Berita Wisata

Prajurit TNI AL dan USMC berhasil menguasai pantai Banongan

ASKARA – Marinir TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan United States Marine Corps (USMC) yang tergabung dalam Joint Cooperation Afloat Training Task Force 2022 (Latma CARAT) berhasil menguasai Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur, Senin (12/ 19) dengan merampok dan melumpuhkan musuh yang sebelumnya menduduki daerah tersebut.

Sebelum melakukan razia dan penertiban pantai yang merupakan skenario tahapan Sea Phase dan rangkaian Amfibi (operasi pendaratan amfibi) Latma CARAT 2022 antara TNI AL dengan US Navy dan Korps Marinir AS, KRI RE Martadinata-331, KRI Diponegoro-365 dan KRI Abdul Halim Perdakusuma-355 memberikan Bantuan Meriam Kapal (BTK) dengan menggunakan Meriam 76mm berjenis Killer Tomato.

Kemudian 3 unit kendaraan tempur LVT-7A dan 3 unit BMP-3F keluar dari ramp KRI Surabaya-591 dan KRI Teluk Palu-523 serta 3 unit Light Armored Vehicle (LAV) 25, 2 unit Landing Cushion (LCAC) dan 1 unit Joint Light Tactical Vehicle (JLTV) yang dikerahkan USMC bergerak membentuk formasi menyerang pantai pendaratan untuk mendaratkan pasukan infanteri. Untuk memperluas kemenangan dan memporak-porandakan pasukan musuh, Marinir memberikan bantuan dari How 105 Cannon.

Selain pendaratan pasukan amfibi, kapal perang kedua negara juga melakukan serangkaian latihan, antara lain Night Steaming in Company (NSIC), CASEX E-4 ASW Action Against Bottomed Submarine atau Target, MISCEX 804-SAREX, Escort Unit Proceed to Anchorage Point , Latihan Pertahanan Udara (ADEX), Latihan Gunnery (GUNNEX), Latihan Foto (PHOTEX), TACPUBEX (MXP: Komunikasi Sinyal Taktis), Latihan Bendera (FLAGEX), Latihan Api Terbuka Anti Udara Cepat (AAROFEX) dan Latihan Flash (FLASHEX) .

Latihan Cooperation Afloat Readiness and Training (Latma CARAT) 2022 yang melibatkan personel militer Amerika Serikat merupakan forum kerjasama militer antara Indonesia dan Amerika Serikat (military-to-military) yang dilaksanakan setahun sekali. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat melalui pelaksanaan Latma CARAT yang memiliki manfaat dan tujuan yang sangat penting untuk mendukung tugas-tugas ke depan, sehingga kehadiran dan peran TNI Angkatan Laut di kawasan Asia Tenggara wilayah menghasilkan interoperabilitas dan kerjasama dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dalam mencapai keamanan maritim di wilayah regional kedua negara.

Latihan bersama yang dilakukan merupakan wujud implementasi program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang bertujuan untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul dan profesional, yang sangat penting untuk diberdayakan. disadari oleh setiap orang Indonesia. Prajurit TNI Angkatan Laut sebagai bagian dari implementasi Kasal Prioritas dalam menghadapi segala ancaman dengan membangun sistem penguatan kekuatan melalui kesiapan operasional yang sinergis dan interoperabilitas yang tinggi.

Penerbit: Hosnie

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button