Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas Menyenangkan TELAGA SARANGAN Magetan Desember 2022

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan : Rp 10.000 – Rp 20.000. Jam buka: 07.00 – 18.00. Nomor telepon : -. Alamat: Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Indonesia, 63361.

Telaga Sarangan merupakan danau yang mengusung tema wisata alam dengan nuansa outdoor yang cocok untuk keluarga. Tempatnya sendiri berada di bawah lereng Gunung Lawu dengan pemandangan alam yang indah. Di sekitar danau banyak terdapat pepohonan dan tumbuhan yang membuat udara menjadi lebih sejuk. Suhu udara sekitar 15 hingga 20 derajat Celcius.

Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, otomatis pengunjung bisa melihat panorama pegunungan dengan jelas. Bayangan gunung pun bisa terlihat melalui pantulan di air danau. Sedangkan airnya relatif masih jernih dan bebas dari sampah dan polusi. Hal ini menjadikan kawasan ini tempat yang populer untuk bersantai atau melakukan berbagai aktivitas.

Biaya masuk ke Telaga Sarangan

Wisata Telaga Sarangan memiliki harga tiket yang berbeda untuk anak-anak dan dewasa. Meski begitu, harganya masih cukup terjangkau. Biaya ini belum termasuk biaya parkir.

Biaya masuk ke Telaga Sarangan
jenis tiket Harga
Tiket masuk untuk anak-anak Rp 10.000
Tiket dewasa Rp 20.000
biaya parkir
PARKIR MOTOR Rp 2.500
area parkir Rp5.000
parkir bis Rp 10.000

Baca: Tiket dan Wahana MOJOSEMI FOREST PARK

Jam buka Telaga Sarangan

Wisata ini hampir tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Dari Senin hingga Minggu, selalu ramai dikunjungi turis luar kota dan warga sekitar. Jam buka dari pagi hingga sore hari. Pengunjung bisa datang setiap hari, namun harus menyesuaikan jam bukanya.

jam buka
Setiap hari 07.00 – 18.00 WIB

Hal menarik yang bisa dilakukan di Telaga Sarangan

Telaga Sarangan merupakan wisata populer di Magetan yang menawarkan berbagai aktivitas menarik. Di sini pengunjung bisa bersantai sekaligus menikmati pemandangan alam yang indah. Kemudian cobalah berbagai jenis wahana, mis speedboat dan naik kuda. Atau cicipi berbagai kuliner lezat dan berburu oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Bersantai di tepi Telaga Sarangan

Seorang wanita bersantai di tepi Telaga SaranganSungguh kenikmatan yang luar biasa bisa bersantai di tepi Telaga Sarangan sambil merenungi pemandangan alam. Foto: Googlemap/Gilang Primada

Memang Telaga Sarangan adalah tempat yang paling cocok untuk bersantai sejenak. Karena suasananya yang begitu tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota. Selain itu, udara di sekitarnya sejuk dan pemandangan alamnya masih asri. Pengunjung bisa melihat keagungan Gunung Lawu yang sangat indah dari jauh.

Sudah sore keindahan matahari terbenam muncul di ufuk barat. Langit yang tadinya biru tiba-tiba berubah menjadi keemasan. Warnanya adalah pancaran sinar matahari yang bersiap meninggalkan tempat tinggalnya. Pemandangan langka ini sering menjadi latar belakang foto.

Baca: Tiket Masuk Hutan Hijau Lawu, Kegiatan dan Fasilitas

Naik speedboat

Wahana Speedboat di Telaga SaranganMenaiki speedboat mengelilingi danau merupakan pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan. Foto: Googlemap/Hariyanto KTM

Jika Anda bosan, duduk saja dan tidak melakukan apa-apa. Cobalah untuk mengelilingi kawasan danau dengan menggunakan perahu speedboat. Di sini pengunjung bisa memompa adrenalin sambil menikmati pemandangan alam dengan cara yang unik. Perahu bergerak cepat di permukaan air, mengeluarkan suara yang sangat keras.

Anda tidak perlu takut jatuh karena petugas yang mengemudikan perahu sudah profesional. Pengunjung dapat meminta agar kecepatan dinaikkan atau diturunkan. Nantinya petugas akan mengemudikan perahu sesuai permintaan. Anda juga dapat melakukan zigzag kecepatan jika menginginkan sesuatu yang lebih menantang.

Pemandangannya sangat indah dan berkabut. Disarankan untuk dikunjungi. Naik speedboat – Heri Bertus

Sebuah perahu speedboat hanya dapat menampung hingga 5 orang. Dimana 1 jok depan untuk pengemudi dan 4 jok lagi untuk penumpang. Selama perjalanan, setiap orang harus memakai jaket pelampung. Tujuannya tidak lebih dari sarana perlindungan untuk menyelamatkan pengunjung dari sesuatu yang berbahaya.

Baca: Tiket & Wahana Taman WISATA GENILANGIT Magetan

Berkuda di sekitar Telaga Sarangan

Bagi wisatawan yang tidak suka basah, bisa mencoba menunggang kuda. Pengunjung bisa menyewanya sebagai alat penggerak selama beberapa menit berkeliling kawasan wisata. Jangan khawatir jika Anda tidak bisa menunggang kuda dengan benar. Akan ada petugas yang akan selalu mendampingi dan memberikan arahan.

Kuda itu sendiri cukup jinak dan mudah beradaptasi dengan orang baru. Sehingga aman untuk dikendarai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Ciri fisik kuda adalah kulit coklat dan rambut putih. Dimana satu buritan hanya bisa mengangkut maksimal 2 penumpang dalam satu arah.

Mengendarai kuda menghilangkan kebutuhan untuk berjalan. Pengunjung bisa duduk santai sambil menikmati keindahan alam Danau Serangan. Rutenya sendiri hanya mengitari danau. Anda tidak bisa berjalan jauh karena waktu boarding dibatasi oleh petugas.

Mencicipi berbagai wisata kuliner

Kuliner sate kelinci khas Telaga SaranganKafe dan restoran di sekitar danau memiliki menu yang sangat enak seperti sate kelinci, nasi pecel, bakso dan lainnya. Foto: Googlemap/Kurniawan Eka Rusandi

Berkunjung ke Telaga Sarangan belum lengkap rasanya tanpa mencicipi wisata kuliner. Di kawasan ini terdapat sejumlah warung yang menawarkan menu makanan khas Indonesia. Salah satu masakan yang paling terkenal adalah Nasi Pecel yang disajikan dengan telur goreng. Makanannya berisi nasi putih, sayuran dan tambahan bumbu kacang.

Pengunjung bisa menjumpai nasi pecel dan telur goreng di pagi hari. Kemudian pada sore hari ada pedagang yang menjajakan sate yang tidak biasa. Daging apa yang bukan kambing, sapi atau ayam. Tapi hewan yang lucu dan menggemaskan, kelinci.

Kelihatannya ekstrim, tapi sate kelinci adalah menu yang populer di Telaga Sarangan. Jika tidak tahan, Anda bisa mencoba menu lain seperti bakso, soto, dan sate ayam. Tenang saja, harganya masih cukup terjangkau untuk semua kalangan.

berburu suvenir

Setelah puas menikmati berbagai wahana di Telaga Sarangan, jangan lupa mampir ke Pusat Oleh-Oleh. Disini banyak yang menjual pakaian, kerajinan tangan dan souvenir. Ada juga makanan seperti kerupuk, buah, dan jajanan khas magetan. Tempat itu bisa ditemukan pengunjung di tepi Telaga Sarangan.

Anda bisa melihat beberapa toko dengan rapi memajang dagangannya. Sebagian besar yang muncul di depan toko adalah buah. Terutama buah jeruk, semangka, mangga dan masih banyak lagi. Keberadaan toko ini sangat membantu pengunjung untuk mencari oleh-oleh dengan harga terjangkau.

Fasilitas Telaga Sarangan

Padahal harga tiketnya relatif murah. Tapi fasilitas umum sangat memadai. Pemerintah telah menyediakan tempat parkir, toilet, mushola, pasar, dan kantin. Tidak jauh dari tempat wisata terdapat penginapan yang bisa disewa oleh wisatawan luar daerah.

Lokasi Telaga Sarangan

Telaga wisata ini terletak di Ngluweng, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Jarak dari pusat kota sekitar 16 km. Sedangkan jarak dari Tawangmangu sekitar 20 kilometer.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button