Tempat Wisata

FIELD BANTENG Tiket Gratis Banyak Kegiatan Desember 2022

Tiket Masuk Bull Field Park: Gratis. Jam buka: 07.00 – 17.00. Nomor telepon : -. Alamat: Ps. Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10710.

lapangan banteng merupakan salah satu taman kota terbesar di DKI Jakarta. Setelah direvitalisasi pada 2017 hingga 2018, ruang terbuka ini kini diberi tampilan baru dengan konsep taman internasional. Selain fasilitas, daya tarik utama taman ini adalah atraksi air mancur yang dilakukan pada malam hari.

Sedikit melihat sejarah dari nama lama taman ini Waterlooplein atau berarti bidang singa. Lapangan ini dibangun pemerintah Belanda pada masa kepemimpinan Daendels untuk menghina Perancis karena terusir dari Indonesia. Patung di Lapangan Banteng juga mengalami beberapa kali perubahan. Hingga akhirnya pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno, patung tersebut kembali diubah dan bertahan hingga saat ini.

Harga tiket masuk dan wahana di Lapangan Banteng

Lapangan Banteng merupakan bagian dari taman kota yang dikelola Pemprov DKI Jakarta. Oleh karena itu pengunjung tidak perlu membayar biaya masuk atau biaya untuk menggunakan wahana. Namun meski aksesnya gratis, pengunjung harus ikut menjaga kebersihan dan mematuhi peraturan di sini. Jika Anda membawa anak-anak, orang tua juga harus selalu mengawasi mereka saat bermain.

Biaya masuk
tiket masuk Gratis

Baca Juga: 9 Taman Terbaik di Kota Jakarta

Jam operasional lapangan Banteng

Pengunjung yang ingin bersantai di Lapangan Banteng bisa datang mulai pukul 07:00 WIB hingga 17:00 WIB. Jangan lewatkan pertunjukan air mancur yang berlangsung pada malam hari.

jam operasi
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Beragam aktivitas menarik di Lapangan Banteng

Lapangan Banteng yang berlokasi di JakartaLapangan Banteng merupakan taman kota yang berfungsi sebagai wisata sejarah sekaligus tempat berolahraga. Foto Instagram Field_banteng

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat mengunjungi taman kota ini. Salah satunya berolahraga, bermain atau jalan-jalan di area monumen. Selain itu, pengunjung yang membawa anak-anak dapat menggunakan taman bermain anak yang terletak tidak jauh dari tugu. Maka tidak lengkap rasanya jika tidak berfoto disini untuk mengabadikan momen santai. Terakhir, pengunjung bisa menikmati sunset sambil menunggu pertunjukan air mancur dimulai.

kereta api dan perjalanan

Lapangan Banteng bisa menjadi pilihan yang tepat untuk lapangan olahraga. Lapangan yang luas dan jalur yang datar membuat pengunjung merasa aman dan nyaman saat berlari atau melakukan senam. Bagi yang ingin berolahraga bisa datang pada pagi hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB untuk mendapatkan sinar matahari terbaik.

Selain latihan, pengunjung juga bisa berjalan-jalan santai di halaman taman. Nikmati sejuknya udara di pagi hari dengan jalan-jalan di taman yang penuh pepohonan. Kemudian pengunjung juga bisa bermain dan bersantai di sore hari sambil menikmati keindahan sunset.

Bermain di arena bermain anak

Taman bermain anak-anak di tengah pepohonan yang rimbunTaman bermain anak ini memiliki suasana yang sejuk dan asri karena dikelilingi oleh rerimbunan pepohonan. Foto: Instagram field_banteng

Di taman kota ini juga terdapat taman bermain untuk anak-anak. Ada beberapa wahana permainan diantaranya ayunan, perosotan dan jungkat-jungkit. Bagi para orang tua yang membawa anaknya ke sini, wajib mengunjungi tempat bermain anak.

Suasana di area bermain anak juga sangat bagus. Ini karena berbagai jenis pohon rindang tumbuh di sekitarnya. Di kawasan ini pengunjung juga bisa piknik sambil menggelar tikar sambil melihat anak-anak bermain.

Berfoto di Lapangan Banteng

Berfoto di Area Taman Bunga Lapangan BantengAda banyak area menarik untuk fotografi di sini, salah satunya taman bunga. Foto: Instagram field_banteng

Tidak lengkap rasanya jika tidak berfoto di Lapangan Banteng. Pasalnya, di sini banyak area foto yang menarik. Seperti di area tugu, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang tugu dan kolam yang indah. Selain itu, pengunjung juga bisa leluasa memotret langit cerah dari kawasan ini.

Ada juga area foto di area taman bunga atau di jalan berpagar pohon di kanan dan kiri jalan. Dengan latar belakang taman bunga, pengunjung bisa mengambil foto yang indah dan bahagia. Kemudian, jika berfoto di area trotoar, pengunjung bisa mendapatkan foto dengan hasil estetik dan juga menyejukkan mata.

Ikuti jejak sang pahlawan di dinding nyanyian

Ambil gambar di dinding kutipan lapangan bantengKutipan dinding dari pahlawan nasional bertujuan untuk membangkitkan semangat kebangsaan para pengunjung yang melihatnya. Foto: Instagram field_banteng

Salah satu tempat yang juga menjadi simbol Lapangan Banteng adalah tembok dengan kutipan-kutipan yang mengobarkan semangat kebangsaan. Kutipan ini berasal dari kata-kata beberapa tokoh Indonesia dan diabadikan di dinding marmer.

Selain jalan-jalan, pengunjung juga bisa berfoto di area ini. Pembuatan wall quote ini dimaksudkan untuk membangkitkan ingatan akan jasa para pahlawan Indonesia. Dengan tujuan agar pengunjung dapat menyerap semangat kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

Pertunjukan Air Mancur Bull Square

Air Mancur Lapangan BantengAir mancur dihiasi dengan lampu warna-warni yang menari. Foto: Google Maps/ Ivana Teng

Pertunjukan air mancur merupakan acara yang paling ditunggu oleh para pengunjung. Dalam pertunjukan ini pengunjung dapat melihat atraksi air mancur menari. Saat air mancur menari, lagu-lagu nasional mengiringi pertunjukan. Kemudian acara juga menyalakan lampu sorot warna-warni dengan tema lagu kebangsaan.

Pertunjukan air mancur menari ini hanya berlangsung pada hari Sabtu atau Minggu. Waktu pertunjukan dibagi menjadi 3 bagian yaitu pada pukul 18.30 WIB, 19.30 WIB dan 20.15 WIB.

Fasilitas Lapangan Banteng

Lapangan Banteng memiliki beberapa fasilitas umum. Fasilitas tersebut adalah toilet umum, mushola, taman bermain anak, lapangan olah raga, tempat cuci tangan dan tempat parkir sepeda motor.

Untuk area parkir, pengelola belum merencanakan satu di dalam taman saat ini. Pengunjung yang membawa mobil dapat memarkir kendaraannya di luar lapangan.

Lokasi dan rute menuju lapangan Banteng

Lapangan Banteng terletak di kawasan Gambir, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Untuk menuju taman ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa naik KRL atau Transjakarta.

Untuk moda transportasi KRL, pengunjung dapat turun di Stasiun Juanda dan berjalan kaki melewati Gereja Katedral. Kemudian bagi pengunjung Transjakarta dapat menggunakan Koridor 6H dan turun tepat di depan Lapangan Banteng. Selain koridor tersebut, pengunjung juga bisa turun di Kementerian Luar Negeri atau Juanda dengan naik Transjakarta koridor 2, 2A, 2D, 3, 5C, 5H atau 7F.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button