Berita Wisata

Liburan di Wisata Alam Cireong Ciamis, Berikut Harga Tiket dan Fasilitasnya

Bagus

Libur Natal dan Tahun Baru 2023 di depan mata. Jika warga dari luar daerah akan mudik atau berlibur di Kabupaten Ciamis, Wisata Alam Cireong bisa menjadi pilihan yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

Obyek wisata ini terletak di Dusun Cireong, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis. Letaknya tak jauh dari kaki Gunung Sawal.

Tempat wisata ini merupakan aliran Sungai Cireong dengan air yang jernih, sumbernya langsung dari sumber Gunung Sawal. Di sekitar tempat wisata ini terdapat pepohonan hijau dan rindang yang menambah kesegaran udara khas pegunungan.

Pengunjung bisa merasakan sensasi dinginnya air pegunungan dengan mandi, berenang atau sekedar berendam di Sungai Cireong. Usai bermain di air, pengunjung tidak perlu khawatir untuk berganti pakaian, karena tersedia fasilitas pembilasan yang aman.

Wisata Alam Cireong sangat cocok dijadikan tempat penyembuhan yang ampuh. Dengan suara gemericik air sungai, pikiran bisa rileks. Obyek wisata ini biasa dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara seperti Tasikmalaya pada akhir pekan.

Rute, harga tiket dan fasilitas wisata alam Cireong

Wisata Alam Cireong terletak sekitar 5 kilometer dari Jalan Nasional Sindangkasih tepatnya. Pintu masuknya ada di seberang Indomaret Margaluyu Cikoneng. Atau sekitar 30 kilometer dari pusat kota Ciamis.

Sayangnya belum ada angkutan umum yang langsung menuju ke lokasi, sehingga pengunjung hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi. Jika tidak memiliki kendaraan, Anda bisa menggunakan jasa tukang ojek yang berada di pinggir jalan nasional setelah naik angkutan umum.

Pengunjung tidak akan kesulitan menemukan objek wisata ini, karena di setiap persimpangan terdapat rambu-rambu jalan. Kondisi jalan cukup bagus, bisa menggunakan sepeda motor atau minibus.

Wisata Alam Cireong dibuka pada hari Senin hingga Kamis mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Sedangkan Sabtu dan Minggu mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Wisata alam Cireong di Kabupaten Ciamis.Wisata alam Cireong di Kabupaten Ciamis. Foto: Dadang Hermansiah

Tempat wisata ini cukup murah, harga tiketnya hanya Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk parkir motor dikenakan biaya Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Tersedia juga fasilitas seperti mushola, parkir yang luas, flushing area dan toilet.

Bagi pecinta kuliner, di sekitar area berenang di sungai ini terdapat beberapa warung yang menawarkan paket nasi liwet. Harga paket nasi liwet berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 150.000 tergantung menu untuk 5-6 orang. Atau sekedar untuk membeli jajanan dan jajanan lainnya. Ada juga gazebo untuk istirahat, menyimpan barang bawaan dan makan.

Bagi pengunjung yang tidak ingin berenang atau berbasah-basahan di arus Sungai Cireong. Di objek wisata ini juga terdapat kolam renang yang airnya langsung berasal dari gunung. Namun, untuk masuk ke kolam ini Anda perlu membeli tiket tambahan sebesar Rp 10.000. Ada juga kolam renang lain dengan tiket Rp 5.000.

Pengelola unit wisata BUMDes Sukaresik Asep Dadang atau Abah Cireong mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan untuk menyambut wisatawan saat liburan Natal dan Tahun Baru.

“Kami antisipasi jalan dan jalur masuknya sudah kami siapkan. Kemungkinan tahun ini wisatawan lebih banyak dari tahun lalu. Kini peningkatan kebangkitan pariwisata di Cireong sudah mulai terasa, terutama di akhir pekan,” kata Dadang saat ditemui, Sabtu (17/12/2022).

Wisata alam Cireong di Kabupaten Ciamis.Wisata alam Cireong di Kabupaten Ciamis. Foto: Dadang Hermansiah

Dadang mengatakan keunggulan wisata alam di Cireong adalah pengunjung bisa merasakan sensasi berenang di sungai. Air yang mengalir datang langsung dari pegunungan.

“Rasanya dinginnya air pegunungan bisa dirasakan di sini. Insya Allah Sungai Cireong aman. Harapannya dengan promosi dan promosi dari mulut ke mulut, wisata Cireong kembali ramai setelah terdampak pandemi,” ujarnya. .

Sementara itu, Direktur Cireong Natural View Krismanto mengatakan untuk meningkatkan kunjungan akhir tahun, pihaknya akan memanfaatkan media sosial. Di Cireong Natural View, terdapat dua kolam renang. Untuk anak-anak dengan kedalaman 40 hingga 80 sentimeter. Sedangkan untuk orang dewasa 120-150 sentimeter.

“Fasilitas di sini ada nasi liwet, kafe, karaoke. Kami juga tidak melarang pengunjung untuk berenang di sungai, jadi kami membuka akses. Air di kolam mengalir langsung dari gunung. Tiket masuk Rp 10.000 bagi yang berenang dan Rp 5.000 bagi yang tidak bisa berenang,” pungkasnya.

Wisata alam Cireong di Kabupaten Ciamis.Wisata alam Cireong di Kabupaten Ciamis. Foto: Dadang Hermansiah

(tei/tei)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button