Berita Wisata

Tempat wisata baru di sekitar Cirebon, ada yang jalan-jalan, ada yang melihat cahaya kota

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON – Sebentar lagi perayaan Natal dan Tahun Baru Bagi Anda yang akan berkunjung ke Cirebon, berikut dua tempat wisata di wilayah Cirebon terbaru.

Kedua tempat wisata di Cirebon ini menyuguhkan hal yang berbeda.

Salah satunya berada di tengah kota dan cocok sebagai tempat berkumpul bersama keluarga atau teman.

Tempat lain di luar Cirebon tapi cukup dekat.

Di sini Anda bisa memompa adrenalin dan menikmati lampu-lampu kota Cirebon.

Berikut dua tempat wisata Cirebon tersebut:

Suasana Taman Gede Pedati di malam hari.  Lampu-lampu membuat taman ini semakin indah.Suasana Taman Gede Pedati di malam hari. Lampu-lampu membuat taman ini semakin indah. (Tribununcirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

1. Taman Tangki Gede

Lebih dari lima abad, gerobak besar itu masih disimpan di Situs Gerobak Gede di Desa Pekalangan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon.

Belum lama ini, Pemkot Cirebon juga membuat replikanya. Masyarakat bisa menikmatinya di Taman Gede Pedati di Jalan Perkantoran, Kecamatan Lemahwungkuk, yang baru dibuka pada Senin (12/12/2022).

Meski dibuat pada abad ke-15, gerobak besar tersebut sudah memiliki sistem yang canggih. Alat transportasi yang diprakarsai oleh Pangeran Cakrabuana dan Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati ini sudah memiliki sistem shock absorber.

Tidak hanya sistem suspensi, roda gerobak juga didesain dapat dilepas saat dibutuhkan.

“Jadi bisa empat, enam, delapan, sampai 10 pasang roda, tergantung besar bebannya,” kata Tri Prakosa, Ketua Tim Pelaksana Revitalisasi Taman Pedati Gede yang juga dosen Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Dirgantara ITB, saat ditemui usai peresmian taman pedati Besar, kemarin.

Dia mengatakan, saat itu gerobak besar digunakan untuk mengangkut kayu jati dari Jawa Tengah yang akan digunakan untuk membangun Keraton Cirebon.

Itu sebabnya roda kendaraan dirancang agar bisa dirakit sesuai dengan jumlah kayu yang diangkut. Muatan juga mengunci rangka gerobak saat kerbau menarik gerobak.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button