Berita Wisata

Ternyata surga tersembunyi di Bali ada di Karangasem, pantai lain?

Suara Denpasar – Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam keindahan alam, mulai dari pantai, hutan, sungai hingga pegunungan.

Keindahan alam dan ragam budayanya menjadikan Bali sebagai tujuan wisata, baik domestik maupun mancanegara.

Meski memiliki banyak obyek wisata keindahan alam, tidak semua obyek wisata dapat diakses dengan mudah dan cepat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Kabupaten Badung.

Ada banyak objek wisata yang tak kalah indahnya, meski jauh dari Denpasar dan Badung. Salah satunya adalah tempat wisata di Kabupaten Karangasem, sebuah kabupaten yang terletak di ujung timur pulau dewata.

Baca juga: 3 Resep Kue Coklat, Cemilan Spesial Natal

Di Karangasem, ada surga yang tersembunyi, yaitu objek wisata di desa Tulamben, kecamatan Kubu.

Dikutip dari situs resmi Kabupaten Karangasem, Tulamben merupakan desa yang terus berkembang menjadi daya tarik wisata unggulan di kabupaten ini.

Tulamben memiliki berbagai potensi bahari. Desa ini berjarak sekitar ± 25 km dari kota Amlapura – ibu kota kabupaten dan sekitar 82 km dari kota Denpasar.

Akses menuju lokasi ini cukup mudah karena berada di sepanjang jalan utama Amlapura – Singaraja.

Obyek wisata Tulamben sedang dikembangkan menjadi kawasan wisata yang meliputi 2 kecamatan, yaitu desa Tulamben di kecamatan Kubu; Desa Datah, Desa Labasari, Desa Culik, Desa Purwakerti dan Desa Bunutan di Kecamatan Abang.

Wisata ini memiliki daya tarik utama berupa potensi alam bawah lautnya yang eksotik untuk kegiatan diving dan snorkeling karena kondisi air yang jernih sepanjang tahun dan arus yang tenang.

Baca Juga: Takut Dijerat Hukum, HOOK Entertainment Transfer Rp 60 Miliar ke Lee Seung Gi

Saat menyelam, Anda bisa menemukan “ÚS Liberty” yang berada di kedalaman 30 meter.

Kapal ini merupakan bangkai kapal dagang Amerika Serikat yang tenggelam setelah dihantam torpedo kapal selam Jepang pada 11 Januari 1942 saat melakukan perjalanan melalui Selat Lombok.

Bangkai kapal ini menjadi tujuan utama para penyelam yang datang khusus ke Tulamben.

Tak hanya itu, ikan-ikan cantik juga bisa ditemukan di kedalaman laut, diperkirakan terdapat 400 spesies ikan karang yang menghuni bangkai kapal tersebut.

Bangkai kapal itu juga dikunjungi oleh sekitar 100 spesies ikan laut dalam (pelagis).

Tempat ini juga disebut surga karang karena penuh dengan hewan laut yang muncul secara mengejutkan, seperti belut pita, gurita mimik, kepiting boxer, ikan pipa hantu, kuda laut, ikan daun, belut kebun, ikan singa, udang harlequin dan spesies tidak biasa lainnya. spesies juga ditemukan di sini.

Sementara itu, koleksi ikan trevally yang berjumlah ratusan masih memeriahkan bangkai kapal ini dan sangat bersahabat dengan para penyelam.

Nah, tempat ini bisa menjadi alternatif tujuan wisata saat berkunjung ke Bali saat liburan tahun baru.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button