Berita Wisata

7 inspirasi liburan bersama ibu di akhir tahun

TEMPO.CO, Jakarta – Kapan terakhir kali kamu jalan-jalan berdua dengan ibu? Mungkin saat yang tepat untuk menyendiri dengan ibu, bertepatan dengan datangnya musim liburan.

Bukan sekedar traveling, mengutip pernyataan dari Pegipegi, sebuah studi dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa traveling sendirian dengan ibu bisa membuat hidup lebih lama. Memang dapat membantu mempererat bonding atau hubungan antara ibu dan anak, yang secara tidak langsung meningkatkan kualitas kesehatan, seperti mengurangi stress, meningkatkan imunitas dan mood untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Jika Anda ingin jalan-jalan atau berlibur bersama ibu, berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan:

Tinggal

Ini adalah aktivitas praktis namun menyenangkan untuk dilakukan bersama ibu. Selama menginap di hotel, anak-anak dapat mengobrol bebas dengan ibunya sambil menonton TV atau makan camilan.

Sebagai alternatif, coba manjakan diri Anda dengan ibu Anda di layanan spa sore dan bersantap di restoran hotel. Sederhana namun tetap mampu mempererat ikatan.

Gudang

Ibu bisa dibilang anggota keluarga yang paling produktif. Tentu saja, berbelanja bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama ibu. Ajak dia ke destinasi belanja dan cari barang impiannya.

Di Jakarta tempat wisata belanja yang bisa dikunjungi antara lain Pasar Baru, Kota Kasablanka, Grand Indonesia dan Senayan City. Di Bandung ada pasar Cibaduyut, pasar Lembang dan Paris Van Java. Di Yogyakarta ada Pasar Malioboro, Pasar Beringharjo, dan Pasar Seni Gabusan. Sedangkan di Surabaya, Anda bisa mengunjungi Pasar Atom, Pasar Turi, Tunjungan Plaza, dan Ciputra World.

kuliner

Bersantap bersama orang tersayang adalah hal yang bisa dinikmati semua orang. Ajak ibu untuk mencoba sajian kuliner yang mungkin belum pernah dia cicipi atau ingin cicipi.

Jika Anda sedang berlibur di daerah tertentu, pastikan untuk mengajak ibu Anda mencicipi kuliner khas di sana. Misalnya saat berada di Bali, kunjungi Ayam Betutu Gilimanuk, Restoran Taliwang Brothers, Warung Udang Kuta Mang Engking, dan Warung Nasi Ayam Ibu Mangku Kedewatan.

Piknik di taman

Sosok ibu yang umumnya menyukai hal-hal tentang tumbuhan dan suasana hijau akan cocok untuk diajak ke taman atau hutan kota. Di sana, anak-anak dan ibu-ibu bisa sekadar jalan-jalan atau piknik sambil mengobrol dengan privasi lengkap.

Beberapa destinasi yang bisa dipilih antara lain Hutan Kota GBK, Taman Ekologi Tebet dan Hutan Kota Cipete di Jakarta. Di Yogyakarta misalnya Hutan Pinus Mangunan, Taman Nasional Kalibiru dan Pinus Pengger. Di Bogor dan sekitarnya terdapat Kebun Raya Bogor dan Ecopark Art Sentul.

Menikmati sunset di pantai

Siapa yang tidak suka dengan keindahan sunset di pantai? Pesona dan suasana kondusif untuk kesenangan romantis bersama ibu.

Bayangkan berada di pantai di atas tikar dan duduk santai berdua dengan ibu sambil menikmati camilan. Beberapa rekomendasi pantai indah yang bisa anda kunjungi bersama bunda yaitu pantai Pulau Merah, pantai Ora, pantai Tanjung Tinggi, pantai Pasir Putih, Gili Trawangan, pantai Nusa Dua hingga pantai Jimbaran.

Jelajahi sejarah dan budaya

Mengajak para ibu untuk merasakan warisan sejarah dan budaya Indonesia yang sangat beragam adalah salah satu ide liburan yang menarik. Selain itu, sang ibu mungkin dapat menceritakan kisah yang dia ketahui pada saat yang bersamaan.

Ada berbagai museum, situs sejarah dan budaya hingga desa adat yang bisa Anda kunjungi bersama ibu. Misalnya Candi Prambanan dan Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta, Desa Penglipuran dan Istana Tirta Gangga di Bali, Museum Tekstil dan Taman Mini Indonesia yang indah di Jakarta.

Workshop kerajinan tangan dengan produk kecantikan

Ibu-ibu yang biasanya menggemari pernak-pernik dan kerajinan tangan yang cantik mungkin tertarik untuk mengikuti workshop atau kelas kerajinan tangan. Berbagai pelosok Indonesia memiliki banyak galeri kerajinan tangan yang menawarkan workshop bagi pengunjungnya, mulai dari pelajaran membatik, melukis hingga membuat kerajinan tangan dari tanah liat.

Selain belajar dan menyempurnakan keterampilan artistik, menghadiri sesi kerajinan bisa digunakan untuk bersenang-senang bersama ibu. Coba kunjungi Museum Seni Rupa dan Keramik, Galleri Kollekan dan Hoxton & Tate untuk mencoba workshop kerajinan keramik di Jakarta. Di Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi Museum Batik Yogyakarta untuk mencoba pelajaran membatik.

Baca juga : Ini dia obat-obatan yang penting dibawa saat liburan

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Pembaruan Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button