Berita Wisata

Penumpang KA meroket saat liburan Nataru, Menhub minta PT KAI cek dengan metal detector

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI melakukan screening menggunakan pendeteksi logam kepada penumpang di stasiun. Memang, kementerian memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sekitar 27% selama periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru.

“Saya ingin Keamanan menggunakan metal detector, baik secara menyeluruh maupun acak, karena kami tidak ingin kegiatan mulia ini dinodai oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Budi Karya Sumadi kepada Stasiun Gambir, Kamis, 22 Desember 2022.

Baca: Syarat Perjalanan KA Terakhir: Anak Di Bawah 12 Tahun Tak Perlu Vaksinasi

Budi Karya juga meminta KAI mengoptimalkan produktivitas angkutan yang ada untuk mengatasi lonjakan penumpang pada periode Nataru.

Salah satunya dengan menambah jam operasional kereta api. Misalnya kereta api yang berjalan selama 12 jam pada hari biasa akan berubah menjadi 15 jam selama perjalanan Nataru.

“Kami dengan hati-hati menerapkan langkah-langkah pencegahan demi kelancaran dan kenyamanan saudara-saudara kita yang akan melaksanakan Nataru,” kata Budi Karya.

Lebih lanjut, Budi Karya mengingatkan KAI untuk tetap memberikan pelayanan sepenuh hati meski kereta api menjadi moda transportasi pilihan yang kerap mendapat pujian tinggi dari masyarakat. Ia meminta KAI tidak terkecoh dan terus melakukan perbaikan terhadap resensi yang disampaikan masyarakat.

Sebelumnya, Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa mengatakan, pihaknya menyediakan 5,5 juta tempat duduk untuk perjalanan kereta api selama liburan Nataru. Dari angka tersebut, KAI menargetkan bisa menjual tiket minimal 4,4 juta kursi.

“Nataru adalah pesta bagi kami karena ada peluang mendapatkan penghasilan yang lebih baik setelah terpuruk selama pandemi Covid-19,” kata Hadis, Senin, 12 Desember 2022.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang yang tinggi pada masa liburan, jumlah kereta api ditambah 23% dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian, untuk KA komuter akan dinaikkan sekitar 8%. Namun untuk kereta api dari bandara, pihaknya tidak melakukan penambahan.

“Dengan demikian, Total Railway Group akan menjalankan rata-rata 1.653 KA per hari atau total 29.759 KA per hari selama libur Nataru,” kata Hadis. Jumlah tersebut meningkat 5,6% dari rata-rata harian pada tahun 2021 sebanyak 1.565 kereta per hari.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, MTI Ingat Risiko Kecelakaan Transportasi Meningkat

Ikuti berita Tempo terbaru di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button