Berita Wisata

Waspada Bencana Alam Saat Liburan Nataru di Bandung!

Kabupaten Bandung

Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Bandung diperkirakan akan banyak dikunjungi wisatawan saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pemerintah setempat meminta wisatawan mewaspadai ancaman bencana alam.

Kewaspadaan harus dilipatgandakan mengingat cuaca buruk akhir-akhir ini. Selain itu, beberapa tempat wisata di Kabupaten Bandung termasuk dalam kawasan rawan bencana.

“Ini bisa (harus) menjadi perhatian, kewaspadaan, termasuk edukasi agar wisatawan tidak mengunjungi daerah yang dianggap rawan bencana,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung, Wawan A Ridwan, saat pertemuannya usai peluncuran Calendar of Event 2023 di Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (22/12/2022).

Perlu diketahui bahwa ada beberapa objek wisata di Kabupaten Bandung yang masuk dalam kategori “zona merah” atau rawan bencana. Menurut Wawan, objek wisata yang rawan bencana mayoritas berada di kawasan selatan.

“Terutama di kawasan Bandung Selatan seperti glamping di bantaran sungai, glamping dengan warung-warung, termasuk akses ke kawasan wisata rawan longsor, ini yang menjadi perhatian kami,” ujarnya.

“Sudah ada peringatan dan informasi dari BPBD, daerah rawan bencana di tempat wisata,” imbuhnya.

Pihaknya bersiap mengantisipasi bencana selama liburan Nataru. Salah satunya berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.

“Persiapan pemda tentu melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Kami juga masih menggelar rapat yang masih dihadiri jajaran Polda, Polres, dan Polres Bandung. Bagaimana kegiatan Nataru bisa berjalan dengan tertib? dan aman,” ujarnya. .

Rangkaian acara di Kabupaten Bandung tahun 2023

Menyambut tahun 2023, Disbudpar Kabupaten Bandung juga telah menyiapkan berbagai event berskala nasional maupun internasional.

“Ada 3 event internasional, Piala Dunia U-20, City Summit, Pornas, Kabupaten Bandung menjadi tuan rumah,” kata Wawan.

Sementara itu, untuk kegiatan berskala nasional, terdapat beberapa kegiatan yang mengusung tema sport to culture. Ia berharap kegiatan tersebut dapat menarik jumlah wisatawan dan mengembangkan perekonomian Kabupaten Bandung.

“Ada event yang dikerjasamakan dengan beberapa kerjasama, ada Halo Bandung Netherland di Puntang, Pesta Rakyat dan Karnaval Kemerdekaan yang biasanya diadakan pada tanggal 17 Agustus. Lalu Dinojakrama Padalangan karena kemarin juara 1 se-Jawa Barat kita jadi tuan rumah, lalu Festival Bedas Kreatif, kompetisi menuruni bukit bekerjasama dengan mitra kami, lalu kegiatan festival barongsai di kawah putih, lalu ada Bedasrun, semacam marathon,” tutupnya.

Lihat video “Liburan Nataru, GT Pasteur Alami Puncak Kendaraan”
[Gambas:Video 20detik]
(perwakilan/perwakilan)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button