Berita Wisata

Abrasi pantai Batukaras, awas karang muncul di permukaan pasir

Pangandaran

Pantai Batukaras mengalami abrasi akibat pasang surut yang ekstrim. Sedemikian rupa sehingga pasir di pantai terkikis dan menyebabkan munculnya karang di pantai.

Pantauan DetikJabar pada Sabtu (17/12/2022) pantai Batukaras yang biasanya memiliki pasir yang bisa digunakan untuk aktivitas mandi. Kini Anda harus berhati-hati karena bebatuan tersebut muncul akibat abrasi air laut.

Kepala Desa Batukaras Hadi Somantri mengatakan, dampak air pasang memang menyebabkan pasir pantai mengalami abrasi. Sedemikian rupa sehingga pasir yang mengubur karang terkikis dan bebatuan karang naik ke permukaan.

“Biasanya setiap tahun abrasi akibat air pasang setiap tahun,” kata Hadi kepada DetikJabar. Sabtu (17/12/2022).

Menurutnya, selain abrasi oleh air laut, karung pasir yang berserakan membuat sebagian pantai Batukaras tidak sedap dipandang. “Biasanya langsung dibersihkan, karena bisa sangat mempengaruhi kenyamanan,” ujarnya.

Meski begitu, kata Hadi, jika air pasang kembali normal, maka karang yang muncul akan kembali tertimbun. “Karang harus dikubur lagi dan aman untuk berenang. Tapi harus ekstra hati-hati,” katanya.

Hadi mengatakan Pantai Batukaras di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran merupakan pantai yang aman untuk berenang, tak terkecuali selancar. “Itu tempat terbaik untuk surfing. Bahkan sekarang turis asing sudah mulai datang ke sini,” katanya.

Sementara itu, seorang turis asal Cimahi Rohman Hikmat (47) mengatakan banyak perubahan saat melihat pantai Batukaras beberapa tahun lalu. “Saya terakhir datang ke sini untuk liburan akhir pekan tahun 2019. Sejak Covid-19, baru kali ini saya ke Batukaras,” ujarnya.

Dikatakannya, abrasi yang terjadi di pantai Batukaras sedikit mengubah wajah pantai. “Ya ada sedikit perbedaan. Jarak antara pasir dan laut sekarang lebih dekat ke pantai,” ujarnya.

Menurutnya, jarak antara pasir yang biasa digunakan untuk membuka gulungan tikar bertambah seiring dengan ombak. “Biasanya agak jauh dari air laut, sekarang karena air pasang jadi dekat ke pantai,” ujarnya.

Simak video “Sembilan Rumah di Lumajang Terendam Akibat Abrasi Pantai”
[Gambas:Video 20detik]
(tei/tei)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button