Berita Wisata

7 Tempat Wisata Di Kudus Yang Indah dan Menakjubkan Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Merdeka.com – Tempat wisata di Kudus selalu menarik untuk dikunjungi. Kudus dikenal sebagai salah satu daerah yang menjadi sentra pabrik rokok kretek. Ada banyak merek rokok terkenal yang diproduksi di wilayah ini.

Apalagi kota yang menyandang julukan Kota Kretek ini juga memiliki banyak wisata religi yang bisa dikunjungi. Ada beberapa tempat wisata religi di Kudus yang bisa dikunjungi, seperti Masjid Agung Demak, Makam Sunan Muria dan masih banyak lagi.

taboola di tengah artikel

Ada banyak tempat wisata di Kudus yang cocok sebagai pilihan untuk berlibur. Berikut sejumlah tempat wisata di Kudus yang dilansir merdeka.com dari Anekawisata dan sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

Air Terjun Montel

Intip keseruan liburan keluarga Luna Maya di Bali sambil bermain air terjun

Instagram @lunamaya © 2022 Merdeka.com

Salah satu tempat wisata di Kudus yang sayang untuk dilewatkan adalah Air Terjun Montel. Air terjun yang terletak di sebelah utara makam Sunan Muria ini memiliki ketinggian air sekitar 50 meter. Tidak hanya menampilkan panorama alam yang memukau, tempat wisata di Kudus ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mushola, tempat parkir, dan warung makan.

Tidak jauh dari air terjun Montel juga terdapat air terjun yang indah, yaitu air terjun Gonggomini. Dengan menyusuri sungai di kawasan Rejenu, Anda bisa mencapai lokasi air terjun ini.

Air Terjun Kali Banteng

Air Terjun Kali Banteng merupakan tempat wisata di Kudus yang memiliki dua tingkat yang menggoda untuk bermain air. Tempat ini memiliki ketinggian 20 meter dengan kedalaman sekitar satu meter, yang membuat Anda sangat puas walaupun hanya bermain air.

Arus di air terjun ini tidak begitu kuat, sehingga anak-anak bisa bermain dengan aman, namun tentunya harus dalam pengawasan orang tua. Bagi Anda yang ingin menikmati air terjun yang jernih dan sejuk, langsung saja menuju ke Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kudus.

Museum Kretek

Tempat lain yang wajib dikunjungi di Kudus adalah Museum Kretek. Museum yang terletak di Desa Getas, Kecamatan Jati, Kudus ini merupakan museum rokok yang memiliki koleksi berbagai jenis peralatan atau mesin untuk membuat rokok bekas.

Selain itu, di museum ini Anda juga dapat melihat diorama yang menunjukkan proses dari menanam tembakau hingga membuat rokok. Bagi Anda pecinta rokok kretek, wajib mengunjungi museum yang kaya akan nilai sejarah ini.

Desa Wisata Rahtawu Wisata

Wisata Kudus selanjutnya yang wajib anda kunjungi adalah Desa Wisata Rahtawu. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan pegunungan yang masih terlihat asri dan alami. Dengan suhu yang sejuk, banyak pengunjung yang betah berlama-lama di tempat ini.

Desa wisata Kudus ini berada di ketinggian 1.627 mdpl, yang membuat udaranya begitu segar dan segar. Selain itu, ada juga sungai yang jernih yang bisa digunakan untuk mandi atau sekedar bermain air. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, langsung saja menuju lereng Gunung Muria, Kecamatan Gebong, Kudus.

3 dari 3 halaman

Makam Sunan Kudus

makam sunan suci

© 2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Tempat wisata Kudus ini menjadi salah satu wisata religi populer yang juga sayang untuk dilewatkan, yaitu Makam Sunan Kudus. Makam salah satu Walisongo terletak di belakang menara Masjidil Haram.

Sekitar bulan Ramadhan, tempat ini akan sangat populer di kalangan peziarah dari berbagai daerah. Pengunjung juga dapat menyaksikan kisah hidup Sunan Kudus dan peninggalan-peninggalannya semasa hidupnya.

Taman Sardinia

Bagi Anda yang berada di Kudus, sebaiknya menyempatkan diri untuk mengunjungi Taman Sardi. Wisata alam ini menawarkan paket lengkap tempat liburan yang bisa dinikmati seluruh keluarga. Sardi Park terkenal dengan panorama alamnya yang indah dan didukung dengan fasilitas yang menarik.

Taman ini memiliki menara unik yang begitu menarik perhatian ketika Anda sampai di sini, yaitu menara pisang. Dua menara kuning berbentuk pisang yang menjadi icon di tempat wisata ini.

Wana Wisata Ternadi

Wana Wisata Ternadi adalah tempat wisata di Kudus yang menawarkan panorama keindahan alam yang mempesona. Tempat wisata ini menawarkan spot foto menarik yang cocok untuk para pecinta fotografi. Lokasinya yang berada di daerah pegunungan memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan indah yang memanjakan mata.

[jen]

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Back to top button