Berita Wisata

Buaya Putih dan Ular Mustika Dibalik Keindahan Wisata Situ Cipondoh Tangerang

TANGERANGNEWS.com-Situ Cipondoh merupakan salah satu tujuan wisata utama bagi warga Tangerang. Namun di balik keindahan eksteriornya, ternyata terdapat luas sekitar 170 hektar yang menyembunyikan begitu banyak misteri.

Bagi masyarakat Tangerang, keberadaan makhluk halus berupa buaya putih dan ular manik-manik sudah menjadi cerita urban yang melegenda. Tidak ada yang tahu pasti kebenaran cerita tersebut.

Namun, beberapa peristiwa yang kerap dikaitkan dengan dua sosok penjaga Situ Cipondoh itu, seperti penemuan mayat perempuan pada tahun 2021. Rupanya, kedua makhluk itu akan muncul jika ada perilaku yang tidak pantas di kawasan Situ.

Kepala Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Sumangku Getar mengatakan, Cipondoh berasal dari dialek pesantren. Ini berarti bahwa ada kehidupan di daerah untuk air di pondok ini muncul.

“Cipondoh itu punya nilai sejarah, saya kira bisa menjadi kesaksian perjalanan kota ini,” ujarnya, dikutip dari kanal Youtube Trans7 Lifestyle, Kamis, 22 September 2022.

Selain keberadaan makhluk penjaga, ada misteri lain, yakni makam keramat yang tak jauh dari lokasi Situ Cipondoh. Tepatnya berada di Desa Cipete, Kecamatan Pinang, dengan jarak tempuh lima menit perjalanan laut dengan perahu dan 15 menit perjalanan darat dengan kendaraan bermotor.

Makam keramat itu sudah lama berada di kawasan Situ Cipondoh. Warga meyakini Meal adalah orang pertama yang menghuni kawasan Situ Cipondoh.

Orang-orang percaya akan kesuciannya karena makam itu tidak bisa dipindahkan meski sudah dicoba berkali-kali. Ternyata, pada masa awal penemuan makam tersebut, ada orang yang sengaja ingin membangun rumah di sekitar kawasan tersebut. Namun sebelum rumah tersebut dibangun, pemilik rumah tiba-tiba jatuh sakit dan meninggal dunia.

Desas-desus miring tentang keberadaan makam keramat Situ Cipondoh semakin menyebar di kalangan warga sekitar, pernah suatu saat makam tersebut akan dipindahkan ke tempat baru. Namun, eksperimen tersebut selalu gagal dan berujung pada jalan buntu selama ini.

Hingga saat ini makam keramat Situ Cipondoh masih menyimpan misteri tentang cerita aslinya dan siapa sebenarnya sosok yang dimakamkan di tempat ini.

Sedangkan keberadaan Situ Cipondoh pada awalnya merupakan bendungan yang dibangun oleh pemerintah pada masa penjajahan Belanda pada tahun 1930-an.

‘Situ Cipondoh pertama kali difungsikan sebagai cadangan air pada musim kemarau dan untuk kebutuhan irigasi persawahan. Namun, ada pendapat lain yang mengatakan bahwa Situ Cipondoh sudah ada jauh sebelum datangnya zaman kolonial sebagai fenomena alam.

Danau sedalam 4 meter ini mampu menampung 4 juta meter kubik air, keberadaannya sangat penting sebagai penampung air agar kawasan sekitarnya seperti perumahan Cipondoh dan Batuceper tidak sering tergenang.

Meski menyimpan misteri, keberadaan Situ Cipondoh dijadikan sebagai objek wisata yang memberikan banyak manfaat bagi warga sekitar, salah satu destinasi wisata dengan keunggulannya sebagai tempat wisata murah. Situ Cipondoh juga merupakan tempat yang menarik bagi para nelayan.

Source: tangerangnews.com

Related Articles

Back to top button