Berita Wisata

6 Tempat Wisata Favorit Di Jogja Untuk Menikmati Kedahsyatan Gunung Merapi

Yogyakarta

Berwisata ke Jogja tidak hanya mengunjungi keraton dan Malioboro, menikmati keindahan alam Gunung Merapi juga bisa menjadi pilihan berwisata ke kota ini dari Gudeg. Berikut 6 tempat wisata terpopuler yang cocok bagi anda yang ingin mengunjungi Gunung Merapi di Jogja.

Dilihat dari Jogja, Gunung Merapi terletak di bagian utara Jogja. Biasanya daerah Jogja utara yang identik dengan Merapi adalah Kaliurang, Cangkringan, Turi, dll. Di sana, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan sudut-sudut terindah Gunung Merapi.

Untuk menikmati keindahan Gunung Merapi secara maksimal, disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada pagi hari. Menikmati udara segar dan jelas gambar Gunung Merapi akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Beberapa tempat wisata di utara Jogja berikut ini akan memanjakan pengunjung dengan kegagahan Gunung Merapi dan spot foto yang indah dengan latar belakang Gunung Merapi. Di mana pun? Lihat daftar lokasi di bawah ini.

1. Bukit Klangon

Dikutip dari laman Visiting Jogja, Bukit Klangon merupakan tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi. Bukit ini terletak di desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman.

Untuk menikmati pesona Gunung Merapi, tempat wisata ini memiliki beberapa pos pengamatan yang tinggi. Di tempat yang menguntungkan ini, wisatawan biasanya berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi.

Di Klangon Hill, wisatawan juga bisa merasakan pengalaman ekstrim seperti bersepeda menuruni bukit. Sirkuit sepeda Bukit Klangon dianggap sebagai sirkuit terbaik di Jogja. Selain itu, ada juga fasilitas berkemah. Dengan adanya arena camping ini, pengunjung dapat menikmati keindahan Gunung Merapi lebih lama.

Untuk bisa mengunjungi Klangon Hill, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000. Sedangkan bagi yang ingin berkemah cukup membayar biaya kebersihan sebesar Rp 10.000.

Fasilitas di Bukit Klangon cukup lengkap seperti kamar mandi, mushola, gazebo, dan warung makan. Jam operasional Klangon Hill adalah setiap hari pukul 06:00-18:00 WIB

2.Nawang Jagad

Salah satu tempat terbaik lainnya untuk menikmati keindahan Gunung Merapi adalah Nawang Jagad. Tempat wisata ini terletak di Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman tepatnya di sebelah barat Museum Ullen Sentalu.

Nawang Jagad bisa dikunjungi mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Salah satu daya tarik tempat wisata ini adalah keberadaannya tempat tidur gantung atau tempat tidur gantung yang menghadap Gunung Merapi. Juga tersedia tas kacang yang nyaman dan bisa digunakan untuk duduk sambil minum kopi.

Tersedia juga fasilitas camping bagi yang ingin menikmati keindahan Gunung Merapi lebih lama lagi.

Harga tiket masuknya relatif murah, pengunjung cukup membayar Rp 10.000 saja voucher gratis minuman yang bisa ditukar di kafetaria yang terletak disana.

3. Taman Alam Tankaman

Mirip dengan Nawang Jagad, Taman Wisata Alam Tankaman terletak di Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Tempat wisata ini biasanya ramai dikunjungi para pesepeda yang ingin menikmati segarnya udara di lereng Gunung Merapi.

Terlihat detikJateng Menurut laman Instagram resmi @tankaman.kaliurang, lokasi Tankamanini berjarak 7 kilometer dari puncak Merapi. Ada juga warung yang menjual minuman panas dan gorengan bernama Pawon Ngalas Tankaman.

Jam operasional Tankaman adalah pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dan buka pada hari Rabu hingga Senin. Saat ini tidak ada biaya untuk memasuki Tankaman. Namun jika wisatawan ingin berkemah di Tankaman dikenakan biaya Rp 25.000.

4. Teras Merapi

Teras Merapi terletak di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Teras Merapi bisa menjadi destinasi baru untuk berlibur sambil menikmati pemandangan Gunung Merapi bersama keluarga atau teman.

Berbagai kegiatan dapat dilakukan di sini, seperti berenang, berkemah, Melakukan perjalanan, bersepeda, atau sekedar nongkrong dan ngobrol bareng teman sambil ngopi.

Jam operasional Teras Merapi adalah Senin hingga Kamis pukul 08:00 hingga 18:00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan buka mulai pukul 07:30 hingga 18:00 WIB. Tiket masuk Merapi Terrace untuk dewasa Rp 10.000, anak-anak Rp 5.000 dan biaya camping Rp 15.000 saja.

Selengkapnya di halaman berikutnya….

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button