Berita Wisata

Wajah baru Alun-alun Purworejo, menawarkan fasilitas rekreasi keluarga yang murah dan meriah

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO – Pemerintah Kabupaten Purworejo terus berupaya menyediakan ruang publik yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk melakukan banyak aktivitas dalam satu tempat.

Saat ini keberadaan ruang publik tidak lagi hanya digunakan sebagai tempat berkumpul, tetapi mulai bertransformasi menjadi tempat untuk melakukan berbagai kegiatan pendidikan, olahraga, dan rekreasi.

Hal inilah yang mendorong Pemerintah Kabupaten Purworejo mengabdikan diri untuk revitalisasi dan keindahan Alun-alun Purworejo sebagai ruang publik dan jantung Kabupaten Purworejo.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo Agung Pranoto mengatakan, revitalisasi kawasan Alun-alun Purworejo sudah dimulai sejak 2018.

Baca Juga: Purworejo UKM Business Festival Expo 2022 raih transaksi Rp 336 juta

Ide tersebut muncul saat Bupati Purworejo, Agus Bastian menjabat sebagai kepala daerah untuk periode pertama.

Agung mengatakan kondisi Alun-alun Purworejo saat itu kurang bersih karena kurangnya perhatian pemerintah.

Belum lagi sekitar tahun 2017, hampir di sepanjang trotoar Alun-alun Purworejo berdiri tenda-tenda jajanan kaki lima yang sebagian membuang limbahnya di selokan.

“Akibatnya airnya mampet (menghambat) dan ingat saat hujan. Belum lagi baunya sangat menyengat saat berjalan di dalamnya,” kenang Agung saat ditemui Tribunjogja.com, Rabu (14/12/2022).

Namun, kondisi Alun-alun Purworejo saat ini sangat berbeda.

Sejak dilakukan revitalisasi, Alun-alun Purworejo telah disulap menjadi tempat yang nyaman untuk rekreasi bersama keluarga dan sahabat atau sekedar duduk santai di sekitar lokasi.

Di bagian utara Alun-alun, disediakan paseban yang bisa digunakan untuk kegiatan kelompok.

Belum lagi keberadaan puluhan kursi dan gazebo yang tersebar merata di seluruh area Alun-alun Purworejo.

Beberapa spot foto dan patung tematik dihadirkan di setiap sisi Alun-alun Purworejo untuk menggugah minat masyarakat yang melintas di lingkungan tersebut.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button