Tempat Wisata

Tiket Murah Pemandian Air Panas Bayanan Berbagai Objek Wisata Desember 2022

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Bayanan: Rp 5.000 – Rp 6.000. Jam buka: 07.00 – 17.00. Nomor telepon : -. Alamat: Gamping, Jambeyan, Sambirejo, Sragen, Jawa Tengah, Indonesia, 57293.

Pemandian Air Panas Bayanan ada sejak tahun 1979. Kemudian, pada tahun 1995, kawasan wisata ini direnovasi total. Dengan menambahkan taman bermain air dll keluar. Tahun 2020 direnovasi lagi disini untuk menambah daya tariknya.

Pemandian ini memiliki julukan Hyang Tirto Nirmolo yang berarti air suci yang memiliki kekuatan spiritual. Hal ini dikarenakan kolam ini memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi. Banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan berendam di pemandian ini. Konon kolam belerang ini ada dari Gunung Lawu hingga gunung api purba.

Biaya masuk ke Pemandian Air Panas Bayanan

Tiket masuk kawasan wisata ini cukup terjangkau. Tiket sudah termasuk biaya untuk mengunjungi pemandian air panas dan arena lainnya. Untuk parkir, pengunjung harus membayar biaya tambahan selain tiket masuk.

Biaya masuk dan fasilitas
Tiket hari biasa Rp5.000
Tiket Masuk Liburan Rp6.000

Baca: Tiket Masuk NDAYU PARK dan Aneka Wahananya

Jam buka Pemandian Air Panas Bayanan

Pengunjung bisa datang ke sini setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Jika ingin suasana yang lebih sejuk dan rindang, sebaiknya datanglah pada pagi atau sore hari.

jam operasi
Setiap hari 07.00 – 17.00

Sejarah Singkat Pemandian Air Panas Bayanan

Sumber Air Panas Belerang Bayanan diketahui terjadi secara alami dan telah ada sejak zaman Belanda. Daerah di sekitar tempat permandian dulunya adalah perkampungan biasa. Beberapa kerajaan seperti Kerajaan Solo dan Kerajaan Yogyakarta sering datang untuk mengambil air. Melihat hal tersebut, penduduk setempat akhirnya mengetahui manfaat air tersebut dan kemudian mencoba mandi di dalamnya.

Ada mitos seputar pemandian air panas ini. Seorang warga diketahui pernah bermimpi bertemu dengan sosok gaib. Sosok itu memintanya untuk menutup sumber air itu dengan Kiai Bayan Gong. Karena jumlah pengunjung yang terus meningkat, maka pengelolaan kawasan pemandian dilakukan oleh pemerintah desa hingga kecamatan. Selain itu, sekitar tahun 1979 pemerintahan masih berada di tangan dewan kota Sragen.

Mandi di pemandian air panas Bayanan

Pengunjung berenang di kolam pemandian BayananMeski tidak berisi air panas, kolam renang di sini juga sangat digemari pengunjung karena lokasinya yang sejuk dan asri. Foto: Google Maps/Ady Moer

Daya tarik utama kawasan wisata ini adalah pemandian air panas. Bentuk tempat pemandiannya didesain berupa kabin-kabin yang bisa diisi maksimal satu orang. Ada 7 kios dan setiap kios tersedia bak mandi dan gayung. Pengunjung mendapatkan waktu berendam maksimal 30 menit dengan suhu air berkisar antara 32o hingga 35o Celcius.

Air panas di sini mengandung belerang yang cukup tinggi dan bisa bermanfaat untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan. Masalah seperti penyakit kulit, rematik, kolesterol tinggi menyegarkan tubuh, meningkatkan vitalitas tubuh, membuat awet muda.

Ada juga kolam renang di sini, tapi hanya berisi air jernih. Kolam ini dikelilingi oleh hutan pepohonan yang menjulang tinggi. Panggilan burung juga terkadang terdengar dari sini. Suasana asri dan sejuk dapat menenangkan pikiran saat berenang di kolam renang. Berenang di sini juga bagus untuk relaksasi dan menghilangkan penat.

Baca: SRAGEN SQUARE Wisata Murah Aneka Kegiatan

tempat bermain

Pemandangan taman dan jalan setapak di BayananPengunjung dapat berjalan-jalan di taman dan jalur warna-warni sambil menikmati suasana di sekitar Pemandian Air Panas Bayanan. Foto: Google Maps/Achmad Fauzi

Kawasan wisata ini tidak hanya menawarkan pemandian air panas, tetapi juga tempat rekreasi yang luas. Terdapat taman yang luas dan nyaman serta jalur untuk berolahraga atau berjalan kaki. Anda bisa merasakan suasana sejuk karena banyak pepohonan

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak terdapat taman bermain anak dengan banyak wahana. Ada juga tempat untuk berkemah untuk menikmati suasana di sini. Lokasinya berada di dalam hutan karet yang berada di kawasan hutan karet tidak jauh dari objek wisata.

bidang foto

Pengunjung mengambil foto di gerbang Pemandian Air Panas Bayanan yang ikonikSalah satu area foto yang menarik di sini adalah landmark pemandian air panas Bayanan yang terletak di dekat taman atau di pintu gerbang. Foto: Google Maps/Fajar Purwanto

Tujuan renovasi tempat wisata ini pada tahun 2020 adalah untuk menambah fasilitas foto. Hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan dengan tren di era digital. Salah satu area foto adalah terowongan berbentuk hati yang terletak di jalan setapak dekat taman bermain anak.

Taman juga bisa menjadi spot foto yang menarik karena batu bulatitu dicat dengan warna-warni. Atraksi Yang ada di sekitar taman atau gerbang juga cocok sebagai lokasi pemotretan. Untuk mendapatkan foto yang menakjubkan, Anda bisa memotret di pagi atau sore hari.

Ada juga wahana permainan anak-anak seperti ayunan atau seluncuran batu yang juga bagus sebagai background foto. Kemudian area sekitar patung berbentuk binatang di taman. Untuk anak-anak, bisa berfoto sambil memanjat patung binatang. Spot foto lainnya ada di dekat gong, paviliun, jembatan mini dan di antara pepohonan di hutan karet. Pemandangan alam di sini bisa menghasilkan foto yang menawan.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Bayanan

Beberapa fasilitas tersedia di sini untuk menunjang aktivitas liburan pengunjung. Fasilitas tersebut adalah thermal pool, panggung hiburan, pendopo, bangku-bangku yang tersebar di beberapa tempat, dan taman bermain anak. Selain itu, tersedia juga toilet umum, kamar mandi, ruang ganti, mushola, dan tempat parkir.

Lokasi Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian Air Panas Bayanan terletak di Dusun Bayanan, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Secara geografis, tempat wisata ini berada di lereng Gunung Prau. Selain itu, lokasi ini juga berbatasan langsung dengan Jawa Timur dan Kabupaten Karanganyar. Pengunjung harus menempuh jarak sejauh 17 km jika berangkat dari pusat Kota Sragen.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button