Berita Wisata

Imigrasi memfasilitasi pembuatan paspor untuk CJH di pantai barat daya Aceh

Meulaboh (ANTARA) – Kantor Imigrasi Kelas II Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Meulaboh, Aceh Barat berupaya memfasilitasi pengurusan paspor bagi calon jemaah haji (JCH), dengan mengunjungi calon jemaah haji di setiap kabupaten/kota wilayah Pantai Barat Daya Aceh.

“Komitmen ini kami buat untuk memudahkan jamaah yang sudah lanjut usia atau lanjut usia,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Meulaboh Azhar kepada ANTARA, Sabtu.

Ia mengatakan, ikrar tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian Kantor Imigrasi Meulaboh, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya calon Penyelenggara Haji (JCH) tahun 2023.

Azhar menyebut proses pembuatan paspor dengan cara “jemput bola” akan dimulai awal Januari 2023.

Daerah yang akan dikunjungi langsung antara lain Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Simeulue Aceh.

Kemudian Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam.

Azhar menjelaskan, proses pembuatan paspor kabupaten/kota di kawasan Pantai Barat Daya Aceh juga bertujuan untuk menekan biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap calon jamaah haji.

“Karena jika jemaah harus menempuh perjalanan ke Meulaboh, biaya yang dikeluarkan akan sangat besar. Selain jarak tempuh yang mencapai sembilan hingga 10 jam, jemaah harus menginap satu malam,” ujar Azhar.

Belum lagi kondisi jemaah yang sudah lanjut usia atau lanjut usia, tentu akan sangat menguras tenaga dan biaya.

“Dengan demikian, Imigrasi Meulaboh ingin memberikan kemudahan bagi Jemaah Calon Haji (JCH) yang ingin mengurus pembuatan paspor tanpa harus datang ke kantor di Tanah Suci,” kata Azhar.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button