Tempat Wisata

10 Atraksi Taman Cibodas, Harga Tiket, Atraksi, Wahana, dll

Taman Cibodas atau Kebun Raya Cibodas merupakan kawasan berumput hijau yang dikaruniai kumpulan tumbuhan berbunga. Taman seluas 80 hektar ini juga memiliki lahan berbukit dan berbukit yang menambah keindahan panoramanya.

Lokasi Taman Cibodas

Kebun Raya Cibodas berjarak sekitar 3 jam perjalanan dari Jakarta. Taman ini terletak di kawasan hutan di kaki Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Taman Cibodas memiliki ketinggian 1.275 mdpl. Tak ayal, suhu udara di sana hanya berkisar 17-27o C.

Kebun Raya CibodaKebun Raya Ciboda

Mari kunjungi juga: Liburan seru ke tempat wisata alam Air Terjun Bidadari yang indah di Bogor

Sejarah berdirinya Taman Cibodas

Awalnya kebun ini bernama cabang dari Kebun Raya Bogor Bergtuin te Tjibodas. Taman Cibodas dibangun oleh seorang Belanda bernama Johannes Ellias Teijsmann, seorang ahli botani. Karena keindahannya, ahli fisiologi tumbuhan Dr. FW Went menggambarkan taman ini sebagai salah satu surga di bumi. Bahkan, Kebun Raya Cibodas juga dikenal sebagai Paradise Gardens of Asia. Pasti sangat indah, bukan?

Didirikan pada tahun 1852, taman ini sebenarnya ditujukan untuk perkebunan kina. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, Cibodas tidak cocok untuk budidaya Kina.

Curah hujan di sana mencapai 2.380 mm per tahun dengan suhu rata-rata saat itu 18 derajat Celcius, membuat taman ini secara definitif didedikasikan untuk tanaman dataran tinggi tropis yang lembab. Misalnya tumbuhan runjung dan pakis.

Padahal saat itu bibir Kina didatangkan langsung dari Belanda. Untuk mengenangnya, pengunjung dapat masuk gratis ke Kebun Raya Cibodas setiap tanggal 11 April.

Petunjuk arah ke Cibodas

Secara geografis, kawasan Taman Cibodas merupakan satu kompleks dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tidak jauh dari Puncak Bogor. Jangan khawatir tidak mengerti arah menuju kebun raya, semoga petunjuk ini dapat membantu anda. Sebenarnya cukup mudah untuk menemukan tempat ini.

Pengguna angkutan umum dapat menggunakan layanan angkot dengan rute Cipanas, Rarahan, dan Cibodas. Anda bisa menemukannya di Persimpangan Cimacan. Jika Anda datang dari Bogor atau Jakarta, pasti akan melewati perkebunan teh dan Puncak Pass untuk menuju taman ini.

Anda juga akan menemui pertigaan Paragajen yang mengarah ke Cibodas. Namun jika Anda berasal dari Bandung, Sukabumi, dan Cianjur, Anda bisa mengambil Istana Cipanas (Istana Negara) sebagai patokan. Dari situ Anda akan bertemu dengan RSUD Cimacan, setelah pertigaan Paragajen, kemudian Anda bisa mengambil jalur kiri langsung menuju Kebun Raya.

Kunjungi tempat lain: 41 Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Biaya masuk ke Taman Cibodas

Harga tiket masuk Taman Cibodas adalah:

  • Pengunjung : Rp 16.500/orang
  • Kendaraan roda dua : Rp 5.000
  • Kendaraan roda empat : Rp.16.000,00

Jika Anda bepergian dengan grup, lebih baik memilih paket wisata karena lebih murah. Paket tersebut sudah termasuk tiket, konsumsi, akomodasi dan fasilitas lainnya.

Objek wisata Kebun Raya Cibodas

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mengunjungi Kebun Raya Cibodas:

1. Taman sakura lucu ala Jepang

Di dekat pintu masuk terdapat objek yang menjadi tujuan favorit pengunjung Cibodas, yaitu Taman Sakura seperti di Jepang. Seperti namanya, taman ini berisi pohon sakura yang bisa ditemukan hampir di setiap titik taman. Untung saja yang datang bertepatan dengan musim semi sakura, karena bunga ini hanya mekar 2 sampai 3 kali.

Keindahan Taman Sakura di Kebun Raya CibodaKeindahan Taman Sakura di Kebun Raya Ciboda

2. Rumah kaca

Selain bunga sakura yang tak kalah mengesankan, Taman Cibodas memiliki koleksi pohon dengan berbagai varietas dan usia. Ada sekitar 5.831 spesimen tumbuhan dari 1.206 spesies yang ditemukan di sana. Tak jauh dari koleksinya terdapat rumah kaca tempat menyimpan berbagai jenis tanaman kaktus dan anggrek.

Tumbuhan langka dari spesies ini juga dapat ditemukan di sana. Sedikitnya 4.000 spesimen tanaman dengan 350 kaktus dan 360 anggrek disimpan di rumah kaca tersebut. Saat naik wahana ini, jangan lupa mampir untuk melihat Bunga Mayat Raksasa langka yang tidak jauh dari sana.

3. Auracarua Avenue

Araucaria Aveneu adalah tempat menarik selanjutnya yang harus kita kunjungi. Jalur batu yang tertata rapi mengarah dari wisma ke kolam besar. Yang membuat tempat ini tak terlupakan, karena di sepanjang jalan di kedua sisinya terdapat pohon araucaria yang kokoh yang telah ada sejak tahun 1866 dan jika dihitung usianya hingga tahun ini, pohon araucaria tersebut berumur lebih dari 150 tahun.

4. Air Terjun Cibeureum

Jangan lupa saat ke Taman Cibodas untuk berenang di Air Terjun Cibeureum yang masuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Air terjun ini sendiri berada di ketinggian 1675 mdpl.

Curug Cibeureum memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Oh iya guys, bagi anda yang suka berpetualang maka tempat air terjun ini wajib anda kunjungi. Karena untuk sampai ke sini Anda harus berkendara menanjak.

Rute yang kami tempuh sama dengan jalur pendakian menuju gunung Gede Pangrango via Cibodasm. Di sana pengunjung akan banyak melihat rambu-rambu jalan menuju Curug Cibeureum. Rasa lelah akan terbayar ketika kita sudah sampai di lokasi air terjun Cibeureum.

5. Taman Lumut

Ada juga taman lumut yang lucu di Kebun Raya Cibodas ini. Di sini Anda bisa melihat setidaknya ada 235 spesies lumut yang termasuk dalam Kebun Raya Cibodas.

6. Taman Rhododendron

Tempat menarik di Kebun Raya Cibodas adalah Taman Rhododendron. Taman ini memiliki banyak jenis bunga yang berasal dari beberapa negara seperti Indonesia, China dan Jepang. Jadi, Anda harus berhenti di sini untuk mengabadikan momen tak terlupakan di sini.

7. Jalur air

Main air di Sungai Kebun Raya CibodaMain air di Sungai Kebun Raya Ciboda

Kalau ke Cibodas Park jangan lupa bawa baju ganti karena kurang enak rasanya kecuali basah. Jadi anda bisa bermain di air sungai Cibogo yang berasal dari Gunung Gede, jadi jangan heran jika air yang mengalir sangat jernih dan dingin. Untuk itu, pihak pengelola Kebun Raya Cibodas menjadikan sungai tersebut sebagai tempat bermain yang menyenangkan bagi anak-anak.

8. Koleksi Pakis

Salah satu kekuatan besar orang Jawa adalah kegemarannya memakan paku. hehehehe.

Bukan sembarang paku tentunya, melainkan paku tanaman. Nah, di sini kamu bisa melihat banyak sekali koleksi tanaman pakis. Setidaknya ada sekitar 34 jenis tumbuhan paku yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Selain sebagai sayuran, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat alami.

9. Bunga Mayat Raksasa

Taman besar ini dibawa oleh Jambi. Wah, jauh sekali. Karena di Jambi banyak terdapat tumbuhan yang mengeluarkan bau busuk ini.

Bunga yang dibawa pada tahun 2000 ini biasanya mekar setiap empat tahun sekali dan pada tahun 2018 bunga bangkai sudah tumbuh hingga ketinggian lebih dari 3 meter.

10. Kolam besar

Jangan lupa mampir ke kolam besar yang ada di Taman Cibodas ya. Telaga yang sudah ada sejak tahun 1901 ini menjadi habitat berbagai tumbuhan air.

The Great Pool di Kebun Raya Cibodas di atas WisataalamThe Great Pool di Kebun Raya Cibodas di atas Wisataalam

Fasilitas yang ada di Cibodas Gardens

Cibodas menawarkan fasilitas yang sangat mumpuni sebagai destinasi wisata nasional dan internasional. Tersedia tempat parkir yang sangat luas. Kapasitasnya menampung ratusan bus dan letaknya tidak jauh dari pintu masuk sehingga mempersingkat waktu tempuh menuju lokasi.

Fasilitas lainnya termasuk paviliun dan teater luar ruangan. Ada juga ruang informasi. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kebingungan target. Ada juga taman bermain anak hingga perkemahan seluas 3 hektar. Perpaduan fasilitas tersebut tentunya membuat Cibodas menjadi tempat wisata populer di Jawa Barat.

Juga jangan lewatkan: Obyek wisata alam yang indah air terjun Cipamingkis, Bogor

Saat ini ada fasilitas lain yang disediakan manajemen yaitu Wara Wiri. Fasilitas ini merupakan kendaraan minibus yang dikonversi yang berfungsi sebagai kendaraan transportasi bagi pengunjung yang menjelajahi taman. Tiketnya cukup murah, hanya Rp 10.000 per orang untuk satu kali putaran.

Bersantai di Kebun Raya Cibodas via wirasetiawan29Bersantai di Kebun Raya Cibodas via wirasetiawan29

Ada juga akomodasi semalam

Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menginap di Cibodas karena terdapat berbagai penginapan di sana. Mulai dari Guest House Sakura, Medinilla dan Eucalyptus. Ingatlah bahwa Anda dapat memesan kamar ini terlebih dahulu agar tidak kehabisan.

Mari kunjungi juga: taman surya Bogor

Atraksi lainnya di dekat Taman Cibodas

Jika ingin menjelajahi kawasan ini lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat berikut yang terletak di dekat Taman Cibodas.

  1. Perkemahan Mandalawangi

Juga dikenal sebagai Perkemahan Mandalawangi, kawasan ini berada tidak jauh dari pintu keluar Kebun Raya Cibodas. Keduanya berada di Kompleks Pendopo Agung Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, lokasi ini sangat ideal bagi Anda yang ingin berkemah dengan gaya. backpacker.

  1. Taman Nasional Gunung Gede Panrango

Ditutupi oleh hutan hujan tropis, taman nasional seluas 21.975 hektar ini menjadi rumah bagi beragam spesies tumbuhan. Mulai dari pohon raksasa bernama Rasamala hingga serangga predator Semarbag. Ada juga hewan seperti macan tutul, sigung, kijang, burung enggang dan coyote.

  1. kebun Raya Bogor

Keduanya disebut Botanical Garden, namun bedanya taman ini memiliki Museum Zoologi. Jadi kita berdua bisa belajar tentang flora dan bersenang-senang disana. Koleksinya bahkan mencakup 15.000 spesies tanaman. Selain itu, Kebun Raya Bogor merupakan peninggalan Kerajaan Sunda Kelapa, kebun raya tertua di Asia.

Makanya rating Taman Cibodas ini. Jadi tunggu apa lagi… silahkan kunjungi Kebun Raya Cibodas bersama keluarga, sahabat dan kolega anda. Anda bisa datang ke sini pada akhir pekan atau hari libur lainnya. Nikmati suasana alam yang bersih, nyaman dan sejuk untuk bersantai. Banyak keberuntungan!

Artikel terkait: Obyek wisata keluarga Mekarsari Bogor

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button