Berita Wisata

Jelajahi keindahan Danau Ranamese di Manggarai Timur

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Kristin Adal

TRIBUNFLORES.COM, BORONG – Menjelajahi tempat wisata Pulau Flores seperti membaca buku favorit. Setiap halaman membuat Anda ragu untuk melewatkan satu halaman pun. Seperti halnya keindahan destinasi wisata Danau Ranamese di Flores.

Keindahan Danau Ranamese merupakan salah satu dari sekian banyak spot keindahan wisata Pulau Flores di Manggarai Timur.

Danau Ranamese adalah danau vulkanik akibat letusan gunung berapi. Danau Rana Mese diapit oleh Gunung Mandosawu (2.400 m dpl), puncak tertinggi di Manggarai Timur, dan Gunung Ranaka (2.140 m dpl), puncak tertinggi kedua.

Tempat Wisata Alam Danau Rana Mese terletak di Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Ruteng seluas 32.245,6 ha.

Tempat wisata ini terkenal dengan air danaunya yang jernih, bersih dan rindang. Hutan hijau dan rimbun mengelilingi danau purba ini.

Baca Juga: Menjelajah Arung Jeram di Manggarai Timur Pemandangan Baru di Pulau Flores


Kicauan burung endemik yang merdu menggemakan kesunyian Danau Ranamese. Tak heran jika tempat wisata ini menjadi tempat yang populer bagi wisatawan lokal maupun pilihan wisatawan mancanegara.

Melihat dan merasakan suasana alam Danau Rana Mese relatif muda. Tempat wisata ini berada di sepanjang jalan nasional Trans Flores Ruteng-Borong.

Jika Anda memulai rute dari Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Anda bisa menempuh jarak sekitar 25 kilometer. Sebaliknya, jika melalui Kota Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur, jaraknya sekitar 35 kilometer.

Jalannya berkelok-kelok tapi beraspal mulus, membelah hutan belantara. Rute yang ditempuh berada di dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA), TWA terbesar di Indonesia ini berada di bawah pengelolaan BKSDA NTT

Setibanya di tempat wisata ini, Anda akan disambut oleh pintu yang bertuliskan Wisata Alam Danau Ranamese. Setelah melewati gerbang, Anda akan menuju pos jaga tempat penjualan tiket.

Di sini Anda membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per kapita. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dan domestik dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 per orang. Setelah membayar tiket, Anda harus menuruni puluhan anak tangga hingga tiba di danau.

Pemandangan alam yang menakjubkan menyambut kehadiran Anda. Kicauan burung merdu. Tempat wisata ini merupakan rumah bagi burung kipas Flores (Rhipidura diluta), anis Nusa Tenggara (Zoothera dohertyl), samyong (Pachycephala nudigula) dan burung endemik Ranamese lainnya.

Udaranya cukup dingin namun menyegarkan dan setiap hari kawasan ini masih diselimuti kabut. Tidak ada yang perlu dikeluhkan, karena danau ini dikelilingi oleh hutan lebat dan megah. Dengan demikian, Danau Ranamese merupakan surga bagi sekitar 250 spesies flora dan fauna.

Tempat wisata ini wajib dikunjungi saat berkunjung ke Flores. Di tempat ini Anda bisa berwisata sambil bermeditasi. Ada banyak spot foto menarik yang perlu disimpan di kamera Anda. Namun, ingatlah untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

Berita perjalanan lainnya

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button