Berita Wisata

Gua Luweng Dawung, destinasi wisata desa yang dipetakan oleh ITS menggunakan GIS

Jakarta

Pacitan, Jawa Timur dikenal sebagai kota seribu goa. Tahukah detikers ada Gua Luweng Dawung yang tak kalah seru untuk dijelajahi?

Goa Luweng Dawung merupakan goa vertikal yang memiliki sungai bawah tanah. Gua ini memiliki ketinggian sekitar 20m dari lubang gua dan kedalaman 250m.

Di sepanjang aliran sungai yang jernih di gua ini, pengunjung dapat melihat stalaktit dan stalagmit yang menyembul dari atap dan dasar gua.

Stalaktit di Gua Luweng Dawung.Stalaktit di Gua Luweng Dawung. Foto: dok. Desa Sekkar

“Meskipun termasuk wisata alam ekstrim, namun wisatawan akan merasakan keunikan keindahan alam gua karst,” ujar Dr Ayi Syaeful Bahri SSi, MT, ketua tim peneliti Departemen Teknik Geofisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dikutip di website kampus, Senin (19/12/2022).

Tim peneliti ITS awalnya tergerak untuk melakukan penelitian di kawasan Desa Sekar, Kabupaten Pacitan, karena potensi wisata daerah tersebut belum banyak dikenal dan kurang promosi, padahal letaknya strategis. Salah satu tujuan wisata terdekat adalah Gua Luweng Dawung.

Mereka kemudian memetakan potensi wisata desa yang ada di kawasan Desa Sekar dengan situs berbasis Geographic Information System (GIS), diantaranya Gua Luweng Dawung.

Gua Luweng Dawung sendiri terletak di sebelah selatan Desa Sekar, Pacitan, tepatnya di Dusun Sobo. Gua ini berada di tengah perkebunan warga, seperti dikutip dari website Desa Sekar, Kabupaten Pacitan.

Syaiful mengatakan pemetaan dengan situs berbasis GIS ini bertujuan agar data geospasial dan data geografis tempat wisata di desa Sekar dapat diakses dan disebarluaskan melalui internet.

“Situs berbasis GIS ini merupakan pengembangan dari GIS yang selama ini sering kita gunakan untuk pemetaan,” ujarnya.

Dijelaskannya, penggunaan SIG di lokasi memiliki kelebihan berupa informasi real-time yang dapat diakses pengguna jika terhubung dengan GPS masing-masing.

“Dalam hal desa wisata, pengunjung selanjutnya dapat memperkirakan tujuan dan durasi wisata yang ingin ditempuh melalui situs ini,” ujar Dosen Teknik Geofisika ITS ini.

Simak Videonya “Desa Wisata Hanjeli Memukau Sandiaga Uno”
[Gambas:Video 20detik]
(dua / faz)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button