Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas CURUG LUHUR Desember 2022

Harga tiket masuk Curug Luhur: Rp 45.000. Jam buka : 08.00 – 18.00. Nomor telepon : -. Alamat: Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16370.

Air terjun Bogor Luhur merupakan salah satu air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Obyek wisata ini berada di ketinggian 630 mdpl di lereng Gunung Salak yang indah. Aksesibilitas ke lokasinya yang tidak jauh dari jalan raya membuatnya menarik bagi banyak wisatawan.

Sedangkan Air Terjun Luhur memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Kata Luhur (Sunda) berarti tinggi dalam bahasa Indonesia. Jadi penamaan Curug bisa berarti air terjun yang tinggi.

Biaya masuk ke Air Terjun Luhur

Wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini akan dikenakan biaya masuk. Tarif masuknya tidak murah untuk objek wisata air terjun.

Biaya masuk ke Air Terjun Luhur
Tiket Masuk Akhir Pekan Rp45.000

Baca: Tiket dan Aktivitas CURUG CIAMPEA Bogor

Jam buka Curug Luhur

Obyek wisata air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari pada hari kerja dan akhir pekan.

Durasi
Senin minggu 08.00 – 18.00

Beragam kegiatan wisata

2 air terjunCurug Luhur Bogor memiliki dua buah air terjun yang salah satunya merupakan hasil pengalihan aliran sungai oleh warga setempat. Foto: Instagram/muhamadnauvalkahfi

Hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit untuk mencapai tempat air terjun tersebut. Wisatawan hanya perlu berjalan sekitar 150 meter menuruni tangga dari tempat parkir. Sedangkan lokasi Curug Luhur tidak jauh dari Curug Nangka, hanya berjarak 2 kilometer saja.

Mendekati lokasi terdapat rangkaian saluran pelimpah pada dinding pondasi setinggi kurang lebih 2 meter. Wisatawan bisa menikmati kesegaran air terjun mini ini untuk mencuci tangan dan kaki.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Bidadari Sentul

Menikmati keindahan air terjun

kejernihan air terjun dengan warna kebiruan pada kolam di bawah air terjunKolam alami yang terbentuk di bawah air terjun yang sangat jernih ini menciptakan warna hijau toska. Foto: Google Maps/laulla17

Curug Luhur memiliki dua air terjun utama yang berjalan paralel. Curug kedua merupakan cabang yang dibuat oleh warga sekitar akibat aliran sungai yang dialihkan. Kedua air terjun tersebut memiliki air yang alami, dingin dan segar khas air pegunungan.

Air terjun di kaki Gunung Salak ini memiliki panorama yang indah. Selain itu, udaranya sangat sejuk dengan suasana yang menyenangkan. Di sekitar air terjun juga terdapat tempat bersantai bagi wisatawan.

Baca: Tiket Masuk CURUG NANGKA Bogor, Kegiatan dan Rutenya

Permainan air di kolam bawah air terjun

Berenang di air terjunWisatawan bisa berenang di kolam di bawah air terjun atau sekedar bermain air yang mengalir deras di bawah air terjun. Foto: Instagram/ahmadsufandi22

Di bawah semburan Curug Luhur terdapat genangan air besar berwarna kebiruan. Kolam bentukan alam ini cukup dalam karena merupakan hasil pembersihan air yang keluar. Sebelumnya pihak pengelola memasang tali sebagai pembatas area aman.

Wisatawan berenang, berendam atau sekedar bermain air dangkal. Kemudian, demi keamanan, ada larangan bermain di air melebihi batas yang dipasang. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Aliran air di air terjun ini sangat jernih. Wisatawan yang turun ke tepi kolam dapat dengan jelas melihat bebatuan yang lebih rendah dari kolam. Spot ini juga menjadi tempat populer untuk berfoto dengan latar air terjun.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan Puncak Curug Ciherang

Berenang dan berseluncur di taman air

Wahana kolam renang dan taman air Air Terjun Sublime BogorWaterpark di Curug Luhur Bogor dengan berbagai seluncuran air. Foto: Google Maps/zulfa indah

Di lokasi Curug Luhur terdapat banyak kolam buatan yang airnya melimpah. Airnya berasal dari mata air alami Gunung Salak yang tidak pernah kering. Berbagai jenis kolam tersedia, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Kolam buatan merupakan taman air lengkap dengan berbagai wahana. Seperti seluncuran air, seluncuran spiral, dan ember tumpah. Bahkan, ada juga seluncuran yang panjang dan berkelok-kelok yang cukup memacu adrenalin.

Berenang di kolam buatan memang sangat menyegarkan dan cocok untuk rekreasi keluarga. Airnya jernih alami, bersih, dingin, tidak pedih di mata dan tidak mengandung kaporit.

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Cigamea dan Aktivitas di Gunung Salak Endah Bogor

Salah satu kolam buatan di waterpark Curug Luhur Bogor dengan seluncuran air untuk anak-anakSalah satu kolam buatan di taman air dengan seluncuran air untuk anak-anak. Foto: Google Maps/ione poetra

perabot

Kawasan wisata Curug Luhur menawarkan fasilitas yang cukup lengkap bagi wisatawan. Tempat parkir disediakan di area yang cukup luas. Tersedia juga fasilitas seperti toilet, mushola, ruang ganti dan tempat cuci piring.

Terdapat banyak warung makan dan minum di dekat area parkir kendaraan mulai dari makanan ringan hingga hidangan utama. Dengan udara daerah yang sejuk, banyak terdapat penginapan di sekitar tempat wisata ini. Sayangnya, tidak ada perkemahan di sekitar kawasan wisata.

Akses ke Curug Luhur

Lokasi air terjun ini berada dipinggir jalan raya Bogor – Gunung Salak Endah. Untuk menuju ke tempat ini, wisatawan dapat menggunakan angkutan umum. Akses yang mudah membuat air terjun ini ramai dikunjungi wisatawan.

Jarak air terjun dari kota Bogor sekitar 24 kilometer atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Untuk menuju lokasi, Anda bisa melalui dua alternatif. Yang pertama lewat jalur Ciapus atau yang kedua jalur alternatif lain dari Leuwiliang ke Ciampea lalu ke Tenjolaya.

Pengguna angkutan umum dapat menempuhnya dari Bogor Trade Mall (BTM) menuju Ciapus – Ramayana. Sedangkan rute Laladon – Tenjolaya bisa Anda ambil dari Terminal Laladon. Kemudian melanjutkan transportasi ke Curug Luhur. Dua bentuk angkutan umum tersebut mengantarkan wisatawan hingga pintu gerbang Curug Luhur.

Lokasi Air Terjun Luhur

Obyek wisata air terjun ini terletak di Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat 16370.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button