Berita Wisata

Termasuk Pacet-Cangar, 3 jalur terjal dari Mojokerto saat liburan Nataru

mojokerto

Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 sudah di depan mata. Berbagai persiapan telah dilakukan pihak kepolisian tidak hanya untuk menghindari kemacetan namun juga kecelakaan yang terjadi di jalur wisata di kawasan Mojokerto.

Jalan arteri dan jalan provinsi Kabupaten Mojokerto menjadi jalur mudik bagi warga Nataru untuk berlibur di kampung halaman. Ditambah rute menuju destinasi wisata Bumi Majapahit.

Kapolres Mojokerto AKP Bayu Agustyan menjelaskan, Natal dan Tahun Baru 2023 kali ini jatuh pada akhir pekan kali ini. Tidak hanya berpotensi menimbulkan kemacetan lalu lintas, lalu lalang kendaraan para pemudik dan wisatawan juga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Ada sejumlah titik di Mojokerto yang dianggap rawan kecelakaan. Salah satunya adalah jalur wisata Pacet-Cangar Kota Batu. Kemudian jalan arteri Mojokerto dari Trowulan ke Kenanten, kecamatan Puri. Yang terakhir adalah jalan Provinsi Mojokerto-Pasuruan sepanjang Kabupaten Bangsal.

Inilah 3 jalur Mojokerto yang rawan kecelakaan selama liburan Nataru

1. Jalan Arteri Trowulan-Kenanten, Mojokerto

Salah satu jalur rawan kecelakaan Mojokerto adalah di sepanjang jalan raya Mojokerto dari Trowulan ke Kenanten di distrik Puri. Catatan kriminal, banyak sekali kendaraan besar yang melintas di jalan nasional ini. Rata-rata terjadi 2 kecelakaan di jalan ini setiap bulannya.

“Biasanya kalau (kendaraan besar) berhenti tanpa memasang segitiga peringatan. Jadi ditabrak dari belakang. Faktor tengahnya adalah human error, misalnya kurang hati, kecepatan, mabuk”, ujar Bayu.

2. Jalan Provinsi Mojokerto-Pasuruan di Kabupaten Bangsal

Jalan provinsi Mojokerto-Pasuruan juga rawan kecelakaan. Terutama di sepanjang Kabupaten Bangsal. Menurut data Satuan Lalu Lintas Polres Mojokerto, tercatat rata-rata terjadi 2 kecelakaan per bulan di jalur ini. Faktornya karena human error, seperti ugal-ugalan atau berkendara dengan kecepatan tinggi tanpa menggunakan helm.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan tertib dalam berlalu lintas. Orang tua juga harus lebih memperhatikan anak-anaknya agar pada waktu libur ini banyak anak yang tersesat, apalagi terlibat preman, mabuk-mabukan, berujung kecelakaan,” dia berkata.

3. Jalan Maut Pacet-Cangar

Jalan provinsi ini selalu ramai dengan kendaraan, terutama wisatawan di akhir pekan dan hari libur nasional seperti Nataru. Wisatawan biasanya berduyun-duyun ke sejumlah tempat wisata alam di Cangar.

Sementara itu, jalur ini sangat rawan kecelakaan. Banyak kendaraan yang mengalami rem blong pada tanjakan terjal dari Cangar menuju Pacet. Pasalnya, turunan ini tidak hanya terjal tapi juga panjang. Penggunaan rem yang terus-menerus sering menyebabkan kegagalan fungsi sistem rem. Terutama kendaraan dengan transmisi otomatis.

Khusus untuk ruas jalan Pacet-Cangar yang menurut warga setempat terjadi hingga 21 kecelakaan dalam satu hari, pihak kepolisian memberikan himbauan dan penangguhan.

Pengendara disarankan untuk berhenti di rest area umum untuk meminta atau memeriksa rem. “Kami mengimbau masyarakat untuk tidak berkendara secara rombongan 3 orang atau lebih di jalur ini. Karena beban berat, terutama kendaraan matic, bisa memicu rem blong,” kata Bayu.

Sejumlah rambu peringatan keselamatan dan rambu lalu lintas juga telah dipasang di sepanjang jalan Pacet-Cangar. Bayu memperingatkan wisatawan untuk patuh.

Ia pun mengimbau khusus pengendara yang ingin menuruni tanjakan terjal dari Cangar hingga Pacet agar menggunakan gigi 1.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalur tersebut, Kasatlantas AKP Bayu akan melakukan persiapan pos pemeriksaan dan bengkel gratis.

nanti pos pemeriksaan itu akan berlokasi di tempat peristirahatan sendi. Keselamatan di jalur ini juga melibatkan relawan.

“Ketika relawan memberhentikan kendaraan dari atas (Cangar di Pacet), disana mereka mengecek di bengkel gratis untuk mengecek kondisi rem pengguna jalan. Karena khususnya kendaraan matic, penggunaan rem yang berat bisa mengakibatkan kecelakaan. ,” dia berkata.

Tonton Video “Rekor! Ini Prediksi Peak Flow Nataru Homecoming”
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button