Tempat Wisata

Pantai Pasir Putih, Destinasi Pantai Eksotis di Lampung Selatan

Pantai pasir putih salah satu wisata pantai yang eksotis di lampu Selatan. Wisata laut yang menawarkan pesona bawah laut dan pemandangan alam yang indah sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan.

harga tiket: Rp20.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Rangai Tri Tunggal, Kec. Katibung, Kab.Lampung Selatan, Lampung; map: Cek lokasi

Pantai Pasir Putih Lampung terkenal dengan pesona baharinya yang memikat. Menawarkan pemandangan eksotis seperti lukisan yang membuat pantai ini layak untuk dikunjungi. Selain itu, udara di sini cukup sejuk dan segar.

Tidak berlebihan jika disebut sebagai salah satu objek wisata ikonik Kepulauan Sumatera. Seperti namanya, daya tarik utama sebenarnya adalah pasir putih, bersih dan halus. Meski ramai pengunjung, kawasan sekitarnya masih terbilang terawat dengan baik.

Mengakses situs ini juga cukup mudah. Anda dapat memilih melalui darat atau laut. Jangan khawatir karena semua yang Anda butuhkan sudah terpenuhi termasuk akomodasi, mushola, kamar mandi dan fasilitas pendukung lainnya.

Daya Tarik Pantai Pasir Putih

Tempat wisata pantai pasir putihSumber gambar: Facebook Indonesia Kaya

1. Pemandangan eksotis seperti lukisan

Anda akan dihadapkan pada pemandangan yang mempesona seperti dalam lukisan. Deretan pohon kelapa berdiri kokoh di atas butiran pasir putih yang halus. Airnya jernih sehingga Anda bisa melihat dasar laut. Selain itu, warna airnya terlihat hijau kebiruan.

Pesona Pantai Pasir Putih dibulatkan oleh pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Anda bisa melihat nuansa hijau dari kejauhan. Semua keindahan akan bersinar sempurna saat matahari terbenam. Pastikan Anda tidak melewatkan apa pun matahari terbenam.

2. Udara sejuk dan segar untuk bersantai

Tidak hanya menawarkan keindahan visual, suasana di sini sangat kondusif untuk berwisata. Udaranya sejuk dan segar, rasanya bisa mengisi ulang baterai setelah lelah beraktivitas seharian. Lingkungan indah dan terawat dengan baik.

Angin sepoi-sepoi ditemani daun kelapa bertindak seperti lagu alam. Dimanjakan oleh suara deburan ombak yang menghantam tebing dan menyapu pantai. Ada juga pohon ketapang dan waru yang memberikan keteduhan. Tentu saja kombinasi ini memiliki efek menenangkan.

3. Ombak Ramah

Letak geografis pantai ini berhasil menciptakan ombak yang bersahabat. Pantai pasir putih ini dikelilingi oleh pulau-pulau lain, yang mengurangi intensitas aksi gelombang. Dengan kata lain, kawasan perairan ini cukup aman bagi Anda yang ingin mencoba berbagai aktivitas seru.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Pasir Putih

Alamat Pantai Pasir Putih LampungKredit Foto: Google Maps Azwar Ramlan

Pantai ini agak jauh dari pusat kota Bandar Lampung, panjangnya sekitar 23 km dan memakan waktu sekitar 1 jam. Tepatnya di Rangai Tri Tunggal, Katibung, Kabupaten Lampung Selatan.

Jalur darat bisa dimulai dari Jalan Pajajaran. Lurus sejauh 1 km lalu belok kanan ke Jalan Urip Sumoharjo. Setelah 3 km Anda akan menemukan persimpangan jalan. Ambil jalur kiri menuju Jalan Soekarno Hatta dan terus berjalan hingga mencapai Jalan Trans Sumatera.

Sekitar 18 km dari Jalan Trans Sumatera, Pantai Pasir Putih berada tepat di sisi kanan jalan. Tidak sulit untuk menemukannya. Selain menggunakan aplikasi Directions, Anda dapat bertanya kepada penduduk setempat jika Anda memiliki masalah.

Di sisi lain, jika Anda tertarik menggunakan jalur laut, setidaknya Anda harus menyewa perahu cepat Pertama. Biaya rata-rata satu kendaraan adalah Rp 200.000.

Biasanya memakan waktu sekitar 40 menit. Gerbang perbatasan yang menghubungkan destinasi wisata melintasi kawasan Panjang dan Tarahan. Perjalanan laut ini cukup menantang.

Pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000 untuk menikmati pesona pantai ini. Biaya tersebut sudah termasuk sewa tempat parkir, jadi pastikan Anda tidak membayar lagi.

Ini relatif mahal dibandingkan dengan wisata sejenis lainnya. Namun, itu pasti sepadan dengan manfaat yang ditawarkannya. Jika ingin mendapatkan tarif yang lebih murah, sebaiknya berkunjung dengan rombongan menggunakan bus atau mobil.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pasir Putih

Aktivitas di Pantai Pasir PutihSumber gambar: Twitter berita indonesia

1. Ngobrol dengan penduduk setempat

Tampaknya agak aneh untuk aktivitas laut, tetapi patut dicoba. Selain bermain air, Anda juga bisa belajar lebih banyak tentang budaya di daerah tersebut. Direkomendasikan bagi Anda yang tertarik untuk merasakan gaya hidup masyarakat pesisir nusantara.

Jangan ragu untuk menyapa karena penduduk setempat sudah terbiasa dengan kehadiran wisatawan lokal dan asing. Jika Anda beruntung, Anda mungkin bisa mengikuti para nelayan dalam perjalanan memancing.

2. Berjalan-jalan di sepanjang pantai

Sayang sekali jika Anda melewatkan kegiatan yang satu ini. Berjalan menyusuri pantai yang eksotis, Anda bisa mencari kerang kecil dan merasakan kelembutan struktur pasirnya. Bosan berjalan-jalan, Anda juga bisa mencoba membangun istana pasir.

Namun, jika Anda tidak ingin tangan Anda kotor dan melepas sepatu, tidak ada salahnya Anda hanya berkeliling untuk menikmati setiap detail pemandangan. Lingkungan yang asri dan terawat disertai dengan udara yang sejuk dan segar merupakan kombinasi sempurna untuk relaksasi.

3. Berburu suvenir

Objek wisata yang sering dijadikan sarana peningkatan perekonomian masyarakat, seperti Pantai Pasir Putih Lampung. Tak heran, banyak pernak-pernik cantik khas Lampung bisa ditemukan di sini. Aneka cinderamata siap dijadikan sebagai oleh-oleh dan dibagikan kepada orang-orang terkasih.

4. Melihat keindahan dunia bawah laut

Tak hanya pesona yang langsung terlihat, tempat ini juga mampu memikat hati para pengunjung dengan keindahan bawah lautnya. Anda bisa memanfaatkan momen berenang dan menyelam untuk mengamati kehidupan berbagai jenis biota laut. Meski demikian, suasananya masih terjaga dan terjaga. Dijamin tidak mengecewakan.

5. Menjelajahi perairan dan pulau-pulau di sekitarnya

Sebuah kendaraan telah disediakan bagi Anda yang ingin merasakan seperti sedang menjelajahi lautan. Biasanya kendaraan yang digunakan adalah sampan atau perahu motor. Menariknya, perahu motor ini sering memiliki kaca di bagian bawah sehingga Anda bisa melihat keindahan bawah laut.

Setelah mengitari perairan pantai, Anda bisa mencoba mengunjungi pulau-pulau terdekat. Sebut saja Pulau Bule dan Pulau Condong yang tak kalah menawan. Anda hanya perlu merogoh kocek hingga Rp 250.000 untuk menyewa perahu.

Kedua pulau ini menyuguhkan pesona yang berbeda. Saat Anda berada di Pulau Bule Anda akan dibuat takjub dengan keanekaragaman ikan hias dan terumbu karangnya. Anda bisa menemukan banyak keramba milik nelayan di Pulau Condong.

6. Bermain bola voli atau sepak bola

Pantai berpasir di pantai ini cukup luas. Setidaknya cukup untuk dijadikan arena bermain bola voli atau sepak bola. Olahraga yang menyenangkan untuk bersenang-senang bersama teman atau keluarga.

Namun, Anda harus menyiapkan peralatan sendiri karena pengelola tidak menyediakannya. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lain.

7. Berjemur sampai menunggu matahari terbenam

Pergi ke pantai tanpa berjemur rasanya kurang lengkap. Anda bisa menggunakan persewaan tikar jika tidak merasa nyaman di atas pasir. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah mengubur separuh tubuh Anda di tumpukan pasir.

Tidak berhenti sampai di situ, cobalah bertahan di lokasi hingga sore hari agar bisa menonton matahari terbenam. Panorama sunset di Pantai Pasir Putih berpotensi membuat Anda terpaku.

Akomodasi hemat terdekat ke Pantai Pasir Putih

1. ReedDoorz

Penginapan ini menawarkan pemandangan laut lepas, yang dapat Anda lihat dari jendela kamar tidur. Harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan kualitas pelayanannya. Seperti namanya, desain eksteriornya didominasi warna merah. Perjalanan menuju pantai dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 menit dengan kendaraan bermotor.

2. Hotel Mutiara

Nyaman, bersih dan rapi, tiga itu bisa menggambarkan deskripsi hotel ini. Kualitas air cukup baik. Parkir luas, suasana disekitarnya juga asik. Cocok sebagai akomodasi untuk rombongan.

3. Pensiun Bilqis 2 Syariah

Tempatnya luas dan nyaman, aman dari kebisingan. Cocok untuk anda yang menyukai ketenangan. Ada TV di setiap kamar. Hanya membutuhkan waktu sekitar 7 menit berkendara ke pantai.

Fasilitas di Pantai Pasir Putih Lampung

Fasilitas Pantai Pasir Putih LampungSumber gambar: Twitter Sutanto Mulawadi

Fasilitas dasar yang disediakan pengelola antara lain toilet, mushola, tempat parkir, kantin dan sejenisnya. Layaknya sebuah objek wisata, fasilitas seperti itu harus ada. Anda tidak perlu khawatir tentang masalah apapun saat Anda berada di sini. Ada juga toko yang menjual berbagai suvenir.

Ada juga tikar sewaan untuk duduk agar pasir tidak mengotori pakaian Anda. Anda bisa bersantai di bawah pohon ketapang atau waru sambil menghirup udara sejuk. Bagi Anda yang ingin bermain air tetapi tidak bisa berenang, disarankan menyewa tabung atau pelampung.

Jika Anda ingin melihat keindahan bawah laut, pertimbangkan untuk snorkeling. Selain menyelam, Anda juga bisa menantang diri sendiri dengan berselancar. Satu set lengkap peralatan keamanan tinggi dan panduan dari pemandu berpengalaman disediakan.

Masih belum cukup, pengelola juga menawarkan persewaan kano untuk dijelajahi. Dengan harga yang relatif terjangkau, kendaraan ini mampu menampung maksimal 10 orang. Sangat menggoda bukan?

Bagi Anda yang menyukai wisata bahari, Pantai Pasir Putih di Lampung Selatan patut menjadi referensi. Jangan lupa untuk selalu menyalakan kamera untuk mengabadikan setiap momen. Jika memungkinkan, sebaiknya hindari berkunjung pada akhir pekan atau hari libur bank karena dapat menjadi sangat sibuk.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button