Berita Wisata

Pangandaran segera memiliki titik 0 kilometer

Pangandaran

Titik nol menandai lokasi geografis suatu daerah. Di banyak daerah, titik nol atau O kilometer biasanya berupa monumen atau patung.

Namun Pangandaran, yang merupakan daerah otonom “termuda” di Jawa Barat, tidak memiliki titik nol kilometer. Tapi ground zero itu pun sekarang ada di Pangandaran.

Pendirian Ground Zero Pangandaran akan menyambut wisatawan yang memasuki objek wisata Pantai Batukaras di kawasan Cijulang, Pangandaran.

pengawasan detikJabar Pada Jumat (16/12/2022), titik nol gedung Pangandaran mulai pulih. Tampak depan tampak seperti taman dan tempat duduk. Di tengahnya terdapat tugu yang berpuncak artistik, bermekaran seperti bunga.

Lantai yang dibangun di ground zero Pangandaran juga nyaman dengan pola ombak laut. Tugu titik nol yang sudah dibangun di sebelah pantai Batukaras akan menjadi tanda ada yang menginjak Pangandaran.

Kepala Desa Batukaras Hadi Somantri mengatakan, warga Batukaras menyambut baik pembangunan tugu ground zero di pantai Batukaras. Harapan ada di sana.

“Mudah-mudahan tugu titik nol ini bisa menambah daya tarik wisatawan di sini, karena sering ada istilah titik nol itu sebagai penanda pernah berkunjung ke suatu daerah,” kata Hadi. detikJabarJumat (16/12/2022).

Tugu 0 Kilometer Pangandaran.Tugu 0 Kilometer Pangandaran. Foto: Aldi Nur Fadillah/ detik Jabar

Menurutnya, titik nol pantai Batukaras diharapkan tidak hanya menjadi monumen, tetapi dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap jumlah kunjungan. Ia pun berharap tugu tersebut segera selesai dibangun dan diresmikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Watch Guntari mengatakan, pembangunan ground zero Pangandaran baru mencapai progres 77,9 persen.

Tugu Nol Kilometer Pangandaran dibangun mulai 28 November 2022 dengan anggaran Rp 176 juta. Dijadwalkan berakhir pada 27 Desember 2022 dan tinggal pemasangan icon Marlin, ditambah tulisan “Pantai Batukaras” dan papan selancar.

Demikian kolaborasi ikon pangandaran dan suasana ikonis pantai Batukaras yang terkenal dengan atlet selancarnya, kata Watch.

Dikatakannya Tugu Marlin Pangandaran akan menyambut wisatawan menjelang liburan Natal dan Tahun Baru Mengenai pemilihan kawasan pantai Batukaras untuk lokasi tugu 0 kilometer, menurutnya c karena lokasinya berada di tengah-tengah objek wisata Pangandaran. .

“Dekat Cimerak, Pantai Madasari, beberapa kilometer dari Green Canyon, jarak ke Pantai Pangandaran hanya 57 menit setara 34,1 kilometer. Sedangkan lokasinya juga dekat dengan bandara dari Nusawiru, Terminal Cijulang,” ujarnya.

Sementara itu, peresmian tugu nol kilo dijadwalkan awal 2023. “Akhir tahun ini juga selesai, kita peresmikan saat ada event otomotif. teman-teman,” katanya.

(iqk/bola)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button