Berita Wisata

Nikmati berendam air panas di kolam renang pribadi Cipanas Garut

ararut

Kabupaten Garut terkenal dengan segudang tempat wisata yang memukau. Maka jangan heran, jika Garut masih mendapat tempat di hati para pecinta wisatawan. Ada berbagai tempat wisata yang selalu diburu seperti objek wisata Gunung Papandayan di Situ Bagendit.

Namun salah satu yang paling terkenal adalah objek wisata Cipanas, dengan sumber air panas alami yang sudah ada sejak lama. Kawasan wisata ini terletak di kaki Gunung Guntur di kecamatan Tarogong Kaler. Air panas yang disajikan di sana alami dan berasal dari pegunungan.

Ada banyak tempat wisata di Cipanas. Dari Sabda Alam, Sumber Daya Alam, hingga Danau Dariza. Biasanya tempat wisata di Cipanas menawarkan fasilitas kolam renang jet air yang digunakan untuk olahraga air dan permainan.

Namun kini ada cara baru menikmati air panas di Cipanas, Garut. Wisatawan dapat menikmati ketenangan pemandian air panas, jauh dari hiruk pikuk.

Nama tempat tersebut adalah Pemandian Air Panas Hanjuang. Terletak di tengah kompleks wisata pemandian air panas Cipanas. Berbeda dengan tempat lain di Cipanas, Hanjuang menawarkan cara berbeda bagi wisatawan yang ingin menikmati sensasi lain berenang di air hangat.

“Konsep yang dibawa sebenarnya relaksasi dan terapi. Kalau biasanya orang datang ke Cipanas hanya untuk berenang dan berolahraga, kami menawarkan sesuatu yang lain. Di sini berbeda, orang yang datang bisa merasakan manfaat terapi dan relaksasi,” ujar Hari, Direktur Hanjuang .

Tempat ini mengusung konsep kolam pribadi. Ada tiga kolam yang disediakan. Pertama, kolam renang dengan arus tenang yang bisa digunakan untuk berenang dan relaksasi. Lalu ada dua kolam mini, dengan air panas alami yang memiliki aliran air di dasarnya.

Paling unik, ada water jet di wahananya. Di tempat ini, air panas disajikan berbeda. Pengunjung cukup berdiri seperti mandi menggunakan mandi. Tapi bedanya air di dalamnya adalah air panas yang disemprotkan dengan tekanan tinggi. “Di sana pengunjung bisa bersantai. Air panas yang disemprotkan ke kepala dijamin bikin ngakak penyembuhan“, kata Harry.

Suasana yang diusulkan serupa klub pantai di Bali. Perbedaannya adalah jika klub pantai menghadap lepas pantai, di Hanjuang ini menghadap Gunung Guntur. Panorama Gunung Guntur yang megah dan langit terbuka Garut bisa dinikmati di lantai dua tempat ini.

Di sana, detikers bisa bersantai dan minum kopi sambil mengagumi pemandangan yang indah. Karena konsep yang diajukan adalah kolam pribadi, venue ini hanya memiliki kapasitas maksimal 70 orang. Hal unik lainnya, berbeda dengan kolam renang lain di Cipanas, untuk bisa berenang di Hanjuang, wisatawan harus memakai pakaian renang. “Tujuannya murni untuk mendidik,” kata Hari.

Sejak dibuka awal Desember 2022, Hanjuang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Kebanyakan yang datang adalah wisatawan dari luar daerah Bandung Jakarta yang sengaja datang ke Cipanas untuk berobat.

Agar bisa penyembuhan di tempat ini wisatawan dikenakan biaya Rp 40.000. Sore hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini, karena panoramanya begitu indah

(direktori/iqk)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button