Berita Wisata

Rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi dalam 3 hari di Ternate

Di Tenate banyak sekali persewaan mobil, yang paling mahal sewanya Rp 350.000.

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE — Ingin menikmati liburan tahun baru di daerah yang memiliki banyak tempat wisata? Kota Ternate, Maluku Utara bisa jadi pilihan.

Kota yang terkenal dengan penghasil rempah sejak zaman dahulu ini memiliki banyak objek wisata yang menarik, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata bahari hingga wisata religi dan wisata budaya.

Semua objek wisata ini berada di Pulau Ternate dan tidak jauh dari pusat kota, sehingga Anda bisa mengunjungi semuanya hanya dalam waktu tiga hari.

Mengunjungi semua obyek wisata tersebut tidaklah sulit, dan biaya yang dikeluarkan relatif murah, karena di tempat kelahiran pahlawan nasional Sultan Baabullah ini terdapat banyak persewaan mobil, yang paling mahal sewanya adalah Rp 350.000 per hari.

Jika ingin lebih hemat lagi, Anda bisa menggunakan ojek dengan harga sewa termahal Rp 100.000. Pengemudi ojek dapat menjadi pemandu wisata, karena pengemudi ojek Kota Ternate telah dilatih menjadi pemandu wisata oleh Badan Pariwisata setempat.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Rustam P. Mahli, menyarankan agar hari pertama di Ternate dilakukan kunjungan objek wisata budaya dan religi. Semua objek tersebut terletak di pusat kota, dan objek wisata tersebut tidak berjauhan satu sama lain.

Obyek wisata sejarah yang bisa dikunjungi antara lain Kedaton Kesultanan Ternate yang menyimpan berbagai peninggalan kesultanan dan enam benteng peninggalan kolonial. Diantaranya, Benteng Oranye yang dibangun Belanda pada abad ke-16.

Sedangkan objek wisata religi bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi, di antaranya Masjid Kesultanan Ternate yang berusia ratusan tahun. Ada juga Gereja Batu dan Gereja Ayam yang dibangun pada zaman kolonial serta Klenteng Ibu Surya Agung yang sudah ada sejak abad ke-17.

Pada hari kedua, wisatawan dianjurkan untuk mengunjungi objek wisata alam dan wisata bahari yang berada di jalur 45 km dari jalan lingkar pulau Ternate. Ada dua pilihan jalur yaitu utara atau selatan.

Jika Anda mengambil jalur utara, objek wisata pertama yang akan dikunjungi adalah kawasan Geo Park Batu Angus. Obyek ini menyajikan hamparan batu hitam dari letusan purba gunung berapi Gamalama pada abad ke-16. Kemudian Anda bisa pergi ke pantai Tobololo dan kemudian ke pantai Sulamadaha.

asal: antara

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button