Tempat Wisata

7 Tempat Wisata Terpopuler dan Terbaik di Sidoarjo yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat wisata populer di Sidoarjo – Kabupaten Sidoarjo adalah salah satu nama kabupaten di provinsi Jawa Timur. Ada berbagai tempat wisata di Sidoarjo yang murah dan menarik untuk Anda kunjungi. Mulai dari wisata alam terbuka dengan berbagai spot olahraga yang seru dan menantang hingga beberapa wisata sejarah ditawarkan di sini.

Bahkan ada beberapa tempat wisata yang masih baru dan belum banyak diketahui wisatawan. Tentu saja suasananya masih sangat asri dan asri. Penasaran serunya berpetualang menjelajahi Kabupaten Sidoarjo yang penuh dengan wahana keren?

Destinasi wisata populer di Sidoarjo

Tanpa basa-basi lagi, inilah 7 destinasi wisata Sidoarjo yang terkenal dan rekomendasi nyata untuk dijadikan destinasi wisata Anda.

1. Wisata Pulau Sarinah dan Tlocor

Pulau Sarinah via @bobcemongPulau Sarinah via @bobcemong

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata di Sidoarjo ini memang untuk dikunjungi berupa wisata keindahan pulau yang menarik. Tepatnya di Desa Kedung Pandan Kecamatan Jabon terdapat sebuah pulau yang terbentuk dari endapan lumpur Lapindo yang namanya sudah sangat terkenal di seantero nusantara.

Lumpur ini merupakan fenomena alam yang sangat fenomenal di seluruh pelosok tanah air. Terdapat hutan mangrove yang cukup luas di pulau ini dengan udara yang sejuk dan segar. Pengunjung dapat menggunakan perahu yang disediakan untuk lebih mengeksplorasi keindahan pulau ini.

Dermaga buatan juga disediakan untuk kapal berlabuh. Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan kesegaran alam yang masih asri dan sehat, Tempat wisata alam Sidoarjo itu sesuai dengan kebutuhan Anda dengan sempurna.

2. Wisata Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan via IvantantowiPantai Kepetingan via Ivantantowi

Sidoarjo memiliki beberapa surga tersembunyi yang belum banyak diketahui wisatawan. Salah satunya adalah Wisata Pantai Kepetingan Sidoarjo yang masih sangat alami dan belum banyak terjamah oleh wisatawan. Pantai ini terletak di kecamatan Buduran, tepatnya di desa Sawonan.

Untuk menuju Wisata Pantai Kepitingan, pengunjung harus melalui jalur laut yang cukup panjang dan menantang. Pengunjung akan merasakan keindahan pantai bak sungai hutan di pedalaman Kalimantan yang nuansa alamnya masih sangat asri dan asri.

Masih diberkahi dengan pemandangan hutan mangrove yang hijau dan kicau merdu dari kicauan burung yang semakin memanggil suasana.

3. Wisata Lumpur Lapindo

Wisata Lumpur Lapindo via @deva_kpWisata Lumpur Lapindo via @deva_kp

Berdirinya wisata ini karena adanya bencana alam yang menyita perhatian masyarakat Indonesia. Berawal dari semburan lumpur panas di sebuah perusahaan tepat di lokasi pengeboran Lapindo Branta.

Akibat longsoran lumpur tersebut, menenggelamkan beberapa permukiman di tiga kecamatan dan kawasan industri. Tapi memang benar, setiap kejadian dalam hidup ini tersimpan hikmah yang bermanfaat bagi kehidupan.

Peristiwa semburan lumpur Lapindo yang dahsyat kini dijadikan objek wisata di Sidoarjo yang ramai dikunjungi pengunjung. Banyak wisatawan yang datang ke Sidoarjo karena penasaran dengan aktivitas Lumpur Lapindo.

Berkunjung ke tempat wisata di Sidoarjo ini, pengunjung bisa melihat gumpalan lumpur berasap di tengahnya yang terlihat sejuk dan cukup menyeramkan. Oleh karena itu, pengunjung harus berhati-hati, karena lumpur sewaktu-waktu dapat meluap dan menjadi berbahaya.

4. Tur berpemandu ke Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular via kresnabayutourMuseum Mpu Tantular via kresnabayutour

Berkunjung ke Sidoarjo juga tidak lengkap tanpa mampir ke wisata Mpu Tantular. Tempat wisata di Sidoarjo yang sarat akan nuansa sejarah dan cukup menarik. Terletak di Jalan Raya Buduran, Museum Mpu Tantular selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Luas museum ini sekitar 3,3 hektar dan menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang cukup fenomenal. Ini berisi emas dan lukisan yang dikatakan dibuat pada abad ke-14.

Wisata Museum Mpu Tantular juga bisa menjadi alternatif untuk menambah pengetahuan tentang benda-benda bersejarah yang dibuat ratusan tahun lalu.

Tidak hanya lukisan emas dan tua yang disimpan di Museum Mpu Tantular, tetapi juga etnografi, numismatik serta geologi dan biologi. Jadi sangat cocok bagi Anda untuk berlibur bersama buah hati Anda, yang masih haus akan pelajaran nilai sejarah, untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air yang lebih dalam.

5. Kunjungan ke Pura Pari

Candi PariCandi Pari

Ada satu hal unik yang menjadi daya tarik dari tempat wisata bersejarah di Sidoarjo ini. Sebuah candi yang berdiri kokoh di atas lahan yang cukup luas dan memiliki tampilan yang aduhai dan khas. Candi Pari terdiri dari susunan batu bata dengan bentuk candi berbentuk segi empat tegak dan terlihat mewah.

Hotel ini terletak di Kecamatan Porong, tepat di Desa Candi Pari dan tidak jauh dari pusat Semburan Lumpur Lapindo. Jadi anda bisa mengunjungi wisata candi Pari ini dan mampir ke objek wisata Lumpur Lapindo untuk melihat semburan lumpur berasap yang sejuk dan unik.

Candi Pari sendiri merupakan peninggalan kerajaan Majapahit, khususnya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Di tempat wisata di Sidoarjo ini terdapat beberapa objek yang sarat dengan nuansa Hindu seperti arca Siwa Mahadewa, arca Ganesha dan arca Agastya yang masih dilestarikan disini.

6. Wisata Makan Malam Putri Ayu Sekar Dadu

Mausoleum Putri Ayu Sekar Dadu Sidoarjo via Sportourims - Wisata SidoarjoMakam Putri Ayu Sekar Dadu Sidoarjo di atas Sportourims

Makam Putri Ayu Sekar Dadu merupakan objek wisata yang memiliki nilai religi dan sangat sakral. Putri Ayu Sekar Dadu sendiri merupakan putri dari Raja Blambangan atau banyak yang menyebutnya sebagai ibunda dari Sunan Giri.

Seperti kita ketahui, Sunan Giri merupakan salah satu tokoh Dakwah Islam yang terkenal dan termasuk dalam nama Wali Songo.

Makan Putri Sekar Dadu biasanya di hadiri oleh masyarakat sekitar setelah menyelesaikan ritual Merdi, atau tradisi desa, sebagai bentuk rasa syukur atas keberadaan alam semesta pemberi kehidupan. Kini Makam Putri Sekar Dadu menjadi salah satu tempat wisata di Sidoarjo sebagai wisata religi yang cukup terkenal.

7. Perjalanan Memancing di Delta Sidoarjo

Delta Fishing - Wisata SidoarjoMemancing delta

Bagi Anda yang hobi memancing, Delta Fishing Sidoarjo sepertinya sangat cocok untuk dikunjungi. Delta Fishing adalah kapal penangkap ikan dan fasilitas rekreasi yang menarik banyak wisatawan.

Wisata mancing yang keren ini terletak di kabupaten Buduran tepatnya di desa Prasung, dengan berbagai fasilitas lainnya seperti kolam renang, flying fox, pedal boat, outbond dan lain sebagainya untuk anda coba. Ada juga berbagai jenis ikan yang bisa ditangkap di sini seperti: B. ikan mujahir, bawal hingga gurame enak yang bisa dijadikan menu.

Dijamin mancing di Delta Fishing Sidoarjo bukan sekedar mancing yang berasa. Lebih banyak wisata untuk menyegarkan pikiran dan menyalurkan hobi yang mahal dan tak tergantikan. Liburan jadi lebih menyenangkan dengan makan ikan yang enak buatan sendiri.

Menyimpulkan

Lengkap dan menarik bukan tempat wisata di Sidoarjo yang populer?. Anda bisa menikmati waktu liburan bersama teman dan keluarga dengan nuansa yang berbeda, dan tentunya lebih seru dan menyenangkan. Jangan heran jika Anda ketagihan untuk kembali ke tempat-tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo, tempat-tempat menarik.

Jangan lewatkan: 29 tempat pertemuan di Sidoarjo

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button