Tempat Wisata

Vanda Park di Bandung, Tempat Liburan Keluarga dan Romantis!

Taman Vanda – Ada banyak Tempat wisata di bandung Yang terkenal. Bandung sendiri merupakan kota bersejarah yang menjadi tuan rumah banyak event nasional hingga internasional.

Misalnya Bandung Lautan Api pada Konferensi Asia Afrika. Pada tahun 2015, Bandung kembali menjadi tuan rumah Grand Event negara-negara Asia-Afrika untuk memperingati 60 tahun.

Oleh karena itu, banyak ruang publik di Kota Bandung yang direvitalisasi. Salah satunya adalah Taman Vanda. Taman kota ini terletak di tengah Jalan Merdeka tepatnya di antara Balaikota, Mapolrestabes Bandung dan Gedung Bank Indonesia.

Salah satu alasan dilakukannya revitalisasi taman ini adalah karena gambar negatif yang dia miliki. Di masa lalu Vanda Park dulu dan selama ini dikenal minim perawatantempat penampunganGelandangan, ngengat dan mereka yang biasa “beroperasi” di Jalan Tera.

Taman VandaTaman Vanda

Masyarakat Bandung tentu paham akan hal itu. Namun revitalisasi ternyata menjadi pilihan yang tepat, karena setelah itu Taman Vanda menjadi terkenal. Banyak warga mulai menikmati sore dan malam hari di sana bersama keluarga.

Jangan lewatkan: 37 Tempat Kuliner di Bandung yang Wajib Dicoba

Sejarah berdirinya Vanda Park

Nama Vanda bukanlah plesetan dari kata panda, melainkan dari nama salah satu spesies bunga anggrek. Sejarah berdirinya taman ini dahulu kala berupa gereja berukuran 8×21 meter. Namanya Gereja Santa Franciscus Regis. Gereja ini merupakan gereja katolik pertama di kota Bandung yang didirikan oleh Pastor Christianus Schets SJ dan oleh Mgr. Stahl. Sayangnya, gereja yang didirikan pada 16 Juni 1895 itu dibongkar pada awal tahun 1920-an.

Tempat Rekreasi Keluarga Vanda Park oleh notebookTempat Rekreasi Keluarga Vanda Park oleh notebook

Setelah gereja hilang, sebuah bioskop bernama Rex dibangun di atas properti itu. Rex bertahan hingga awal 1950-an dan pindah ke pusat kebudayaan. Fungsi gedung tersebut menjadi ruang kuliah Universitas Katolik Parahyangan.

Pada tahun 1960-an dan 1970-an, Unpar tidak lagi menggunakan pusat kebudayaan sebagai ruang kuliah, sehingga gedung tersebut diubah menjadi bioskop. Selain itu juga digunakan untuk latihan bulu tangkis dan latihan tari viaticara. Baru pada 1990-an bioskop Vanda dibongkar dan diubah menjadi Taman Vanda.

Ini juga bagus: Liburan Seru di Pasar Terapung Lembang Bandung Jawa Barat

Biaya masuk ke Taman Vanda Bandung

Beruntung bagi Anda, karena tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk masuk ke Vanda City Park. Kecuali Anda membawa kendaraan pribadi, Anda akan dikenakan biaya parkir. Sepeda motor dan mobil hanya dikenakan biaya mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

Taman Kota Vanda buka 24 jam sehari. Anda bebas pergi ke sana kapan saja. Namun jika ingin merasakan sensasi ramainya kunjungan wisatawan, Anda bisa datang WIB mulai pukul 09:00 hingga 21:00.

Taman VandaTaman Vanda Bandung

Jelajahi keindahan Taman Kota Vanda

Taman Vanda Kota BandungTaman Vanda Kota Bandung

Salah satu theme park di kota Bandung ini dekat dengan Jalan Jawa, Jalan Braga dan Jalan Perintis Kemerdekaan. Oleh karena itu, taman berbentuk segitiga ini dikelilingi tembok dan ditanami sejumlah tanaman hias. Suasana semakin sejuk dan asri dengan adanya air mancur dan tempat duduk yang nyaman.

Vanda Park juga dekat dengan area publik lainnya. Jika Anda menuju utara, Anda akan menemukan Alun-alun Balai Kota Bandung. Taman ini sangat cocok untuk nongkrong di siang atau malam hari dan sering dipadati pengunjung. Pasalnya, pada malam hari terdapat air mancur yang menyemburkan air dari 20 lubang pengairan dengan lampu berwarna. Itu indah, bukan?

Seru juga bermain dengan anak-anakSeru juga bermain dengan anak-anak

Untuk itu, banyak juga masyarakat yang akan melakukan aktivitas di sini saat akhir pekan. Taman seluas 2.000 meter persegi ini akan sangat ramai dikunjungi pengunjung. Bahkan tak jarang banyak pasangan yang jatuh cinta romantis berbaur di sini. Pasalnya, suasana malam di Vanda Park sangat eksotik dan romantis.

Mari kunjungi juga: Liburan Seru ke Properti Wisata Gunung Tangkuban Perahu di Bandung

Kunjungi juga tempat-tempat wisata di sekitar Vanda Park

Jika Anda tidak puas hanya berjalan-jalan di sekitar Vanda Park, jangan khawatir bosan karena Anda bisa mengunjungi tempat wisata lain di kawasan tersebut. Taman ini terletak di pusat kota, sehingga banyak wisata yang mengelilinginya. Dari wisata sejarah hingga kuliner hingga belanja:

  1. Jalan Bragan

Atau ingin berbelanja seperti di Orchard Road Singapore? Datanglah ke Jalan Braga. Jalan ini merupakan tempat wisata belanja paling terkenal di Bandung. Ada juga pusat hiburan dari Braga City Walk hingga Wiki Kaffie.

Jalan Bragan

  1. Taman Balai Kota

Pada zaman Belanda, kebun ini merupakan gudang kopi milik Andreas De Wilde. De Wilde adalah pemilik tanah yang menguasai sebagian besar wilayah Bandung dan juga pengusaha perkebunan kopi. Kamp ini dibangun pada tahun 1819.

Setelah Andreas De Wilde didorong kembali ke Belanda oleh pemerintahnya sendiri, dibangunlah Meente Huis (Balai Kota). Sebuah taman untuk memperingati jasa Pieter Sitjhoff, wakil residen kota Bandung saat itu, telah ditanam di sana sejak tahun 1885. Taman itu bernama Taman Pieter Sitjhoff. Pada tahun 1950-an nama taman ini berubah menjadi Taman Merdeka dan diubah lagi menjadi Taman Dewi Sartika pada tahun 1996.

  1. Taman kastil yang terhormat

Apakah Anda ingin merasakan pemasangan gembok cinta seperti Menara Namsan, Korea, yang sering ditampilkan dalam drama? Hal itu juga bisa kamu lakukan di Bandung lho, Datanglah ke Taman Cinta Gembok di Bandung. Kawasan ini mudah ditemukan karena berada di kawasan Rathauspark. Perancah besi di sana berukuran 2,5 meter x 2 meter, cukup lebar untuk menggantung ribuan gembok cinta di sana.

  1. Taman Sejarah Bandung

Taman ini terletak di Jalan Aceh, tidak jauh dari Balai Kota Bandung. Luas petak sekitar 2,6 kilometer persegi dengan taman bermain anak yang luas. Ada juga kursi kayu. ampiteaterdan kolam kecil.

Tak heran mengapa taman bermain diprioritaskan di sini, karena target pengunjung Kota Bandung sebenarnya adalah anak-anak usia sekolah dasar. Mereka berharap nantinya selain bermain, anak-anak juga bisa belajar sejarah Bandung dan tidak membosankan.

  1. taman tunggal

Jangan salah paham dengan nama taman ini. Meski namanya sesuai dengan frase jomblo, taman ini tidak didedikasikan untuk jomblo dan jomblo, lho. Orang dengan pasangan dan keluarga juga datang ke sana.

Walikota mengambil nama Jomblo karena kursi taman itu hanya untuk satu tempat duduk dan jumlahnya banyak. Selanjutnya, interpretasi kursi Singles diucapkan, melahirkan nama taman ini. Yang istimewa di sini adalah bangku-bangku berwarna-warni.

Anda harus datang ke: 28 Tempat Kuliner Romantis di Bandung

Tips Wisata ke Vanda Park Bandung

Ada tips saat berkunjung ke Taman Kota Vanda Bandung, yaitu:

  • Jangan pernah parkir di bahu jalan karena Anda hampir pasti akan didenda
  • Lokasinya sangat ramai sehingga bisa parkir di parkiran mobil balai kota atau di Polrestabes agar lebih nyaman

Oleh karena itu peringkat tempat wisata di Taman Kota Vanda di Bandung. Taman ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar destinasi wisata Bandung karena Vanda Park bisa jadi salah satunya tempat untuk mengingat di dalam hidupmu.

Selain itu, Vanda Park didesain kreatif seperti taman-taman lain di Bandung yaitu Taman Jomblo, Taman Lansia, Taman Labirin, Taman Film, Taman Fotografi dan Teras Cikapundung. Selamat berlibur!

Juga jangan lewatkan: Wahana Atraksi di Trans Studio Bandung

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button