Berita Wisata

21 Desember Fenomena Solstice, Mustahil Keluar Malam?

Jakarta, CNBC Indonesia – Disiarkan secara luas di TikTok sebuah video yang mengimbau warga untuk tidak keluar rumah pada malam tanggal 21 Desember karena fenomena Solstice.

“No release on the night of December 21, 2022”, tulis akun @hendrikecee dalam videonya, dikutip Minggu (18/12/2022).

Apa itu fenomena Solstice dan apakah benar-benar disarankan untuk tidak meninggalkan rumah?

Para ahli membantah klaim video tersebut dan menjelaskan bahwa fenomena titik balik matahari terjadi setiap tahun.

PUBLISITAS

Gulir untuk melanjutkan konten

Solstice Desember atau Solstice Selatan adalah fenomena ketika posisi Matahari berada di titik paling selatan menuju ekuator langit ketika diamati oleh pengamat di permukaan bumi. Mengutip Franklin Institute, fenomena titik balik matahari terjadi dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Juni dan Desember.

Ini menandai awal musim dingin atau awal musim panas. Fenomena ini disebut titik balik matahari karena para astronom kuno memperhatikan bahwa matahari tampak diam saat ini.

Titik balik matahari atau titik balik matahari sendiri secara harfiah berasal dari kata latin ‘sol’ yang berarti ‘matahari’ dan ‘sistere’ yang berarti ‘berhenti’. Saat ini terjadi, matahari berada pada titik tertinggi atau terendahnya di langit selama setahun.

Untuk titik balik matahari Desember, fenomena ini menandai hari terpendek dalam setahun. Dengan kata lain, matahari hanya bersinar sangat singkat pada hari itu.

Festival titik balik matahari

Sejumlah negara yang mengalami empat musim memiliki sejumlah tradisi merayakan sostis setiap tahunnya. Kota tepi laut Brighton di Inggris menandai hari terpendek dalam setahun dengan festival Burning The Clocks. Festival ini ditandai dengan parade lampion kertas dalam berbagai bentuk.

Setelah diarak keliling kota, lampion akan dibawa ke pantai kemudian dibakar di api unggun yang menyala-nyala, dilanjutkan dengan pertunjukan kembang api yang spektakuler. Festival ini telah ada selama lebih dari 20 tahun.

Setiap tahun, Burning The Clock berlangsung pada tanggal 21 Desember.

[Gambas:Video CNBC]

artikel berikutnya

Heboh Matahari Terbit dari Barat, Berikut Penjelasan Lengkap dari NASA

(hsy/hsy)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button