Berita Wisata

10 tempat wisata di samosir dan sekitarnya yang wajib dikunjungi saat liburan di nataru

Tempat wisata di Samosir, foto: Celebrities.id

PARBOABOA, Samosir – Siapa yang tidak mengenal Pulau Samosir? Pulau vulkanik yang berada di tengah Danau Toba di Sumatera Utara ini memiliki pesona tersendiri bagi Anda yang ingin menjelajahi keindahan wisata alam di kawasan Danau Toba atau mempelajari budaya Batak di Sumatera Utara.

Anda sedang merencanakan liburan ke Samosir? Yuk, simak rekomendasi tempat wisata paling favorit di Pulau Samosir berikut ini:

1. Bukit Holbong

Merupakan tempat wisata di Samosir yang strategis untuk menikmati keindahan Danau Toba dari atas. Tidak ada aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat wisata Pulau Samosir ini.

Namun, suasana sejuk yang merajai di sana membuat wisatawan betah berlama-lama di Bukit Holbung.

Tempat ini sangat cocok bagi anda yang datang berombongan untuk bersantai sejenak menikmati keindahan Danau Toba.

Dari atas Bukit Holbung Anda bisa melihat para nelayan mencari ikan.

Jika Anda datang saat musim kemarau Anda akan melihat rerumputan hijau yang sejuk seperti bukit Teletubies.

2. Puncak Sidiangkat

Bagi anda yang menyukai fotografi dengan konsep instagrammablemaka Anda wajib mengunjungi Puncak Sidiangkat.

Dari kota Medan membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam tepatnya dekat dengan kawasan Danau Toba. Panorama yang disajikan di sana begitu luar biasa, sehingga para wisatawan tidak henti-hentinya mengalir. Karena wisata ini berada di dalam hutan sehingga udaranya sangat segar.

Ada beberapa bangunan yang berbentuk seperti sarang burung berukuran raksasa. Ada juga sarang burung yang digantung. Rumah pohon ini menjadi spot foto favorit pengunjung.

Dengan latar belakang perbukitan hijau subur dan sungai yang berkelok-kelok, bidikan Anda dijamin estetis.

3. Bukit Sibea-bea

Tidak hanya wisata alam, di Samosir juga terdapat objek wisata religi yaitu bukit Sibea-bea. Pasalnya, bukit tersebut merupakan tempat didirikannya patung Yesus Kristus yang proses pembangunannya masih berlangsung.

Di sana, selain menemukan patung Yesus Kristus di atas bukit, juga terdapat rumah doa dan restoran. Selain sebagai tempat wisata religi, Bukit Sibea-bea juga menawarkan pemandangan Danau Toba dari ketinggian.

Untuk mencapai Bukit Sibea-bea, kita harus menempuh jarak sekitar 177 kilometer (km) dari Kota Medan, yakni sekitar empat hingga lima jam perjalanan.

5. Desa Tomok

Saat ingin menikmati Pulau Samosir dari Pelabuhan Ajibata, Desa Tamok adalah pintu gerbangnya.

Di Desa Tamok terdapat Makam Keluarga Raja Sidabutar, Museum Batak, Batu Kursi Tamok, Patung Sigale-gale, Patung Gajah Purba dan Gereja Tua.

Tempat wisata Samosir ini merupakan salah satu situs budaya paling terkenal di Indonesia karena Anda akan menemukan benda-benda megalitik di sana selama Anda berkunjung.

6. Danau Sidihoni

Ini merupakan fenomena langka yang terdapat di Pulau Samosir yaitu adanya tempat wisata danau namun tempatnya berada di atas danau.

Ini Danau Sidhoni, memang sirkuit ini tidak setenar Danau Toba. Namun, wisata ini wajib Anda kunjungi karena merupakan salah satu wisata dengan sejuta manfaat.

Danau ini masih digunakan sebagai sumber air oleh masyarakat setempat. Sekaligus menjadi sumber makanan pokok saat Samosir dilanda kekeringan.

Tidak ada biaya yang akan dikenakan kepada wisatawan yang datang berkunjung, padahal wisata ini menawarkan tempat wisata yang keren dan indah. Danau Sidhoni bisa menjadi pilihan liburan Anda jika terkendala biaya.

7. Air Terjun Situmurun

Sebutan lain tempat wisata Samosir ini adalah Air Terjun Binangalom, jadi jangan salah pilih destinasi karena masih banyak destinasi lain yang mirip dengan aslinya.

Bingalom atau Situmurun diambil dari bahasa Batak yang berarti air yang menyejukkan hati. Memang benar, karena air terjun ini terbilang unik jika dilihat dari pancaran air yang mengalir dari Danau Toba.

Jika tidak membawa kendaraan sendiri, Anda bisa menggunakan bus seharga Rp 30.000 menuju Air Terjun Situmurun. Atau bisa juga menyewa mobil dari Parapat di pelabuhan Ajibata.

Jarak menuju lokasi cukup jauh, sekitar 3 jam perjalanan, jika menggunakan bus lebih lama lagi sekitar 6 jam perjalanan.

8. Aek Rangat Pangururan

Kabupaten Samosir memang cukup dekat dengan penginapan di Medan yang terletak di dataran tinggi.

Hal ini membuat banyak orang mengimbau Aek Rangat Pangururan sebagai salah satu sumber air panas yang berasal dari batu kapur. Ada beberapa kolam yang datang dengan suhu yang berbeda.

9. Air Terjun Binanga Bolon

Di pinggir Danau Toba juga terdapat air terjun Binanga Bolon yang menawarkan pemandangan air berarus deras. Dalam perjalanan menuju tempat tujuan, pengunjung akan disuguhkan dengan kesegaran alam.

Di sekitar air terjun tampak dipenuhi tanaman hijau subur yang memiliki warna kontras berbeda dengan air yang mengalir di antara keduanya.

10. Menara Pengamatan Tela

Menikmati panorama Danau Toba dari ketinggian merupakan hal yang patut dicoba saat berkunjung ke Samosir.

Salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan adalah Tele View Tower. Menara ini berjarak sekitar 15 kilometer dari Bukit Holbung. Obyek wisata Samosir ini dapat diakses dengan kendaraan bermotor dengan durasi kurang lebih 44 menit dari Bukit Holbung.

Menara Pandang Tele memiliki tiga lantai, semuanya dapat diakses oleh pengunjung. Di lantai paling atas, pengunjung bisa melihat deretan perbukitan, pemukiman warga, sawah, air terjun, dan Danau Toba.

Nah berikut beberapa tempat wisata di dalam dan sekitar Samosir yang cocok untuk Anda dan keluarga saat liburan natal dan tahun baru.. Selamat berlibur!

Tags: #wisata samosir #samosir #wisata #tempat wisata #sumatra utara

Baca juga

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button