Tempat Wisata

Pantai Tanjung Karang Lombok – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 06.00-07.00 WIB, Alamat: JL Sultan Kaharudin, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat; map: pemeriksaan situs

Salah satu cara menyegarkan pikiran agar bisa kembali beraktivitas dengan semangat adalah dengan berlibur. Liburan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menjaga kewarasan dan semangat kita. Di Indonesia sendiri ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur.

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata menarik yaitu Lombok. Pulau ini kaya akan tempat-tempat indah yang menawarkan panorama indah. Baik wisata pantai, wisata gunung maupun wisata buatan. Kunjungan ke Pulau Lombok akan langsung menyegarkan semangat Anda.

Salah satu yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Tanjung Karang di Lombok. Pantai ini memang tidak sepopuler dan setenar Pantai Senggigi. Namun, pantai ini juga menawarkan segudang keindahan. Kemudian, untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini akan diulas lebih detail.

Daya Tarik Pantai Tanjung Karang

Obyek wisata Pantai Tanjung KarangKredit Foto: Google Maps Muhammad Azam Zami

1. Banyak spot foto

Ketika seseorang pergi berlibur, tentu saja mereka mencari spot foto yang menarik, antara lain. Siapapun yang ingin berkunjung ke Pantai Tanjung Karang akan menemukan spot foto yang begitu instagramable. Karena pemandangan yang disajikan sangat indah, tempat ini memiliki banyak spot foto.

Tak sedikit pula orang yang datang ke kawasan pantai hanya untuk berfoto selfie. Latar belakangnya adalah lautan biru dengan gulungan ombak yang indah, akan sangat sempurna saat Anda mengambil gambarnya.

2. Porsi kuliner yang berbeda

Bagi penikmat kuliner, daya tarik galur ini tentu tak terbantahkan. Seperti yang Anda tahu, Lombok memiliki beragam kuliner yang bisa membuat lidah Anda bergoyang. Anda juga bisa menemukannya di Pantai Tanjung Karang. Kulinernya yang beragam membuat ketagihan.

Harga menu yang ditawarkan di warung sekitar pantai juga relatif murah. Anda bisa menikmati makanan seperti plecing terong, plecing kangkung, ikan bakar, sate dan berbagai kuliner lainnya. Dan tentunya berbagai jenis seafood yang bisa Anda santap.

3. Pemandangan perahu nelayan

Di sekitar pantai juga akan banyak dijumpai deretan perahu nelayan yang berjejer rapi. Perahu nelayan menjadi daya tarik utama pantai ini. Perlu anda ketahui bahwa pantai ini memang merupakan kawasan tempat berlabuhnya perahu-perahu nelayan.

Bahkan tak sedikit masyarakat di kawasan itu menyebut Pantai Tanjung Karang sebagai Pantai Nelayan. Karena nyatanya pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling padat dengan aktivitas nelayan di kota Mataram. Tak jarang perahu disewakan oleh nelayan kepada wisatawan yang datang berkunjung dan ingin berkeliling.

4. Ada fasilitas untuk anak-anak

Yang tak kalah menarik adalah di pantai ini Anda bisa menikmati fasilitas bermain untuk anak-anak. Wahana bermain anak-anak seperti seluncuran, ayunan dan berbagai jenis permainan lainnya nantinya bisa Anda temukan di sana. Selain itu, ada juga taman baca yang disediakan di tepi pantai.

Tempat ini menyimpan berbagai jenis buku yang sangat menarik bagi Anda. Buku-buku tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi warga sekitar, namun pengunjung juga dapat menikmati fasilitas yang disediakan. Bahkan ada yang menggunakan Taman Baca untuk belajar bersama anak-anak.

5. Area memancing tersedia

Atraksi ini sangat cocok bagi Anda yang gemar memancing. Dijelaskan bahwa banyak nelayan di Pantai Tanjung Karang. Jangan heran jika Anda menemukan tempat memancing di sana. Tidak hanya digunakan oleh penduduk setempat, tetapi juga sangat dihargai oleh wisatawan.

6. Dekat dengan pusat kota

Padahal, jarak kawasan pantai dengan pusat kota sangat kecil. Kedekatan tempat-tempat tersebut memberikan pantai ini pesona tersendiri. Sehingga wisatawan tidak perlu jauh-jauh jika ingin melihat pemandangan pantai di pusat Kota Mataram.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Pantai Tanjung KarangKredit Foto: Google Maps Muhammad Azam Zami

Pantai Tanjung Karang Lombok seperti yang sudah dijelaskan di atas sangat dekat dengan pusat Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Akses menuju pantai ini sudah sangat bagus. Anda dapat menggunakan transportasi umum. Namun, agar perjalanan lebih nyaman, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Kendaraan pribadi bisa roda dua atau roda empat. Masalah rute itu sendiri bisa diselesaikan dengan bantuan Google Maps. Nanti tinggal ikuti saja arah yang ditunjukkan oleh Google map. Lokasi Tanjung Karang tepatnya berada di Jalan Lingkar Selatan di Kecamatan Sekarbela.

Jika Anda berada di pusat Kota Mataram, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja untuk mencapai kawasan wisata pantai ini. Pantai ini hanya berjarak sekitar 6 km dari kota Mataram. Pantai ini berada di utara Pantai Loang Baloq.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai Tanjung KarangKredit foto: Google Maps Ibnul Sahgianto

Pantai Tanjung Karang termasuk salah satu pantai atau wisata murah di Mataram. Karena untuk bisa menikmati keindahan alam pantai ini, anda tidak membutuhkan biaya masuk sama sekali. Tiket hanya dikenakan biaya untuk kendaraan pribadi yang Anda bawa.

Meskipun demikian, biaya parkir kendaraan juga cukup murah. Biaya parkir mobil sendiri adalah Rp 5.000. Sedangkan jika membawa kendaraan roda dua, parkirnya hanya Rp 2.000. Anda dapat mengunjungi pantai setiap hari dari jam 6 pagi dan tutup pada jam 7 malam.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Tanjung Karang

Kegiatan wisata di pantai Tanjung KarangKredit Foto: Google Maps Muhammad Azam Zami

1. Berburu souvenir

Tentunya kegiatan liburan belum lengkap tanpa pulang membawa oleh-oleh. Anda bisa pulang dengan membeli perhiasan mutiara yang merupakan oleh-oleh khas Lombok. Ada banyak toko perhiasan di tempat ini yang menjual berbagai macam mutiara asli.

Anda juga akan menemukan area yang menjadi pusat pengrajin manik-manik nomor satu. Cukup banyak wisatawan yang datang dari luar daerah, bahkan wisatawan mancanegara pun mencari mutiara di tempat ini.

Jadi jika kebetulan berkunjung ke Mataram, pulang kampung tanpa membeli tasbih belum lengkap. Harga manik-manik yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 300.000 kamu sudah bisa membawa pulang 1 gram mutiara.

2. Nikmati fasilitas anak

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Pantai Tanjung Karang memiliki fasilitas tempat bermain anak. Yang perlu Anda ketahui, fasilitas bermain untuk anak-anak hanya ada di pantai ini. Sarana bermain untuk anak-anak didesain semenarik dan seindah mungkin agar anak kecil senang bermain di sana.

Arena bermain yang bisa digunakan seperti perosotan, ayunan, dll. Dengan arena bermain ini Anda bisa membawa si kecil dan mereka akan sangat senang.

3. Keliling pantai dengan perahu

Anda juga bisa menyewa perahu dari nelayan yang berlabuh di pantai. Dengan perahu ini Anda dapat mengelilingi pantai dan menikmati keindahan Pantai Tanjung Karang di Lombok. Harga sewanya sendiri tidak terlalu mahal. Anda juga bisa memancing dengan menyewa perahu dan menuju ke tengah kawasan pantai.

4. Menikmati matahari terbenam

Satu hal yang juga menjadi andalan adalah pemandangan matahari terbenam. Menjelang sore, pantai ini penuh dengan turis. Pemandangan sunset yang begitu indah membuat kawasan pantai eksotis ini terlihat semakin memukau di sore hari.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melihat matahari terbenam dalam mimpi anda dan melupakan mengabadikan momen tersebut dengan rekaman kamera. Jika merasa lapar, Anda bisa menikmati sajian kuliner yang ada di sekitar stand. Menikmati makanan lezat sambil menyaksikan sunset tentu menjadi ide yang menarik.

Bagi yang ingin membeli ikan segar juga bisa melakukannya di tempat ini. Nelayan yang pulang melaut pasti membawa ikan segar yang bisa dibeli dari para nelayan. Tentunya harga yang bisa Anda dapatkan jauh lebih murah dibandingkan dengan yang harus Anda beli di pasar ikan.

5. Berburu foto

Berburu foto adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Pantai Tanjung Karang memang merupakan pantai yang begitu unik karena tampilan cantiknya yang agak tidak biasa.

Apalagi saat senja, pantai ini memperlihatkan keanggunannya yang sebenarnya. Jika Anda berkunjung ke pantai ini, pastikan Anda sudah menyiapkan kamera terlebih dahulu.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas wisata di pantai Tanjung KarangKredit foto: Google Maps Dilyanti Maya Putri

Tanjung Karang merupakan pantai yang cukup terawat. Suasana di pantai ini begitu nyaman dan bersih. Itu sebabnya wisatawan merasa nyaman di sana. Tidak hanya itu tempat ini memiliki fasilitas yang lumayan dari segi fasilitas.

Selain itu ada wahana permainan anak, di pinggir pantai juga ada gazebo untuk yang ingin bersantai. Sebuah mushola juga telah disediakan bagi Anda yang ingin berdoa. Anda tidak perlu khawatir tentang ruang ganti atau toilet, karena ada juga.

Bagi yang ingin menginap, ada banyak hotel yang bisa dipilih. Pasalnya, pantai ini memang berada di dekat pusat Kota Mataram. Akomodasi juga sangat bervariasi, dari yang murah hingga yang paling mahal.

Itu tadi review lengkap Pantai Tanjung Karang Lombok. Jika Anda kebetulan mengunjungi Mataram, Lombok maka luangkan waktu untuk mengunjungi pantai. Anda dijamin tidak akan rugi jika menghabiskan waktu di tempat ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button