Berita Wisata

Lagi! Korea Utara menembakkan rudal balistik ke pantai timur Korea Selatan

Korea Utara kembali menembakkan rudal balistik ke laut lepas pantai timur Korea Selatan. Kali ini rudal yang ditembakkan ada dua.

dilaporkan dari Reuters, militer Korea Selatan melaporkan bahwa tembakan rudal ditembakkan pada Minggu (18/12/2022). Untungnya, menurut pernyataan Wakil Menteri Pertahanan Jepang Toshiro Ino, rudal tersebut mendarat di luar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) negara tersebut.

dilaporkan dari ReutersPeluncuran rudal itu terjadi beberapa hari setelah Korea Utara melakukan uji coba mesin berbahan bakar padat berdaya dorong tinggi. Uji coba berlangsung di Sohae Satellite Launching Ground pada Kamis (15/12/2022) dan diawasi langsung oleh Presiden Kim Jong Un.

Para pengamat mengatakan uji coba mesin berbahan bakar padat berdaya dorong tinggi itu adalah upaya Korea Utara untuk mengembangkan misil dan senjata nuklirnya. Selain itu, pengamat juga menilai bahwa tes tersebut memungkinkan Korea Utara untuk menembakkan rudal balistiknya dengan kecepatan yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Korea Utara Perkuat Pasukannya Dengan Tugas Baru Untuk Prajurit Garis Depan

1. Korea Utara melakukan beberapa uji coba rudal

Karya seni rudal (Unsplash/Eirc Shi)Karya seni rudal (Unsplash/Eirc Shi)

Dalam beberapa bulan terakhir di penghujung tahun 2022, Korea Utara disebut telah beberapa kali melakukan uji coba rudal. Pada 2 November, Korea Utara juga melakukan uji coba rudal balistik. Saat itu, negara itu menembakkan sedikitnya 23 rudal, salah satunya mendarat di lepas pantai Korea Selatan.

Selain itu, pada 3 November, Korea Utara juga menembakkan rudal lainnya. dilaporkan dari DI ANTARAmenurut informasi dari Penjaga Pantai Jepang, rudal tersebut mendarat di Samudera Pasifik.

2. Korea Selatan, Amerika dan Jepang mengutuk uji coba rudal Korea Utara

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida (Instagram/@fumio_kishida)Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida (Instagram/@fumio_kishida)

Korea Selatan dan Amerika telah mengkritik uji coba rudal Korea Utara yang sering dilakukan. Kedua negara memandang uji coba rudal Korea Utara November lalu sebagai tindakan yang memalukan dan tidak bermoral.

Pasalnya, Korea Utara kerap menembakkan rudal dalam jumlah besar. Hal ini tentu berbahaya bagi negara-negara di sekitarnya.

BACA JUGA: Korea Utara dan Indonesia: Kawan atau Lawan?

Selain itu, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida juga mengatakan bahwa uji coba rudal Korea Utara yang berkelanjutan adalah tindakan yang tidak dapat dimaafkan.

“Peluncuran rudal Korea Utara yang terus menerus terlarang dan sama sekali tidak dapat dimaafkan,” kata Kishida. DW.

Uji coba rudal Korea Utara yang sedang berlangsung adalah bentuk tanggapan terhadap Korea Selatan dan Amerika. Pasalnya, belakangan ini kedua negara dikabarkan sering melakukan latihan militer bersama.

Dilaporkan dari DWHal ini membuat Korea Utara merasa terancam, sehingga negara tersebut membalasnya dengan melakukan uji coba rudal.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button