Berita Wisata

5 ayunan gantung dari jogja

Tempat wisata di Yogyakarta super lengkap! Tak hanya pantai atau wisata kuliner, para penantang pasti akan menikmati piknik di Yogyakarta. Salah satunya adalah ayunan gantung yang dijamin bikin kamu melayang sekaligus mendebarkan.

Ayunan gantung tentu tidak disarankan bagi Anda yang takut ketinggian, karena Anda akan “terbang”, melihat pemandangan dari atas. Penasaran, dimana saja tempat-tempat seru tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Ayunan batu

5 ayunan gantung dari jogja, cocok buat penikmat tantanganinstagram.com/ayunanlangit

Ayunan Langit Watu Jaran terletak di Kabupaten Kulon Progo, bukan sembarang ayunan, melainkan ayunan yang disambungkan dengan tiang sepanjang 10 meter di tepi tebing setinggi 800 meter.

Sambil menikmati Ayunan Langit Watu Jaran, Anda bisa melihat keindahan hijaunya perbukitan Menoreh. Saat menaiki ayunan ini, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena tiketnya hanya seharga Rp 20.000.

Alamat : Sabrangkidul RT.10/RW.05, Coco Leal, Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Teras Berkaca Pantai Nguluran

5 ayunan gantung dari jogja, cocok buat penikmat tantanganTeras Kaca, Gunungkidul (instagram.com/githa.rp)

Teras Kaca Pantai Nguluran terkenal sebagai spot foto estetis di Gunungkidul. Ada berbagai spot foto keren yang bisa dijadikan background prewedding atau sekedar foto bersama keluarga atau teman. Tata sebagai dek kaca berbentuk perahu, termasuk ayunan gantung. Meski cukup tinggi, namun menjadi favorit banyak pengunjung.

Disebut Jogja Swing, ayunan ekstrim ini menawarkan pemandangan laut yang jarang ditemukan di pantai lain. Terletak di tepi tebing pantai, sepertinya wahana yang satu ini hanya cocok untuk mereka yang berjiwa baja.

Alamat: Bolang, Girikarto, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: Kedai Pempek Permata Tersembunyi Cik Ana Punya Nuansa Jadul di Kulon Progo

Baca Juga: 7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang Menakjubkan

3. Wisata Alam Kalibiru

5 ayunan gantung dari jogja, cocok buat penikmat tantanganinstagram.com/wisatakalibiru

Jika ingin melihat waduk dengan ayunan, bisa langsung menuju Kulon Progo. Wisata Alam Kalibiru menawarkan wahana ayunan dengan pemandangan Waduk Sermo. Sekarang pemandangan dari atas, Anda akan disuguhkan dengan waduk biru Sermo, perbukitan dengan rumah-rumah penduduk yang terlihat mungil dari atas. Soal keamanan, Anda tidak perlu khawatir, tentunya Anda akan didampingi oleh orang yang profesional dan terpercaya.

Alamat : Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Payung Pule

5 ayunan gantung dari jogja, cocok buat penikmat tantanganPule Payung (instagram.com/ulfahfebriii_)

Tidak jauh dari Wisata Alam Kalibiru, ada juga wisata Pule Payung yang menawarkan aktivitas ekstrim namun menyenangkan. Apalagi buat yang suka foto-foto, ayunan gantungnya lebih banyak lagi menarik dengan kursi anyaman bambu yang tentunya aman untuk berfoto. Di tempat ini, selain ayunan, juga terdapat wahana sepeda di angkasa yang tak kalah memacu adrenalin.

Jika Anda ingin lebih santai, Angkasa Cafe menawarkan berbagai makanan dan minuman yang lezat. Saat sanak saudara atau teman sedang sibuk berfoto di berbagai wahana, Anda selalu bisa menikmati segarnya udara di Pule Payung sambil menyeruput kopi dan makan geblek. Kenikmatan!

Alamat : Soropati RT.007/RW.003, Clapar 2, Hargotirto, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Gondola Pantai Timang

5 ayunan gantung dari jogja, cocok buat penikmat tantanganPantai Timang (unsplash.com/@lcw1725)

Tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta. Kali ini, jangan bayangkan wahana ini seperti ayunan kebanyakan. Di Pantai Timang, Anda tidak akan menemukan ayunan biasa, melainkan gondola kayu tradisional yang akan membawa Anda melewati ombak besar dari Panti Timang hingga Pulau Panjang. Karena anginnya kencang, Anda pasti ingin melakukan ayunan, tetapi dengan versi yang lebih sulit.

Gondola di sini memiliki ketinggian antara 9 hingga 11 meter dan panjang sekitar 100 meter. Selain itu, Gondola Pantai Timang hanya dapat didaki oleh satu orang setiap kali. Untuk bisa menikmati keseruannya, siapkan budget Rp 150.000 untuk naik gondola dan Rp 5.000 untuk masuk ke Pantai Timang.

Alamat: Pantai, Purwodadi, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Bagaimana Anda mulai melayang memikirkan melangkah ke salah satu ayunan yang tergantung di atas? Semua menawarkan ketinggian dan pengalaman yang berbeda. Yuk, segera ajak teman-teman kamu yang suka wisata ekstrim untuk main bareng, biar makin seru!

Baca Juga: Pantai Timang Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Back to top button