Tempat Wisata

4 tempat petik apel di Kota Batu

Malang dikenal sebagai kota apel yang memiliki tanaman apel dengan kualitas terbaik. Namun kenyataannya, wisata memetik apel bukan di Kota Malang tapi di Kota Batu. Kota Batu berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Malang. Dimana Kota Batu memiliki suhu yang sejuk, sangat cocok sebagai tempat tumbuhnya tanaman apel.

Lima varietas apel yang akan ditanam yakni Manalagi, Granny Smith, Anna, Wanglin dan Rome Beauty. Setiap spesies memiliki rasa dan tekstur daging buah yang berbeda. Di sini pengunjung diperbolehkan makan apel sebanyak yang mereka mau di kebun. Selain itu, Kota Batu sendiri memiliki banyak tempat petik apel yang terkenal.

Harga tiket masuk petik apel di Kota Batu

Secara umum, setiap wisata petik apel memiliki tarif masuk yang berbeda. Padahal wilayahnya tidak jauh berbeda. Perbedaannya terletak pada fasilitas yang didapat pengunjung saat berada di kebun apel.

Biaya masuk
tiket masuk Rp 25.000

Baca: JATIM PARK Tiket Masuk 1 Batu & 10 Wahana Seru

jam operasi

Untuk bisa berkunjung ke kebun apel ini bisa dilakukan dari pagi hingga sore hari. Waktu yang tepat tentunya pagi atau sore hari agar tidak terik matahari. Namun, jika Anda tiba di lokasi pada siang hari, hal tersebut tidak menjadi masalah. Kota Batu yang sejuk dan penuh dengan pohon apel bisa menyejukkan suasana sambil menikmati apel segar.

jam operasi
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Tur Memetik Apel Kota Batu

Panen apel ini menjadi tujuan wisata unggulan. Bahkan, biro perjalanan sudah menawarkan paket wisata termasuk wisata petik apel. Berikut beberapa tempat yang menawarkan aktivitas wisata petik apel di Kota Batu. Ini biasanya tujuan wisatawan untuk memetik apel.

Baca: 20+ Tempat Wisata Seru di Kota Batu

Wisata petik apel oleh Kelompok Tani Makmur Abadi

Agrowisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur AbadiAgrowisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi. Foto: Gmaps/Akmal Muhammad

Baca: Tiket Masuk TAMAN SKY Malang & Spot Foto

Petik Apel Agrowisata Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA) menawarkan berbagai varietas apel. Jadi pengunjung bisa datang kapan saja tanpa harus menunggu musim. Di sini pengunjung dapat menikmati apel tepat di kebun dan mendapatkan air minum saat masuk. Pengunjung juga bisa menikmati buah apel sambil duduk di gazebo yang tersedia.

Masuk ke KTMA adalah Rp 25.000. Jika ingin membawa pulang hasil panen, pengunjung dikenakan biaya Rp 20.000 per kilogram. KTMA ini terletak di Jalan Pangeran Diponegoro No. 24, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. Pengunjung dapat mengunjungi KTMA mulai pukul 07.00 hingga 18.00 setiap hari.

Selain biaya masuk, pengunjung dikenakan biaya parkir. Ada tarif Rp 4.000 untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor. Mobil akan dikenakan biaya Rp 8.000.

Wisata Petik Apel Agro Rakyat

Areal kebun agro rakyatWisata Petik Apel Agro Rakyat. Foto: Gmap/Doriani Lingga

Di sini pengunjung dapat menikmati apel yang sangat melengkung. Hanya empat dari lima varietas apel yang tersedia, dalam hal ini tidak ada Granny Smith.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Eco Green Park Malang

Pengunjung hanya diperbolehkan memetik apel di area yang telah ditentukan pengelola. Di mana pengunjung diperlihatkan apel matang, bukan apel mentah.

Memetik apel di Agro Rakyat cukup mudah. Karena memiliki cabang yang rendah agar pengunjung dapat memilih dengan nyaman. Ingatlah bahwa Anda harus memetik dengan baik agar tidak merusak bunga apel. Lebih baik memetik apel dengan gunting taman.

Pengunjung akan dikenakan biaya Rp 25.000 per orang untuk biaya masuk. Jika ingin membawa apel pulang dikenakan biaya Rp 12.000 per kilogram. Lokasinya berada di Jalan Raya Sidomulyo, Sidomulyo, Kecamatan Batu. Pengunjung dapat berkunjung mulai pukul 07.00 hingga 18.00.

Agrowisata Kusuma

wisata petik apel kusuma agrowisataSalah satu tempat wisata yang juga menawarkan aktivitas petik apel di Malang. Foto: Google Maps/Ratno Partavi

Agrowisata Kusuma bisa disebut sebagai kawasan termahal. Karena tiket masuk wisata ini harganya Rp 85.000. Meski demikian, pengunjung tidak hanya disuguhkan wisata petik apel, tetapi juga buah-buahan lainnya. Diantaranya adalah stroberi dan jambu biji yang juga bisa dipetik pengunjung.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Kusuma Waterpark Kota Batu

Kualitas buah di sini sangat bagus, pengunjung juga ditemani pemandu berkeliling kebun. Tiket masuk berbayar sudah termasuk Pancake dengan es krim stroberi dan yoghurt. Selain wisata petik buah, ada juga Taman air dan arena keluar. Selain itu, Kusuma Agrowisata juga menawarkan penginapan bagi wisatawan.

Di Agrowisata Kusuma, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Kota Batu yang berada di ketinggian 1.000 mdpl. Untuk menikmati wisata ini, wisatawan bisa mampir mulai pukul 08.00 hingga 18.00. Lokasinya berada di Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu.

Tur Petik Apel Independen

Tur Memetik Apel Kota BatuWisatawan memetik apel langsung dari pohonnya. Foto: Google Maps/Pelangi Assifanie

Wisata Petik Apel Mandiri merupakan wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Di sini, pengunjung bisa memetik apel sebanyak-banyaknya dan makan sepuasnya di kebun. Jenis yang paling populer di sini adalah merah dan hijau. Rasanya manis asam dan sangat segar.

Baca: Tiket Masuk STONE NIGHT SPECTACULER (BNS) & 10 Wahana Keren

Pengunjung dapat memilih sebanyak yang mereka bisa dan makan sebanyak yang mereka bisa di kebun. Tiket masuknya cukup terjangkau, hanya Rp 20.000. Pengunjung bebas memilih apakah ingin apel hijau manis atau apel merah asam.

Jika ingin membawa apel pulang sebagai oleh-oleh juga bisa. Pengunjung dikenakan biaya Rp 20.000 hingga Rp 40.000 untuk statement yang dibawa pulang. Kawasan wisata ini buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Hotel ini terletak di Jalan Raya Junggo No. 33, Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button