Berita Wisata

Sumber Maron, Wisata Keluarga Tirta dengan Nuansa Alam di Kabupaten Malang

Sumber Maron, Wisata Keluarga Tirta dengan Nuansa Alam di Kabupaten Malang
Sumber Maron, objek wisata alam di Kabupaten Malang. ©2022 Tantri Setyorini

Merdeka.com – Jika bosan liburan ke Batu, Anda dan keluarga berlibur ke kawasan tersebut Miskin Raya bisa mengunjungi salah satu objek wisata ramah anak di Kabupaten Malang. Salah satunya adalah Sumber Maron.

Sumber Maron merupakan tempat wisata kolam renang yang terletak di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 5 kilometer arah barat Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

taboola tengah artikel

Sumber du Maron memiliki mata air jernih yang indah dipandang mata. Airnya sangat jernih sehingga terlihat hijau dari jauh. Jika diperhatikan dengan seksama bebatuan di dasar airnya begitu jernih.

Mata air ini ditumbuhi pepohonan rindang, sehingga terasa rindang. Hamparan sawah yang tak kalah indah mengelilinginya. Wajar saja, sumber ini memang berada di tengah-tengah lahan pertanian warga setempat.

2 dari 5 halaman

Grojogan Sewu, Air terjun mini dengan cabang di Sumber Maron

Sumber Maron merupakan objek wisata alam di Kabupaten Malang

© instagram.com/official.

Tak jauh dari sumbernya terdapat air terjun kecil yang cukup menarik. Penduduk setempat menyebutnya Grojogan Sewu atau Grujukan Sewu.

Aliran air Grojogan Sewu bersumber dari Sumber Maron dan terbagi menjadi beberapa air terjun yang melebar di atas bebatuan besar. Air terjunnya tidak begitu tinggi. Hanya sekitar 5-6 meter dan kemiringan sekitar 60 derajat.

Pengunjung biasanya mandi di sini atau menikmati gemericik air sambil duduk di bebatuan. Sumber Maron dan sungai-sungai di sekitarnya dijadikan kolam alami oleh pengelolanya.

3 dari 5 halaman

Pembangunan PLTMH dan alih fungsi Sumber Maron sebagai obyek wisata

Sumber Maron merupakan objek wisata alam di Kabupaten Malang

© instagram.com/official.

Berada di areal persawahan warga, Sumber Maron awalnya digunakan untuk menanam kangkung. Mereka juga mandi dan mencuci di sana.

Pada tahun 2005 telah dibangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) di Sumber Maron. PLTMH ini digunakan untuk memasok listrik ke empat desa sekitar. Keempat desa tersebut adalah Karangsuko, Sukosari, Gondanglegi Kulon dan Panggungrejo.

Selain menikmati keindahan mata air, pengunjung juga bisa mengikuti wisata edukasi di Sumber Maron. Harap luangkan waktu untuk mempelajari cara kerja PLTMH selama kunjungan Anda.

4 dari 5 halaman

Kegiatan yang dapat dilakukan di Sumber Maron

Sumber Maron merupakan objek wisata alam di Kabupaten Malang

©2022 Tantri Setyorini

Apa saja pilihan aktivitas yang bisa dilakukan di Sumber Maron? Sebagian besar pengunjung lebih suka mandi dan berenang di mata air. Sebagai penunjang, pengelola telah menyiapkan tempat persewaan ban.

Sekarang bahkan ada wahana air berupa seluncuran kecil. Dengan demikian, anak dapat lebih menikmati aktivitas bermainnya.

Sumber Sumber Maron pada dasarnya tidak dalam. Namun ada bagian yang dalamnya mencapai 2 meter. Bagian ini ditandai, jadi jangan lewatkan.

Bosan berenang? Santai, ngemil gorengan panas atau sate bakso sambil merendam kaki di mata air dingin. Banyak kios di sini yang menawarkan makanan ringan dan suvenir. Kebanyakan wanita lebih suka membeli bawang mentah yang juga dijual di sana.

Kawasan wisata ini juga menawarkan wisata arung jeram dan river tubing. Tanyakan saja pada agen pengelola agar bisa diarahkan.

5 dari 5 halaman

Biaya masuk Sumber Maron

Ingin mencoba wisata tirta di Sumber Maron? Anda cukup mengarahkan kendaraan pribadi ke Sumber Maron yang berlokasi di Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Kabupaten Malang.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 pada hari kerja. Khusus hari libur, harga tiketnya dipatok Rp 10.000. Sedangkan biaya parkirnya Rp 3000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat parkir. Banyak juru parkir yang bersiaga untuk mengarahkan calon pengunjung ke tempat-tempat parkir terbaik.

[tsr]

Baca juga :
Wisata Banten yang wajib dikunjungi, memberikan pengalaman liburan yang berkesan
Pengalaman tak terlupakan, inilah 5 kegiatan ekowisata seru di Sumatera Utara
Gedung PIP bisa jadi referensi saat berlibur di Serang, ini kelebihannya
Cobalah berbagai aktivitas di Ekowisata Boon Pring, Turen, Malang

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button