Tempat Wisata

Figure Peak, sebuah properti wisata alam dengan panorama sunset yang mempesona di Bantul, Jogja

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 15.00-24.00 WIB, Alamat: Jambon, Desa Bawuran, Kec. Pleret, Kab.Bantul, DI Yogyakarta.; map: pemeriksaan situs

Jogja tidak hanya terkenal dengan wisata alam berupa pegunungan dan pantai, tetapi juga memiliki kawasan perbukitan yang tidak kalah indahnya. Contohnya adalah Puncak Angka di Bantul yang belakangan ini terkenal. Spot foto yang unik dan menarik menjadi salah satu alasan mengapa saat ini banyak yang membagikan panorama alam yang dimiliki bukit ini. Selain itu, tempat wisata di Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul ramai tidak hanya pada hari libur, tetapi juga ramai dikunjungi pada hari-hari aktif.

Wisata alam memang tidak pernah membosankan, pemandangan alam yang khas dan suasana yang asri menjadi alasan tersendiri. Bagi yang suka tantangan, berkunjung ke Puncak Sosok bisa menjadi alternatif utama. Apalagi jika jarak dari pusat kota tidak terlalu jauh, koneksi jalan juga cukup baik untuk kendaraan roda dua dan empat. Drive pemandangan tidak pernah membosankan, terutama ketika Anda tiba di lokasi pemotretan.

Kawasan ini menjadi favorit sebagian besar remaja yang ada di media sosial. Bagaimana tidak, kebanyakan dari mereka bertujuan untuk mengabadikan momen dengan spot-spot unggulan yang ada. Jaraknya kurang lebih 15 km dari Malioboro yang dapat ditempuh dalam waktu 45 menit berkendara. Bagi yang ingin menikmati udara segar dengan embun, silahkan datang di pagi hari. Jika ingin menikmati keindahan Puncak Angkas di malam hari juga bisa karena banyak lampu dan dekorasi unik yang siap menemani malam Anda.

Daya tarik sosok puncak

Daya tarik tertinggi dari karakter BantulKredit foto: Google Maps Sastro Gowes

Setiap objek wisata pasti memiliki daya tarik yang menarik wisatawan, hal ini terjadi. Daya tarik Puncak Angka tak jauh berbeda dengan tempat wisata lain yang menawarkan panorama alam. Tentu ada perbedaan kecil yang menarik banyak pengunjung setiap harinya.

1. Anggaran Perjalanan

Bagi para remaja, traveling tanpa banyak uang bisa menjadi tujuan utama. Secara umum tempat wisata alam tidak akan menguras kantong, begitu juga dengan kunjungan ke Puncak Angka. Tidak hanya dari tiket masuknya saja, tetapi juga dari fasilitas seperti warung atau restoran yang cukup murah dengan harga yang terjangkau. Murah bukan berarti murahan, tentunya kamu bisa menikmati makanan khas Jawa Tengah khususnya Jogjakarta dengan cita rasa yang nikmat.

2. Panorama alam

Daya tarik wisata alam tentu saja panoramanya yang indah. Mirip dengan Bantul, Anda bisa melihat keindahan alam perbukitan yang unik di siang hari dan merasakan keindahan dekorasi yang diterangi lampu di malam hari. Perbukitan hijau terlihat jelas dari jauh, yang sayang untuk dilewatkan.

3. Suasana yang menyenangkan dan udara yang segar

Bukit ini penuh dengan pepohonan hijau yang membuatnya asri dan memberikan udara segar. Bagi Anda yang tinggal di perkotaan, suasana seperti itu pasti langka. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri, dimana setiap pengunjung berhak menikmati udara segar dan pemandangan alam yang hijau. Suasana dan keindahan yang dihadirkan sangat cocok sebagai media penyegaran setelah lelah beraktivitas sehari-hari.

Alamat lokasi dan rute

Alamat puncak tokoh BantulKredit foto: Google Maps zulistya adi

Mencari lokasi Puncak Angka tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengingat alamat lengkapnya di Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul, DI Yogyakarta. Seperti yang sudah disebutkan, lokasinya tidak jauh dari Malioboro. Artinya konektivitas jalan cukup baik dengan berbagai rute yang bisa ditempuh.

Silakan mengambil tujuan Jalan Imogiri Timur sebagai awal pertama jika Anda ingin berkendara ke tujuan. Dari sana, silakan terus lurus ke depan sampai Anda menemukan sebuah persimpangan jalan. Ambil arah timur atau belok kiri, terus lurus hingga menemukan Jl. Pleret. Dari sini lokasi sudah dekat, silahkan belok kiri dan lanjutkan berkendara.

Sesampainya di Jembatan Segoroyoso, silahkan lurus beberapa menit hingga menemukan pertigaan. Silakan belok kiri yang mengarah ke Jl. Bawuran, di sini Anda mencapai klimaks dari hit ini. Silahkan parkir kendaraan dan langsung menuju tempat wisata.

Biaya masuk

Tiket Puncak Tokoh BantulKredit foto: Google Maps riski ade setiyo

Dengan segala atraksi yang diberikan, ternyata Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Manajer memberi Anda kelonggaran dengan membebankan biaya sukarela. Untuk parkir Anda hanya perlu membayar 5.000 rupiah untuk mobil dan 2.000 rupiah untuk sepeda motor. Tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke sini setiap hari.

Kawasan wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional dari pagi hingga sore hari. Silakan pilih kapan di antara waktu-waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk berkunjung. Bagi yang menginginkan pemandangan alam perbukitan yang hijau, silahkan datang pada pagi atau sore hari. Jika ingin suasana sejuk di malam hari, Anda bisa datang dari sore hari.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Puncak aktivitas tokoh BantulKredit foto: Google Maps arif riyanto

Puncak figur tersebut diresmikan pada tahun 2018, sebelumnya hanya lokasi perbukitan yang mengelilingi rumah warna. Karena banyak orang yang datang ke sini untuk menikmati suasana alam dan alasan yang bagus untuk mengikuti bersepeda, penduduk lokal bergotong royong membangun fasilitas di sekitarnya.

Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan, suasana yang menyenangkan akan semakin mendukung Anda dalam beraktifitas apapun di lokasi. Selain itu, udaranya yang sejuk menghilangkan bau kendaraan dan polusi pabrik. Setiap pengunjung memiliki aktivitas utama masing-masing, jika Anda belum memiliki gambaran aktivitas menarik, berikut adalah daftar yang bisa dipilih!

1. Berburu spot foto

Pegiat media sosial pasti akan diuntungkan dengan pemandangan indah di setiap lokasi. Sifat khas perbukitan dan pepohonan hijau di sekelilingnya menciptakan latar belakang yang bagus untuk foto. Di beberapa tempat terdapat tempat-tempat khusus yang dibangun warga untuk kegiatan ini. Salah satunya adalah jembatan kayu dengan bentuk yang sederhana namun unik. Bisa dibilang, ada juga titik yang pemandangannya tak kalah indah dengan area di bawahnya.

Anda bisa menikmati pemandangan ini di siang hari atau di malam hari. Ada juga background yang tidak bisa ditemukan di tempat lain, yaitu berupa pegunungan pasir. Bukan gundukan pasir sungguhan tentunya, melainkan tempat TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang terlihat seperti tumpukan pasir dari kejauhan. Jika hanya bisa berkunjung pada sore hari, spot foto yang tak kalah menariknya adalah rumah-rumah padat penduduk di Jogja dengan lampu hias dari jauh.

2. Menikmati keindahan sunset

Siapa yang tidak ingin menikmati panorama alam matahari terbenam. Anda bisa merasakan keindahannya bersama rombongan dari Puncak Angka. Untuk mendapatkan tampilan yang sempurna, Anda perlu mengambil tempat yang tepat. Salah satunya adalah jembatan kayu yang dibangun untuk tujuan ini.

Banyak juga pengunjung yang ingin menikmatinya, jadi jangan sampai terlambat agar tidak kehabisan tempat. Matahari, perlahan mundur dari pandangan, memang indah. Kehangatannya lambat laun membuat tubuh langsung dingin. Sinar cahaya sepertinya tidak bisa mengucapkan selamat tinggal dan digantikan oleh cahaya bulan. Keindahannya seakan tergantikan oleh kelap-kelip lampu di lokasi serta bintang-bintang dengan sedikit kelap-kelip.

3. Nikmati hiburan musik

Puncak sosok itu tidak pernah sepi pengunjung, juga tidak sepi dari suara-suara bahagia. Selain suara alam yang terdengar di kejauhan sepanjang perjalanan, ada juga pertunjukan seni yang dibawakan oleh beberapa band musik lokal. Untuk menikmati hiburan ini sebaiknya anda datang di akhir minggu meskipun cuaca sedang cerah.

Menariknya, lokasi panggung dengan latar belakang rumah penduduk setempat sangat indah. Dari kejauhan, lampu depannya terlihat seperti lilin kecil. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengabadikan momen sambil bernyanyi untuk menghibur diri. Jika beruntung, Anda dapat meminta lagu favorit Anda atau menyumbangkan lagu juga jika diperlukan.

4. Berburu Kuliner

nilai puncakKredit foto: Google Maps Nona Henri

Belum lengkap rasanya jika belum mencari kuliner saat berkunjung ke Puncak Angka Bantul. Selain itu, Anda bisa menemukan banyak hidangan lezat khas Jawa Tengah, khususnya Jogja. Dari makanan ringan hingga berat, Anda dapat dengan mudah menemukannya. Minuman juga tersedia, kopi panas dan teh siap menghangatkan tubuh dari dinginnya malam.

Beberapa warung yang terbuat dari bambu dan kayu semi kaku dengan dekorasi cantik akan membuat Anda betah berlama-lama. Uniknya, bangunan ruko tersebut hanya digunakan untuk pemesanan dan pemesanan. Karena tempat duduk dan meja berada di luar ruangan yang membuat suasana semakin menyenangkan. Jadi Anda tidak melupakan apa pun bahkan di lokasi wisata.

5. Aktivitas Menurun

Sebelum dijadikan objek wisata, tempat ini berfungsi sebagai tracking olahraga ekstrim. Kegiatan tersebut masih bisa dilakukan hingga saat ini, bahkan ada yang memiliki tujuan utama mengendarai sepeda downhill, tanjakan, dan downhill. Jalurnya cukup menantang, ada juga jalur aman yang bisa dilalui untuk pemula.

Sangat menarik ketika Anda bisa melakukan olahraga yang memacu adrenalin sambil menikmati pemandangan di sekitar Anda. Sesampainya di Puncak Angka, Anda bisa bersantai sambil menikmati hidangan dari warung yang ada di lokasi. Jika tidak, silakan duduk di toko dan nikmati suasana asri yang juga menjadi alternatif.

6. Nonton film bersama

Selain live music dari band lokal, tempat wisata cantik ini juga menawarkan kesempatan untuk nonton bareng. Lokasinya ada di depan stand, lebih tepatnya di sebelah lokasi stand. Jangan khawatir kehabisan tempat duduk, tempatnya luas dan bisa duduk di lantai sambil menggelar tikar.

Anda dapat menggunakan fasilitas ini secara gratis tanpa membayar biaya tambahan apapun. Namun akan lebih baik jika Anda mengeluarkan sedikit uang untuk membeli makanan untuk dinikmati sambil menonton film. Film yang diputar bergantung pada pengelola, jadi Anda tidak dapat memintanya dalam kasus ini.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas Puncak Tokoh BantulKredit foto: Google Maps anto gaplek

Pengelolaan yang baik oleh warga dan pemuda Karang Taruna membuat Puncak Angka memiliki banyak fasilitas. Di bawah ini terdapat toilet, tempat sampah, mushola dan tentunya tempat parkir yang luas dan aman.

Selain itu, ada juga pilihan hiburan lainnya seperti yang sudah disebutkan di atas. Semua fasilitas bisa dinikmati secara gratis, ada yang dikenakan biaya namun tentunya tidak semahal itu.

Puncak tokoh Bantul ini memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh tempat wisata lainnya. Bukan hanya keindahan alamnya, tapi juga keunikan konsep lokasi wisatanya. Apalagi jika Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengunjungi lokasi tersebut. Saat berkunjung ke lokasi pastikan dalam kondisi fisik yang prima, siapkan juga kamera high-definition agar momen liburan bisa Anda abaikan semaksimal mungkin.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button