Berita Wisata

Garut menawarkan wisata alam dan kuliner untuk perayaan akhir tahun

Ada beberapa destinasi wisata di Garut yang bisa dikunjungi di akhir tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat musim liburan. Wisata ini berupa wisata alam, pemandian air panas dan kuliner.

“Kami akan berkoordinasi dengan PHRI dan pemangku kepentingan pariwisata agar sebanyak mungkin tempat wisata di Garut yang bisa dikunjungi,” kata Kepala Disparbud Kabupaten Garut Agus Ismail saat dihubungi wartawan di Garut, Selasa (20/12/2022).

Ia mengatakan, Kabupaten Garut memiliki banyak destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan, baik yang dikelola pemerintah daerah maupun swasta. Wisatawan, kata dia, tidak hanya fokus mengunjungi objek wisata alam pemandian air panas Cipanas di Kabupaten Tarogong Kaler, namun bisa mengunjungi destinasi wisata lain yang mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua atau empat.

“Nanti bagaimana kita bisa menjalin kerjasama antara berbagai pihak, misalnya dengan pihak hotel, dengan pihak lain agar pengunjung yang saat ini masih fokus di Cipanas juga bisa melebarkan sayap ke tempat-tempat wisata lainnya”, ungkapnya.

Ia mengatakan, upaya memperkenalkan destinasi wisata di Garut antara lain dengan melanjutkan kegiatan promosi pariwisata melalui berbagai media dan pada event-event seperti pameran. “Kalau khusus promosi ya melalui kegiatan kita lakukan melalui pameran,” ujarnya.

Tempat wisata Garut yang patut dikunjungi antara lain Taman Margasatwa Cikembulan di kecamatan Kadungora yang jaraknya cukup dekat dengan Bandung. Selain itu ada wisata danau seperti Situ Cangkuang dan Candi Cangkuang di Kecamatan Leles, lalu Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, ada juga wisata desa lainnya.

Ada juga wisata gunung seperti Taman Wisata Alam Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan dan kemudian wisata pantai yang memanjang hingga ke wilayah selatan Kabupaten Garut. Sejumlah wisata ini menawarkan atraksi tersendiri, seperti di Taman Margasatwa Cikembulan terdapat beberapa spesies hewan, serta menawarkan atraksi memberi makan satwa liar yaitu singa dan beruang.

Selain taman satwa, ada juga kunjungan ke water park Sabda Alam di Cipanas Garut yang menawarkan berbagai macam permainan air dan juga ada ombak buatan. Selain wisata bahari, Sabda Alam juga menawarkan destinasi wisata kuliner yang menawarkan kafe dengan menu makanan dan minuman khas, ada juga penginapan ala camping dengan pemandangan alam pegunungan.

Direktur Sabda Alam Beni Hidayat mengatakan, pihaknya menyediakan akomodasi dengan konsep Glamping atau Glamour Camping untuk dinikmati wisatawan, termasuk pengunjung yang bisa mencobanya saat liburan tahun baru.

“Kami mencoba membuka tempat wisata baru yaitu Glamping Resto dimana kedepannya Glamping akan memiliki tempat menginap, dan itu belum ada di Garut,” kata Beni.

sumber: Antara

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button