Berita Wisata

Asyiknya, wisatawan bisa menyaksikan Parade Gebogan di Ulun Danu Beratan mulai 19 hingga 23 Desember

tabanan

Objek wisata Ulun Danu Beratan minggu depan akan dimeriahkan dengan pawai gebogan. Parade ini akan berlangsung sepuluh hari, mulai Senin (19/12/2022) hingga Jumat (23/12/2022).

Pelaksanaan pawai ini juga terkait dengan upacara piodalan di pura Penataran Agung Ulun Danu Beratan yang akan dipuncaki pada Selasa (20/12/2022).

“Puncak piodalan pada 20 Desember 2022,” jelas Humas Ulun Danu Beratan (DTW) Tourist Attractions Management (DTW) I Made Sukerata, Kamis (15/12/2022).

Ia menjelaskan, persiapan upacara piodalan sudah dilakukan sejak 15 November 2022. Pada Rabu (14/12/2022), juga dilakukan pendampingan ibu-ibu pendukung gebogan. Kemudian pada hari ini dilanjutkan dengan pelaksanaan upacara Pamahayu Buana.

“Parade gebogan akan dilanjutkan pada 19 Desember,” tambahnya.

Pawai gebogan akan melibatkan ibu-ibu dari 12 desa adat dan 6 desa dinas di Kecamatan Baturiti. Serta 2 Banjar Pengayah dari kecamatan Marga yaitu dari Bayan dan Marga.

Parade ini akan mengelilingi seluruh kawasan wisata Ulun Danu Beratan mulai pukul 11.00 WITA hingga pukul 14.00 WITA. Iring-iringan ibu-ibu yang membela gebogan ini akan diiringi gamelan beleganjur.

Gebogan sendiri merupakan sesaji yang terdiri dari sejumlah kue dan buah-buahan yang disusun sedemikian rupa, baik warna maupun coraknya, serta dilengkapi dengan janur.

Hiasan kue, buah dan kelapa ditancapkan di pohon pisang muda. Batang pisang tersebut kemudian ditancapkan di tempat yang disebut dulang.

Gebogan biasanya disiapkan dalam upacara keagamaan di Bali. Gebogan ini akan dihormati oleh perempuan yang pergi ke pura atau tempat pemujaan. Begitu juga ketika upacara sembahyang selesai.

Tonton videonya “Brillianpreneur Business Chat Episode 1”
[Gambas:Video 20detik]
(ni/dpra)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button