hindu.

Penutupan akses kendaraan bermotor menuju Kaldera Tengger ini disampaikan oleh Presiden Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo nomor: 219/PHDI-KAB/XII/2022 tanggal 5 Desember 2022 perihal pemberitahuan Wulan Kapitu, guna menghormati adat dan budaya masyarakat Tengger di Wulan Kapitu.

BACA JUGA:Gunung Semeru Erupsi, Wisata Gunung Bromo Tidak Terganggu dan Buka Seperti Biasa

Menurut Kepala TNBTS Pusat C. Hendro Widjanarko, pihaknya mengeluarkan surat pemberitahuan dengan nomor PG tersebut. 1D IT.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/12/2022 tentang pembatasan kunjungan wisata alam dan kegiatan masyarakat di Wulan Kapitu Tahun 2023 tanggal 9 Desember 2022.

Keputusan yang diambil oleh Balai Besar TNBTS ini berdasarkan permintaan dari Presiden Parisada Hindu Dharma Indonesia, bahwa peringatan Wulan Kapitu jatuh mulai Jumat, 23 Desember 2022 mulai pukul 18.00 WIB hingga Sabtu, 24 Desember 2022. pukul 18.00 WIB.

Wulan Kapitu juga berakhir pada Sabtu, 21 Januari 2023 mulai pukul 18:00 WIB hingga berakhir pada Minggu, 22 Januari 2023 pukul 18:00 WIB.

“Oleh karena itu tutup Kaldera Tengger TNBTS untuk kendaraan bermotor, kecuali dalam keadaan darurat,” kata Hendro Widjanarko, melalui keterangan tertulisnya kepada MPI, Selasa (13/12/2022).

BACA JUGA:5 Fakta Grup Rubicon Dipaksa Masuk Gunung Bromo, Ini Penjelasan Sang Pengelola

Baca juga : Lifebuoy x MNC Peduli mengajak masyarakat untuk berbagi kebaikan dengan mendonasikan rambut, catat tanggalnya!

Penutupan akses kendaraan bermotor dari pintu masuk Pasuruan dimulai dari kawasan Pakis Bincil, sedangkan dari Malang dan Lumajang kendaraan bermotor dilarang masuk hingga Jemplang.

“Terakhir dari arah Probolinggo, batas kendaraan bermotor sampai Cemorolawang,” ujarnya.

Sebagai informasi, akses menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS bisa dilakukan melalui empat kabupaten di sekitarnya. Jalur masuk pertama melalui Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button